Sukses

Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Keluarga

Banyak aspek yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan keluarga. Sudahkah Anda melakukannya?

Klikdokter.com, Jakarta Sehat itu mahal, tapi kalau sakit lebih mahal lagi.” Pernah dengar pernyataan tersebut? Jika sudah, pasti Anda tahu bahwa ungkapan tersebut benar adanya, bahwa kesehatan adalah hal yang mahal dan berharga. Sayangnya, ini sering kali baru disadari saat ada anggota keluarga yang jatuh sakit. Padahal, ada banyak cara mudah menjaga kesehatan keluarga.

Adanya anggota keluarga yang sakit tentunya bisa bikin satu penghuni rumah khawatir. Nah, demi menjaga kesehatan keluarga, lakukan beberapa langkah mudah dan sederhana ini.

  1. Makanan bergizi sebagai sumber energi

Anda adalah apa yang Anda makan. Bila Anda dan keluarga mengonsumsi makanan yang kaya zat gizi, ini merupakan modal awal untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Makanan yang sehat akan membantu Anda dan seluruh keluarga untuk memiliki kecukupan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Pastikan Anda selalu menyediakan makanan dengan komposisi lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein nabati, protein hewani, dan lemak. Sebagai sumber karbohidrat, Anda dan keluarga dapat mengonsumsi nasi, roti gandum, ubi, dan kentang.

Sumber protein nabati bisa didapat dari kacang-kacangan, tahu, dan tempe, sementara protein hewani dapat diperoleh dari konsumsi daging, telur, dan ikan. Sebagai sumber lemak yang sehat, pilihlah minyak zaitun atau minyak kelapa.

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Selain makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak, kebutuhan mikronutrien seperti vitamin dan mineral pun harus terpenuhi. Selalu sediakan satu porsi sayur dalam setiap waktu makan.

Jadikanlah buah sebagai camilan di sela waktu Anda. Selain kaya akan vitamin dan mineral, sayur dan buah juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan serta zat antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh.

  1. Rajin berolahraga

Olahraga adalah salah satu bentuk investasi untuk masa tua nanti. Selain sebagai upaya untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan berat badan ideal, olahraga akan membuat jantung dan paru Anda tetap sehat. Beri semangat seluruh anggota keluarga untuk berolahraga setidaknya 35 kali seminggu dengan durasi 30 menit.

Tak punya banyak waktu? Mulailah dengan rajin berjalan kaki, bersepeda menuju ke stasiun kereta atau sekolah, atau gunakan tangga untuk mencapai ruangan kerja di kantor jika memungkinkan. Hal-hal sederhana tersebut dapat menjadi bagian dari aktivitas fisik Anda.  

  1. Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Banyak kuman penyebab penyakit yang berkeliaran di lingkungan sekitar. Karenanya, menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi penting, yang salah satu cara mudah dan efektif adalah dengan menanamkan pentingnya cuci tangan dengan sabun dan air mengalir kepada anak.

Telapak tangan dapat menjadi tempat kuman berkembang biak yang tak kasatmata. Oleh karena itu, ajari anak untuk mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, saat mandi, setelah menyentuh hewan peliharaan, dan saat tangan terlihat kotor.

Selain cuci tangan, pastikan kebersihan diri dengan mandi dua kali sehari dengan sabun anti kuman untuk membersihkan tubuh secara keseluruhan sekaligus melindungi tubuh dari kuman. 

  1. Jadwalkan pemeriksaan kesehatan rutin

Banyak orang salah kaprah baru mendatangi fasilitas kesehatan hanya ketika sakit. Padahal, pemeriksaan kesehatan secara rutin juga penting. Lakukanlah pemeriksaan kesehatan minimal setahun sekali meskipun Anda tidak sedang sakit.

Tujuan dari pemeriksaan kesehatan adalah untuk memastikan fungsi organ-organ tubuh Anda masih baik, serta mendeteksi penyakit sedini mungkin. Jika memang ada indikasi penyakit tertentu, Anda bisa segera mendapatkan pertolongan dengan cepat dan tepat.

Selain pemeriksaan tubuh, pemeriksaan gigi dan mulut juga tak kalah penting. Para dokter gigi menyarankan sebaiknya periksa kesehatan gigi dan mulut setidaknya enam bulan sekali.

Bangsa yang sehat berawal dari keluarga yang sehat. Maka dari itu, ambil langkah tegas dan nyata untuk demi menjaga kesehatan keluarga. Selain menyediakan makanan yang bergizi dan berolahraga secara rutin, tanamkan kebiasaan sehat seperti cuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan membersihkan diri dengan sabun anti kuman agar terhindar dari ancaman kuman penyakit. Keluarga yang sehat pasti akan menginspirasi keluarga lainnya!

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar