Sukses

Bahaya Karang Gigi yang Tidak Dibersihkan

Karang gigi yang dibiarkan dan tidak dibersihkan bisa menyebabkan berbagai bahaya, lho! Simak akibat karang gigi tidak dibersihkan berikut ini.

Karang gigi merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada banyak orang. Sayangnya, keluhan ini sering dianggap remeh. Padahal, jika dibiarkan menumpuk maka penyakit-penyakit dapat timbul. 

Karang gigi disebut juga dengan dental calculus, yaitu penumpukan plak mengandung bakteri dari sisa-sisa makanan dan menempel di permukaan gigi. Lama-kelamaan, plak ini akan mengeras karena mengalami mineralisasi. 

Plak tidak akan hilang dengan sendirinya. Jika Anda tidak menyikat gigi secara teratur, maka lapisan yang lengket tersebut pada akhirnya dapat menjadi karang gigi.

Semakin lama dibiarkan, karang gigi dapat menumpuk hingga menutupi seluruh permukaan gigi. Bila tak segera dibersihkan, berbagai masalah berikut ini dapat timbul:

1 dari 3 halaman

1. Gigi Tampak Kuning

Kalkulus biasanya berwarna putih kekuningan, cokelat, bahkan hitam. Hal ini menyebabkan tumpukan plak. 

Kalkulus yang menempel di permukaan gigi lama-kelamaan akan membuat gigi berubah warna menjadi kuning bahkan hitam. 

2. Gigi Berlubang

Karang gigi yang menumpuk dapat “melindungi” bakteri dari sikat gigi. Plak dan karang gigi juga dapat menyebabkan terbentuknya lubang kecil di lapisan enamel. 

Akhirnya, bakteri dan asam dapat meresap ke dalam gigi dan menyebabkan lubang. 

Artikel Lainnya: Mengapa Terasa Ngilu Saat Karang Gigi Dibersihkan?

3. Radang Gusi

Masalah yang juga disebut gingivitis ini terjadi akibat penumpukan karang gigi. 

Mungkin Anda akan menyadarinya setelah melihat darah keluar dari rongga mulut saat menyikat gigi.

Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka peradangan akan bertambah parah dan berkembang menjadi penyakit gusi yang lebih serius atau periodontitis.

4. Periodontitis

Periodontitis merupakan lanjutan dari penyakit gingivitis. Gusi yang turun atau surut bisa jadi salah satu ciri periodontitis. Kondisi ini akan memperlihatkan permukaan akar gigi. 

Selain itu, gusi yang turun juga dapat memungkinkan bakteri masuk ke celah antara gigi dan gusi.

Artikel Lainnya: Yuk, Ketahui Bedanya Plak dan Karang Gigi

2 dari 3 halaman

5. Kehilangan Gigi

Jika karang gigi tidak segera ditangani, maka penyakit gusi bisa timbul. Pada akhirnya, kondisi ini juga dapat menyebabkan kehilangan satu gigi atau bahkan lebih.

6. Bau Mulut

Plak dan karang gigi yang dibiarkan menumpuk akan menimbulkan bau tidak sedap. Kondisi ini tentu akan menurunkan kepercayaan diri.

Itulah beberapa akibat karang gigi yang dibiarkan menumpuk. Bila karang gigi sudah terbentuk, hanya dokter gigi yang bisa membersihkannya. 

Sebagai pencegahan, sikatlah gigi secara rutin dan lakukan pemeriksaan gigi secara teratur setiap enam bulan sekali. Konsultasi awal ke dokter gigi bisa lebih cepat lewat LiveChat di Klikdokter.

(FR/AYU)

1 Komentar

  • Khi******ijau

    bisa kah karang gigi di obati sendiri? dengan cara membeli obat nya dan apa merek penghilang karang gigi yg ampuh? trima kasih atas jwbn dokter