Sukses

5 Olahraga untuk Bangkitkan Mood Anda

Saat mood sedang berantakan, para pakar medis menganjurkan Anda untuk berolahraga. Ini 5 jenis olahraga yang bisa bangkitkan mood Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Suasana hati alias mood adalah sesuatu yang harus dijaga dengan baik. Salah-salah, Anda justru akan menghancurkannya dan membuat aktivitas sehari-hari mengalami gangguan.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, mood merupakan kondisi perasaan yang terus ada, yang mewarnai kehidupan psikologis manusia. Mood dapat memengaruhi segala aspek di dalam tubuh, termasuk tingkah laku sehari-hari. Jadi, jika mood sedang jelek, bukan tak mungkin aktivitas Anda akan mengalami gangguan.

Tingkatkan mood dengan olahraga

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mood, salah satunya dengan berolahraga. Dilansir dari Real Simple, berikut beberapa jenis olahraga yang terbukti ampuh meningkatkan mood atau suasana hati:

1. Yoga

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine meneliti tingkat kecemasan dan suasana hati orang-orang yang berlatih yoga selama satu jam sebanyak tiga kali seminggu.

Hasilnya menujukkan bahwa tingkat kecemasan yang dimiliki oleh partisipan mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini karena yoga dapat membantu mengatur ritme pernapasan, serta meningkatkan kadar GABA―asam amino dan neurotransmitter yang dapat membantu mengurangi kecemasan.

Studi lain yang dilakukan pada tahun 2010 dan diterbitkan dalam Al Ameen Journal of Medical Sciences mengungkapkan bahwa yoga adalah latihan untuk meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

2. Pilates

Studi yang baru-baru ini dipublikasikan dari Appalachian State University, di Boone, North Carolina, menemukan bahwa pilates dikaitkan dengan stabilitas mood yang lebih baik.

Peneliti juga menemukan bahwa peserta penelitian yang terlibat dalam studi ini cenderung kurang mengalami gangguan tidur. Perbaikan tidur mungkin terkait dengan kesadaran tubuh yang meningkat.

3. Naik sepeda

Para peneliti di University of Georgia di Athena menemukan, bersepeda selama 30 menit dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Peneliti yakin bahwa hal itu juga turut membuat mood menjadi lebih positif, karena bersepeda terbukti mampu mengaktifkan sirkuit saraf otak yang membuat seseorang merasa bersemangat.

4. Angkat beban

Mengangkat beban jelas sangat bagus untuk mengencangkan otot tubuh Anda. Satu yang mesti Anda tahu, olahraga jenis ini juga mampu menguatkan kesehatan pikiran serta menjaga diri dari mood yang berantakan.

Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Experimental Neuropsychology, orang dewasa yang melakukan latihan beban sebanyak tiga hingga lima kali dalam seminggu selama satu bulan bisa memiliki hasil tes kognitif yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak melakukan angkat beban.

5. Tai chi

Tai chi adalah salah satu seni olah pernapasan dan senam aliran halus yang berasal dari Tiongkok. Olahraga ini pertama kali diciptakan oleh seorang pendeta Tao bernama Thio Sam Hong pada abad 12, lalu kemudian dikembangkan oleh muridnya secara turun-temurun.

Gerakan-gerakan dalam tai chi terbukti dapat membantu meredakan stres. Seorang psikolog bernama Kate Hays berteori bahwa kecepatan gerakan tai chi mampu memusatkan pikiran dan berfungsi sebagai pengingat atas hal terdahulu.

Di antara lima pilihan di atas, mana jenis olahraga yang jadi favorit Anda? Jangan lupa untuk dilakukan secara rutin dan teratur, agar mood atau suasana hati Anda terus berada pada tingkat yang optimal!

[NB/ RVS]

1 Komentar