Sukses

8 Trik Sederhana Atasi Sakit Kepala yang Mengganggu

Anda tentu pernah mengalami sakit kepala, dari yang ringan hingga yang mengganggu. Ini cara mudah mengatasi sakit kepala yang mengganggu.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika kepala terasa nyut-nyutan, pastinya hal yang paling ingin Anda lakukan ialah segera menghentikan rasa sakit kepala tersebut. Berbagai jenis obat dijual di pasaran untuk mengatasi sakit kepala. Selain itu juga terdapat beberapa cara alami untuk menanganinya.

Kesibukan yang sangat padat, banyaknya tekanan dari pekerjaan, kemacetan serta dehidrasi merupakan beberapa penyebab sakit kepala yang sering dialami. Jika kondisinya semakin parah, sakit kepala dapat memengaruhi kinerja dan kualitas hidup seseorang.

Ragam sakit kepala

Jenis sakit kepala pun beragam. Ada jenis sakit kepala tension type headache. Penderita biasanya mengalami keluhan disertai tegang pada leher. Ada pula sakit kepala sebelah yang dikenal sebagai migrain.

Selain itu ada pula sakit kepala akibat penyakit sinus yang disertai nyeri tekan pada wajah. Sedangkan sakit kepala jenis lain, di antaranya, sakit kepala akibat infeksi otak, sakit kepala akibat sakit gigi, sakit kepala akibat tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

Sakit kepala yang sangat mengganggu – seperti migrain – dapat mengganggu konsentrasi penderitanya. Saat terkena migrain, seseorang biasanya akan merasakan kondisi yang sangat mengganggu, bahkan untuk bekerja atau sekadar berbincang dengan orang lain pun sering tak sanggup. Kondisi tersebut makin membahayakan ketika terjadi saat Anda sedang mengendarai kendaraan.

1 dari 3 halaman

Cara mengatasi sakit kepala

Mengidentifikasi jenis dan penyebab sakit kepala penting untuk mengetahui penanganan yang sesuai. Namun secara umum, terdapat beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan sakit kepala mengganggu. Hal yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  1. Terapi pijat

Selain menjadi salah satu terapi favorit bagi masyarakat Indonesia saat mengalami kelelahan, pijat juga bisa membantu mengatasi sakit kepala. Terkadang, sakit kepala juga bisa disebabkan oleh ketegangan otot tubuh bagian atas. Pijat bisa membantu mengurangi rasa nyeri dan juga melemaskan otot-otot yang kaku penyebab sakit kepala tersebut.

  1. Kompres hangat atau dingin

Jika Anda mengalami sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan otot, kompres hangat atau dingin dapat membantu mengurangi keluhan. Apabila Anda mengalami migrain, cobalah mengaplikasikan kompres dingin di dahi Anda selama tidak lebih dari 15 menit. Sedangkan jika Anda mengalami tension type headache, cobalah untuk memberikan kompres hangat di daerah leher atau belakang kepala.

  1. Relaksasi

Meditasi dan olah napas seperti yoga dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh yang tegang. Cari tempat sepi dengan tempat duduk yang nyaman di rumah, kantor ataupun lokasi lain dimana Anda tidak akan terganggu oleh lingkungan sekitar.

Selanjutnya, perlahan-lahan ambil napas, teratur, ambil napas selama lima detik dan buang napas selama lima detik juga. Otot-otot Anda akan mulai melemas dan sakit kepala diharapkan juga dapat berkurang.

Selain itu, mandi menggunakan air hangat juga bisa menjadi salah satu teknik relaksasi untuk megurangi sakit kepala yang mengganggu.

  1. Cukup istirahat

Banyak sekali gangguan kesehatan – termasuk sakit kepala – yang disebabkan oleh kurang tidur atau kurang istirahat. Cobalah untuk mengatur waktu tidur yang teratur setiap harinya. Hindari mengonsumsi stimulan seperti alkohol, kafein, nikotin, gula sebelum waktu tidur. Matikan televisi, komputer dan telepon genggam serta lampu kamar saat tidur.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

  1. Hindari makanan pemicu sakit kepala

Beberapa jenis makanan dan minuman dapat memicu timbulnya sakit kepala. Hindari makanan yang mengandung monosodium glutamate (MSG), makanan mengandung nitrat (seperti hotdog, sosis, peperoni) dan makanan yang mengandung tyramine (seperti pizza dan keju tertentu). Selain itu, minuman beralkohol juga bisa memicu sakit kepala.

  1. Penuhi kebutuhan cairan

Cukupi kebutuhan cairan harian Anda agar terhindar dari sakit kepala. Sebab, salah satu penyebab sakit kepala ialah kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi. Konsumsilah air minimal 8 gelas atau 2 liter per harinya.

  1. Aromaterapi

Beberapa jenis aromaterapi ada yang bisa membantu mengurangi rasa sakit kepala dan merelaksasi tubuh, seperti lavendel, ekstrak peppermint dan eucalyptus.

  1. Konsumsi obat pereda nyeri

Saat mengalami sakit kepala, salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengonsumsi obat pereda sakit kepala yang dijual di apotek tanpa memerlukan resep dokter. Obat-obatan tersebut seperti parasetamol, ibuprofen dan jenis Obat Anti Inflamasi Non-Steroid (OAINS) lainnya.

Konsumsi obat sesuai dengan dosis anjuran dan jangan menggunakan lebih dari dosis yang dianjurkan untuk menghindari munculnya gangguan kesehatan lainnya. Namun, jika Anda sudah mengonsumsi obat namun rasa nyeri tak juga reda - bahkan makin berat – segera periksakan diri ke dokter atau pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Rasa nyeri di kepala yang tak kunjung mereda dapat menghambat Anda dalam menjalankan berbagai aktivitas. Ikuti beberapa trik di atas agar Anda senantiasa terhindar dari sakit kepala. Selain itu, agar tubuh tetap bugar, konsumsilah menu bergizi seimbang dan sempatkan waktu di tengah kesibukan Anda untuk berolahraga.

[NP/ RVS]

1 Komentar

  • Dian W

    Assalamualaikum dok, kenapa ya akhir2 ini saya sekitar jam 9-10 sakit kpla Periksa ke puskesmas katanya migrain Klo udh di kasih Obt mendingan tapi pagi. Y gtu lgi dok