Perawatan Pria

Perawatan Wajah Bebas Ribet untuk Pria

Bobby Agung Prasetyo, 14 Agu 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Siapa bilang pria tidak butuh perawatan wajah? Inilah tips perawatan yang tidak ribet untuk wajah pria.

Perawatan Wajah Bebas Ribet untuk Pria

Pada dasarnya, kaum pria juga membutuhkan perawatan wajah layaknya wanita. Namun yang membedakan adalah cara perawatannya. Jika untuk menjaga kesehatan kulit para wanita menggunakan berbagai tahapan, merawat kulit wajah pria bisa dibilang lebih praktis.

Hal ini disebabkan oleh karakter kulit pria yang berbeda dari kulit wanita. Seperti yang diungkapkan oleh dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, berikut ini adalah perbedaan kondisi kulit pria dibanding dengan wanita.

● Kulit lebih mudah mengelupas

Kulit pria lebih mudah mengelupas dibandingkan kulit wanita. Itu sebabnya, pria harus lebih sering membersihkan wajah dan dapat menggunakan scrub pembersih wajah lebih sering dibanding wanita.

● Pori-pori lebih besar

Wajah pria memiliki pori-pori yang lebih besar dan memproduksi lebih banyak minyak. Hal ini membuat wajah pria lebih mudah timbul jerawat dibandingkan wanita. Inilah mengapa pria dianjurkan mencuci wajah secara teratur, terutama setelah berkegiatan di luar ruangan.

● Siklus hormonal

Dibandingkan kulit pria, kulit wanita lebih mudah menghitam (hiperpigmentasi) karena wanita memiliki siklus hormonal yang dapat berpengaruh pada warna kulit. Karena itu, penggunaan obat pencerah wajah tidak terlalu diperlukan oleh pria.

● Kadar kolagen

Kulit pria mengandung kadar kolagen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulit wanita. Hal ini menyebabkan kulit pria akan tampak lebih awet muda. Oleh karena itu, produk-produk anti-aging jarang ditujukan untuk pria.

● Terdapat rambut pada wajah

Perawatan wajah pada pria termasuk juga perawatan rambut wajah seperti kumis dan jenggot, serta cara mencukurnya.

Tips merawat wajah untuk pria

Sederet perbedaan di atas secara otomatis mengharuskan pria beradaptasi dengan caranya sendiri dalam melakukan perawatan kulit wajah. Dilansir dari Healthline, begini cara mudah perawatan kulit wajah pria yang disampaikan oleh William Kwan, dokter kulit bersertifikat asal California, Amerika Serikat:

1. Bersihkan wajah di pagi hari

Kebiasaan buruk yang kerap terjadi pada kaum pria adalah malas mencuci muka setiap pagi. Biasakan untuk membersihkan wajah pada pagi sebelum beraktivitas, agar kotoran yang meresap ke dalam pori-pori wajah pada malam sebelumnya dapat terangkat.

Kwan merekomendasikan Anda untuk menggunakan sabun pembersih dengan busa ringan sebelum bercukur untuk membantu mengurangi minyak. Selama Anda tidak memiliki kulit sensitif, tidak masalah untuk berganti-ganti sabun pembersih wajah.

2. Gunakan vitamin C

Kulit dapat ternoda berkat radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan menimbulkan reaksi negatif pada tubuh. Serum antioksidan seperti vitamin C sangat membantu mengurangi kerusakan pada kulit wajah.

3. Memakai pelembap wajah

Gunakan serum antioksidan Anda bersamaan dengan pelembap yang mengandung tabir surya dan setidaknya memiliki SPF 30. Tidak hanya untuk melindungi kulit saat beraktivitas di pantai atau berolahraga di luar ruangan, penggunaan produk tersebut juga sebaiknya digunakan meskipun Anda berkegiatan di dalam ruangan.

Pada malam hari, pilih pelembap ringan tanpa tabir surya. Kendati demikian, Anda tidak harus menggunakannya jika kulit tidak terasa kering. Pelembap sangat mirip dengan air minum, sehingga gunakan saat Anda membutuhkannya saja.

“Intinya, gunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan masalah kulit yang sedang Anda alami saat ini. Menggunakan produk perawatan wajah pria cukup penting untuk perawatan wajah yang optimal,” kata dr. Reza.

Pria yang merawat wajah sah-sah saja. Perawatan wajah justru direkomendasikan untuk para pria agar dapat tetap menjaga kesehatan tubuhnya secara keseluruhan. Terapkan cara-cara merawat wajah di atas dan imbangi dengan pola hidup sehat.

[NP/ RVS]

Masalah KulitkulitwajahPerawatan WajahKesehatanPriaKulit Wajah

Konsultasi Dokter Terkait