Sukses

4 Minuman untuk Cegah Dehidrasi Saat Car Free Day

Kegiatan car free day sangat mengasyikkan. Meski begitu, waspadalah terhadap dehidrasi agar aktivitas Anda bisa berlangsung lancar.

Klikdokter.com, Jakarta Akhir pekan telah tiba! Biasanya kegiatan car free day (CFD), atau hari bebas kendaraan, dipilih olah keluarga sebagai salah satu alternatif untuk sekadar kebersamaan keluarga atau berolahraga. Tapi Anda harus ingat, jangan sampai kegiatan CFD Anda terganggu karena masalah dehidrasi.

CFD mulai menjadi tren ketika Jakarta memberlakukan aturan itu pada 23 Mei 2002. Awalnya, kegiatan CFD hanya dilakukan pada hari Minggu terakhir setiap bulannya. Lama-kelamaan, CFD akhirnya dilaksanakan setiap hari Minggu.

Tak jarang, banyak yang memanfaatkan CFD sebagai sarana olahraga. Mereka yang biasanya sibuk selama sepekan karena pekerjaan, memanfaatkan CFD untuk joging, jalan santai, atau bersepeda.

Kota-kota besar di Indonesia biasanya rata-rata melaksanakan CFD sejak pukul 06.00 sampai 11.00. Seperti yang Anda ketahui, di Indonesia pada pukul 09.30 biasanya udara sudah mulai panas. Bagi Anda yang memanfaatkan CFD untuk berolahraga perlu waspada terhadap kemungkinan dehidrasi.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, dehidrasi adalah kondisi tubuh saat kekurangan pasokan cairan. Hal ini terjadi salah satunya ketika Anda kurang minum sementara Anda terlalu banyak mengeluarkan cairan.

1 dari 2 halaman

Kiat mencegah dehidrasi

Ketika Anda memanfaatkan momen CFD untuk berolahraga hingga mengeluarkan keringat berlebih, jangan sampai Anda kena dehidrasi. Kondisi dehidrasi tdiak bisa dianggap sepele. Bahkan menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, dehidrasi bisa berujung pada kematian.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Itu mungkin kalimat yang sering Anda dengar. Walaupun klise tapi memang benar adanya. Untuk mencegah dehidrasi sebenarnya mudah, Anda hanya harus memenuhi kebutuhan cairan setiap hari. Empat jenis minuman ini sangat tepat untuk mencegah dehidrasi.

  1. Air putih

Ini adalah minuman paling baik agar Anda bisa terhindar dari dehidrasi. Ingat, asupan air dalam tubuh dalam sehari harus mencapai 7-8 gelas. Jika Anda lupa membawanya saat CFD, Anda bisa membelinya karena ada banyak penjual minuman yang menjajakan beragam jenis minuman saat CFD. Tapi ingat, pilihlah minuman yang sehat dan bisa membantu Anda menghidrasi tubuh, ya.

  1. Minuman isotonik

Minuman isotonik banyak dijumpai dan mudah mendapatkannya. Minuman ini membuat tubuh bisa kembali segar dalam waktu cepat, cocok dikonsumsi saat kegiatan CFD menjelang siang hari. Menurut dr. Rio, dalam minuman isotonik terkandung tekanan osmotik yang sama dengan cairan tubuh. Hal ini mempermudah pertukaran elektrolit maupun senyawa lainnya. Cairan dan eletrolit inilah yang membuat Anda terhindar dari dehidrasi.

  1. Air kelapa

Tak hanya nikmat, air kelapa juga sangat bagus agar terhindar dari dehidrasi. Dikemukakan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, air kelapa baik dikonsumsi setelah berolahraga untuk mengganti cairan yang hilang. Selain itu, air kelapa juga mengandung karbohidrat dan sodium yang rendah dan tinggi akan potasium.

  1. Susu

Kegiatan CFD yang mengharuskan Anda berjalan kaki, lari, atau bersepeda membuat Anda banyak mengeluarkan keringat, sehingga cairan tubuh bisa hilang. Anda bisa meminum susu untuk mencegah dehidrasi karena di dalam susu terkandung nutrisi yang bisa menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang.

Memang menyenangkan melakukan aktivitas pada saat car free day (CFD), apalagi bersama keluarga atau pasangan. Akan tetapi, pahami juga ada bahaya dehidrasi yang mengintai ketika cairan dalam tubuh berkurang. Jadi, segeralah minum jika Anda mulai merasa lemas untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar