Sukses

4 Minuman Terbaik Atasi Badan Lemas Saat Nonton Asian Games

Yuk, tangkal badan lemas saat menonton Asian Games 2018 dengan mengandalkan empat minuman penuh khasiat ini!

Klikdokter.com, Jakarta Sudah beli tiket untuk nonton langsung Asian Games 2018? Atau ingin menikmatinya lewat menonton siarannya di rumah saja? Apa pun caranya, momen pesta olahraga Asia ini sayang untuk dilewatkan begitu saja, mengingat Indonesia adalah tuan rumah. Namun, hati-hati, menonton Asian Games bisa bikin badan lemas jika tidak ditangani dengan bijak. Tendang jauh-jauh ancaman badan lemas dengan menyiapkan berbagai minuman segar dan sehat.

Minuman segar yang mudah dibuat di bawah ini siap memberikan pasokan energi dan dapat menjadi teman setiap menonton pertandingan favorit dalam ajang Asian Games.

  1. Secangkir teh hijau

Daripada es kopi atau minuman yang tinggi kadar gula seperti minuman bersoda, lebih baik menyeduh teh hijau yang punya efek menenangkan dan jauh lebih sehat. Sudah ada berbagai penelitian yang membuktikan manfaat teh hijau untuk kesehatan. Salah satu keampuhannya adalah sebagai antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas pemicu penuaan dini.

Selain antioksidan, teh hijau juga mengandung kafein dan L-theanine yang dapat mendongkrak energi dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di “Journal of Nutrient” menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi minuman yang mengandung L-theanine memiliki tingkat stres yang lebih rendah ketika dihadapkan pada suatu masalah. Ini karena kecukupan energi yang dimilikinya.

Kerja L-theanine ini juga selaras dengan kafein. Berita baiknya, kandungan kafein pada teh hijau tidak setinggi kopi, sehingga menjadikannya tetap aman untuk dikonsumsi orang-orang yang memiliki kencenderungan hipertensi.

Menikmati secangkir teh hijau hangat maupun segelas es teh hijau dapat menambah kesegaran dan manfaatnya terhadap kesehatan pun bisa Anda rasakan.

  1. Kombinasi minuman jahe dan mint

Dari dulu, jahe adalah salah satu bahan herbal yang khasiatnya sudah diakui secara luas. Secara medis, jahe terbukti mengandung bahan aktif antiinflamasi yang bekerja menekan peradangan dalam tubuh. Mediator-mediator peradangan ini ternyata banyak diproduksi tidak hanya saat tubuh sedang sakit, tapi juga saat sedang lemas akibat kelelahan.

Jadi jika badan sudah terasa lemas saat menonton pertandingan Asian Games, segera racik minuman jahe dan mint. Didihkan air dan tambahkan beberapa potongan jahe yang sudah dimemarkan. Nikmati minuman sehat ini dalam keadaan hangat atau ditambah dengan es batu. Agar rasanya lebih nikmat, tambahkan 1-2 helai daun mint dan dapatkan kembali kesegaran tubuh segera setelah meminumnya.

  1. Air kelapa hijau

Air kelapa memang dipercaya mampu menjadi penangkal berbagai virus dan membuat proses penyembuhan lebih cepat ketika tubuh dalam kondisi sakit. Kepercayaan ini bukan hanya mitos.

Faktanya, kandungan berbagai ion dan elektrolit di dalamnya mampu melengkapi kebutuhan harian tubuh dan memberikan energi ekstra. Nikmati segelas air kelapa hijau dengan perasan lemon. Berdasarkan penelitian, perasan lemon dalam air kelapa mampu mengoptimalkan kandungan elektrolit sehingga lebih sempurna ketika diserap oleh tubuh.

  1. Smoothie stoberi, pisang, dan susu

Minum smoothie sambil menonton pertandingan panahan Asian Games di televisi? Mengapa tidak! Campuran smoothie ini bisa membantu Anda terhindar dari badan lemas.

Kadar vitamin C yang tinggi dalam stroberi mampu memberikan perlindungan tersendiri untuk tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Sedangkan kandungan serat, kalium, dan karbohidrat kompleks dalam pisang mampu memberikan tubuh asupan energi yang dilepaskan secara bertahap, sehingga cukup untuk menjaga vitalitas sepanjang hari.

Agar rasanya lebih nikmat dan nutrisinya lebih lengkap, tambahkan susu rendah lemak. Badan lemas pun tak akan menghampiri saat Anda sedang menonton pertandingan Asian Games.

Intinya, pintar-pintarlah berkreasi dengan berbagai bahan alami yang tersedia di dapur dan meraciknya menjadi minuman sehat. Empat minuman sehat dan segar di atas dapat membantu badan terhindar dari rasa lemas saat menonton Asian Games. Sebisa mungkin hindari minuman kemasan atau minuman ringan yang tinggi kandungan gula, yang justru dapat menyebabkan atau memperparah badan lemas yang dirasakan. Selamat menonton Asian Games dan jangan bosan untuk mendukung para atlet Indonesia, ya!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar