Sukses

Inilah Porsi Sayur dan Buah untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Sayur dan buah ternyata juga bisa menurunkan kolesterol tinggi asal dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Ini fakta medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda memiliki kolesterol tinggi? Jika ya, sebaiknya jangan buru-buru minum obat penurun kolesterol. Menurut American Heart Association dan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia, pengobatan awal kolesterol tinggi adalah dengan mengatur pola makan dan berolahraga.

Berbicara tentang mengatur pola makan untuk turunkan kolesterol tinggi, Anda berarti harus menghindari makanan berlemak atau mengandung minyak. Sebagai gantinya, Anda wajib mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Sayur dan buah untuk turunkan kolesterol tinggi

Sayur dan buah merupakan sumber makanan yang tinggi serat. Dengan mengonsumsi asupan sehat tersebut dalam jumlah yang cukup, sejumlah besar serat larut akan masuk ke dalam tubuh. Kemudian, di dalam usus, serat tersebut akan mengikat kolesterol sehingga jumlah yang masuk ke dalam darah akan berkurang jumlahnya.

Tak berhenti di situ, serat yang berasal dari sayur dan buah juga bisa menimbulkan rasa kenyang lebih cepat dan tahan lama. Dengan demikian, jumlah porsi makanan yang Anda konsumsi bisa berkurang, sehingga turut membantu dalam menurunkan berat badan.

Nah, agar manfaat sayur dan buah dalam menurunkan kolesterol tinggi menjadi lebih optimal, kedua asupan sehat tersebut harus Anda konsumsi dalam porsi yang tepat. Terkait hal ini, sebagian besar ahli menyarankan agar sayur dan buah dikonsumsi setidaknya 400 gram per hari. Jumlah ini kira-kira setara dengan lima porsi sayur atau buah yang masing-masing berukuran sebesar bola tenis.

Sebagai contoh, 400 gram sayur dan buah per hari dapat dipenuhi dengan mengonsumsi satu buah apel (sebesar bola tenis), satu buah jeruk (sebesar bola tenis), satu jagung rebus, satu buah tomat (sebesar bola tenis), dan satu ikat bayam yang sudah dimasak.

1 dari 2 halaman

Pilihan sayur dan buah yang direkomendasikan

Anda boleh memilih sayur dan buah apa saja sebagai sumber serat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Namun, alangkah baiknya bila Anda memilih sayur dan buah berikut, karena mengandung jumlah serat yang paling tinggi.

  1. Wortel

Selain kaya akan serat, wortel juga mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata, antioksidan untuk mencegah kanker, dan vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh. Tak sempat memasak? Wortel kukus pun sudah menjadi santapan yang enak untuk sarapan atau makan siang.

  1. Apel

Pepatah mengatakan “an apple a day keeps the doctor away”. Pepatah tersebut telah terbukti kebenarannya. Ya, mengonsumsi apel secara rutin memang mendatangkan manfaat baik bagi kesehatan.

Apel mengandung serat yang tinggi, juga fitonutrien dan antioksidan yang dapat menurunkan risiko kanker, hipertensi maupun diabetes. Selain itu, apel juga mengandung vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan saraf.

  1. Jagung

Selain mengandung serat, jagung juga kaya akan asam folat yang bermanfaat untuk membentuk sel darah merah, vitamin C dan magnesium yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan fosfor sebagai nutrisi pembentuk tulang. Jagung dapat dijadikan sebagai pengganti nasi.

  1. Terung

Jenis sayuran ini terbilang murah dan mudah didapat. Bukan hanya kaya serat, terung merupakan sayuran yang juga rendah kalori sehingga cocok digunakan untuk diet.

Kandungan antosianin yang tinggi pada terung dapat bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Di samping itu, sayur berwarna ungu ini juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari terung, dianjurkan untuk memasaknya dengan cara dikukus.

Kolesterol tinggi memang berbahaya, karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, Anda tak perlu khawatir berlebihan tentang hal itu. Selama Anda mengonsumsi sayur dan buah dalam porsi yang tepat, Anda akan terhindar dari kolesterol tinggi dan dampak buruknya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar