Sukses

7 Tips Tidur bagi Ibu Hamil Trimester Ketiga

Memasuki fase kehamilan trimester ketiga ibu hamil akan kesulitan untuk tidur karena perut yang makin besar. Ini dia tips tidur yang tepat.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi para ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester ketiga, menikmati tidur nyenyak bisa jadi adalah sebuah kemewahan. Pada usia kehamilan tersebut, ibu hamil menjadi sulit tidur karena ukuran perut yang makin besar. Namun, jangan khawatir karena sulit tidur pada trimester ini bisa diatasi dengan beberapa cara.

Saat hamil, kualitas tidur dapat dipengaruhi oleh posisi tidur. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, menentukan posisi tidur pada ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan trimester bisa menjadi sulit. Penyebabnya beragam, mulai dari ukuran perut, nyeri punggung, sensasi terbakar di dada, dan sesak napas.

Seputar posisi tidur untuk ibu hamil trimester ketiga

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, ibu hamil bisa memosisikan tubuh miring ke kiri. Menurut dr. Dyah, posisi tidur ini bisa mencegah terjadinya pembengkakan akibat penumpukan cairan. Selain itu, tidur miring ke kiri bisa membuat aliran darah dan nutrisi ke janin menjadi lancar.

Pada trimester ini ibu hamil hendaknya menghindari posisi tidur telentang. Dikatakan oleh dr. Grace Valentine Sp.OG, juga dari KlikDokter, tidur telentang bisa membuat rahim menekan pembuluh darah besar yang ada di belakang organ tersebut.

Posisi telentang juga dapat memberikan tekanan pada tulang belakang dan otot punggung, sehingga membuat badan pegal-pegal dan mengganggu suplai darah. Tak hanya itu, tidur dengan posisi telentang juga bisa mengakibatkan Anda mual pada pagi harinya.

Selain telentang, ibu yang sedang hamil tua juga tidak boleh tidur dengan posisi telungkup. Posisi ini diketahui berbahaya bagi ibu hamil karena dapat mengganggu aliran darah ke janin dan bisa membuat ibu hamil pusing.

1 dari 2 halaman

Tips agar kualitas ibu hamil trimester ketiga terjaga

Ibu hamil membutuhkan waktu tidur selama 7-9 jam. Untuk memenuhi waktu tidur ini, ada beberapa tips tips agar kualitas tidur tidak terganggu, yakni:

  1. Gunakan perpaduan bantal besar dan bantal kecil untuk mendapatkan posisi yang nyaman saat tidur. Jika memungkinkan, beli bantal hamil yang sudah banyak tersedia di toko online untuk meningkatkan kenyamanan ibu hamil.
  2. Cobalah untuk tidur miring ke kiri dan letakkan bantal di antara kaki dan di belakang punggung untuk menopang posisi tidur Anda.
  3. Gunakan pakaian tidur yang longgar dan nyaman serta hindari pakaian ketat. Pilih bahan yang nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik seperti katun.
  4. Kalau berbaring di tempat tidur tidak membuat nyaman selama trimester ketiga, Anda bisa coba berbaring di sofa atau kursi yang nyaman.
  5. Konsumsilah makanan ringan saat makan malam. Hindari makanan pedas karena dapat menyebabkan sakit mag, yang biasanya memburuk pada malam hari.
  6. Sekitar 15 menit sebelum tidur, cobalah untuk menjauh dari semua gangguan dan biarkan pikiran Anda relaks. Tetaplah berpikiran positif sehingga Anda akan merasa lebih mudah untuk tertidur.
  7. Cobalah beberapa olahraga ringan khusus untuk ibu hamil, yang tentunya dilakukan di bawah pengawasan instruktur. Aktivitas ini akan membuat ibu hamil merasa relaks dan memberi tubuh pasokan oksigen yang baik dan cukup. Tidur pun akan menjadi lebih nyenyak!

Tidur yang berkualitas tak hanya baik untuk Anda, tapi juga untuk janin yang ada di dalam perut. Dengan melakukan berbagai tips dan atas dan anjuran posisi tidur terbaik bagi ibu hamil trimester ketiga, semoga kualitas tidur dapat terjaga. Jika setelah melakukan tips di atas Anda masih kesulitan untuk tidur, lebih baik segera periksa ke dokter. Tidur yang cukup bisa menjadi modal tambahan jelang persalinan nanti.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar