Sukses

Flu Perut, Penyakit yang Sempat Menyerang Pink

Beberapa waktu lalu, penyanyi Pink harus membatalkan konsernya di Australia akibat terserang flu perut alias gastric virus. Penyakit apa itu?

Klikdokter.com, Jakarta Penyanyi solo wanita asal Amerika Serikat, Pink, dikabarkan mengalami penyakit gastric virus atau flu perut. Kondisi itu bahkan hingga membuatnya harus membatalkan konser Beautiful Trauma World Tour di Sydney, Australia.

Konser yang seharusnya berlangsung pada 10 Agustus 2018 tersebut harus ditunda setelah Pink dilarikan ke rumah sakit St. Vincent's di Sydney pada 6 Agustus silam. Sebagai pihak promotor, Live Nation, menyebut bahwa wanita yang memiliki nama asli Alecia Beth Moore itu mengalami dehidrasi yang berujung pada flu perut (gastric virus).

Apa itu gastric virus atau flu perut?

Gastric virus atau flu perut juga dikenal dengan sebutan viral gastroenteritis adalah penyakit infeksi usus. Kondisi yang memiliki nama lain flu perut ini ditularkan melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi, atau dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang sudah terkontaminasi.

Meski memiliki nama lain flu perut, penyakit ini benar-benar berbeda dengan influenza. Justru flu perut memiliki kemiripan yang tinggi dengan kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri clostridium difficile, salmonella, atau E. coli, yang gejalanya adalah sebagai berikut:

  • Diare berair. Pada kasus yang lebih parah, diare biasanya disertai dengan keluarnya darah.
  • Kram dan nyeri perut.
  • Mual, muntah, atau keduanya.
  • Sakit otot atau sakit kepala sesekali.
  • Demam ringan.

Gejala-gejala di atas biasanya berlangsung selama 1 atau 2 hari, walau terkadang bisa bertahan hingga 10 hari pada orang yang mengalaminya, baik dewasa, lansia, anak-anak atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Berita buruknya, pengobatan yang efektif untuk mengatasi flu perut ini masih belum ditemukan hingga saat ini. Oleh karena itu, tindakan pencegahan adalah solusi utama dari penyakit ini. Beberapa tindakan pencegahan yang bisa menurunkan risiko gastric virus, di antaranya:

●  Mengonsumsi asupan matang dan bersih

Beberapa virus bisa menyebabkan penyakit flu perut, salah satunya adalah norovirus. Virus ini bisa menyerang anak dan orang dewasa akibat konsumsi makanan yang terkontaminasi.

Jadi, untuk mengurangi risiko flu perut akibat norovirus, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan kebersihan dan kesehatan asupan yang hendak dikonsumsi. Jika makanan atau minuman tersebut tak diproses hingga matang, sebaiknya urungkan niat untuk mengonsumsinya.

● Menjaga kebersihan

Flu perut juga dapat disebabkan oleh rotavirus. Virus jenis ini biasanya menyerang bayi dan anak-anak yang hobi memasukkan jari atau benda lain ke dalam mulut, meski tak menutup kemungkinan untuk terjadi juga pada orang dewasa yang tidak menjaga kebersihan tangan, tubuh, maupun lingkungan sekitarnya.

Melansir Mayo Clinic, penderita flu perut dapat sembuh tanpa komplikasi jika kesehatan dirinya terjaga dengan baik. Namun pada bayi, lansia atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian jika tidak segera diberikan tindakan penanganan.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala atau perubahan tubuh yang mengarah pada penyakit flu perut atau gastric virus, seperti yang dialami Pink, segera berobat ke dokter. Semakin cepat dideteksi dan diatasi, semakin besar pula kemungkinan untuk kembali pulih.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar