Sukses

5 Tips agar Tidak Tertular Penyakit Saat Nonton Asian Games

Siap mendukung atlet kesayangan Anda di Asian Games? Hindari tertular penyakit saat nonton langsung dengan tips ini.

Klikdokter.com, Jakarta Anda sudah siap menonton atlet kesayangan bertarung di Asian Games? Jangan lupa untuk memperkuat daya tahan tubuh agar tak tertular penyakit. Faktanya, penularan penyakit di tempat umum memiliki angka yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan beberapa jenis bakteri dan virus mudah ditransmisikan lewat permukaan benda serta udara pernapasan.

Namun, ketika ingin memberikan dukungan terbaik dengan menonton langsung Asian Games, penggunaan fasilitas umum tentunya tak terhindarkan. Sayangnya, penelitian menyebutkan bahwa banyak bakteri bertebaran di seluruh area publik, bahkan hingga 19 kelas bakteri!

Jenis-jenis bakteri terbanyak adalah Propionibacteria, Corynebacteria, Staphylococcus, dan Streptococcus. Termasuk pula jenis bakteri seperti Escherichia coli yang berkaitan dengan saluran pembuangan manusia.

Ya, bakteri terbanyak justru ada di permukaan toilet umum, yaitu permukaan dalam dan luar pintu toilet umum, wastafel, pegangan keran air, pegangan pintu, dispenser sabun, dudukan toilet, knop untuk flush toilet, dan lantai toilet. Untuk diketahui, bakteri-bakteri tersebut berkaitan dengan gangguan pencernaan (contohnya diare, muntah, dan nyeri perut) maupun gangguan kulit.

1 dari 3 halaman

Tips sehat saat nonton langsung Asian Games

Banyak, bukan, bakteri yang menghuni dan menyebar di ruang publik? Bila terdapat penderita batuk dan pilek ikut menonton Asian Games bersama Anda, maka bertambah pula risiko lainnya.

Apalagi penyakit pilek (common cold) dengan gejala berupa demam, hidung beringus, bersin-bersin ini mudah sekali menular. Ini disebabkan virus terletak di partikel kecil air liur penderita, sehingga dapat menyebar di udara saat penderita bersin (terutama yang tidak menutup bersinnya).

Selain lewat udara, berkontak dengan benda-benda yang tertempel virus ini serta kemudian menyentuh mulut, hidung, dan mata juga dapat menularkan penyakit tersebut.

Lalu apakah sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk menonton Asian Games? Tentu saja tidak! Atlet-atlet terbaik Indonesia mengerahkan kemampuan mereka sebaik-baiknya di perhelatan besar ini. Dukungan dan kehadiran Anda sangat berarti bagi mereka.

2 dari 3 halaman

Tips hindari penyakit saat nonton Asian Games

Tertular penyakit saat berada dalam keramaian memang hal yang umum terjadi. Risiko yang sama mungkin bisa Anda alami saat nonton salah satu pertandingan dalam Asian Games. Tapi, tenang, Anda hanya perlu menjalankan beberapa tips berikut ini untuk menjaga agar tidak tertular penyakit saat menonton Asian Games:

1. Rajin mencuci tangan dengan baik dan benar

Tak perlu khawatir menyentuh permukaan benda yang berkuman saat menonton Asian Games. Dengan rajin mencuci tangan, kuman yang menempel akan hilang dan tidak dapat masuk ke tubuh Anda. Mencuci tangan terbukti dapat mencegah Anda tertular dari penyakit saluran cerna, kulit, serta pernapasan.

Tapi ingat, cuci tangan jangan sekadarnya. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Bersihkan seluruh bagian tangan dengan saksama termasuk lipatan kulit dan sela kuku.

2. Menjaga kuku tangan tetap pendek dan bersih

Kembali pada aspek kebersihan tangan. Tangan adalah sarana perpindahan kuman yang paling mudah. Kuku tangan yang panjang memungkinkan terselipnya berbagai jenis kuman di sela kuku.

3. Memilih makanan dan minuman yang terjaga kebersihannya

Lapar seusai nonton pertandingan? Pilihlah tempat makan yang Anda yakini kebersihannya. Sebab bila proses pengolahan makanannya tidak bersih, Anda dapat terkena penyakti saluran cerna (diare, kembung, muntah, dan nyeri perut).

4. Mandi bersih saat tubuh banyak berkeringat

Keringat yang berlebihan dapat menyebabkan pertumbuhan kuman terjadi lebih cepat. Hal ini disebabkan kuman menyukai suasana yang lembap. Sepulang dari nonton pertandingan di Asian Games, bersihkan tubuh Anda hingga area lipatan yang sering terlupakan.

5. Jaga daya tahan tubuh Anda

Terakhir, sebanyak apa pun kuman di sekitar Anda, risiko Anda tertular penyakit akan menurun bila memiliki daya tahan tubuh yang baik. Cara mencapainya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, cukup cairan, olahraga yang teratur, serta istirahat yang cukup.

Berada dalam keramaian memang membuat seseorang rentan tertular penyakit. Risiko yang sama juga bisa jadi mengintai Anda saat menonton Asian Games. Dengan lima tips di atas, Anda bisa menonton langsung pertandingan Asian Games dengan aman tanpa takut kena kuman penyakit.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar