Sukses

6 Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang berkualitas. Daya tahan tubuh yang baik selama kehamilan, mendukung perkembangan janin.

Klikdokter.com, Jakarta Masa kehamilan adalah momen sangat penting bagi para calon ibu. Berbagai cara dilakukan ibu hamil untuk menjaga kehamilannya tetap sehat dan janin yang dikandungnya tumbuh sehat. Untuk itu, agar tak mudah tertular penyakit, saat hamil Anda membutuhkan daya tahan tubuh yang prima.

Sayangnya, berdasarkan survei yang dilakukan oleh American Baby, meskipun ibu hamil sudah berusaha untuk mengonsumsi makanan sehat, nyatanya sekitar 80 persen masih tergoda untuk minum alkohol, serta 63 persen di antaranya malas mengonsumsi buah dan sayuran.

Jika dibiarkan, hal ini bisa cukup berbahaya bagi kondisi janin. Oleh sebab itu, saat hamil Anda harus memotivasi diri untuk mengonsumsi makanan sehat dan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol dan rokok.

Menu sehat untuk tingkatkan daya tahan tubuh ibu hamil

Dengan cukup beristirahat dan aktif bergerak, risiko tertular penyakit selama kehamilan memang menjadi lebih kecil. Namun, Anda tak boleh melupakan satu hal, bahwa asupan nutrisi juga turut berperan dalam menjaga daya tahan tubuh ibu hamil.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk banyak dikonsumsi selama kehamilan agar daya tahan tubuh Anda meningkat, dan perkembangan janin pun sehat.

1. Daun kenikir

Dilansir dari Babyologist, daun kenikir mengandung vitamin A, C dan E. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem imun ibu hamil, sedangkan vitamin A dan E membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

2. Stroberi

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, sifat asam dan kandungan vitamin C yang tinggi dalam stroberi, juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Hal ini membantu memelihara daya tahan tubuh ibu hamil.

3. Brokoli

Sayuran ini kaya akan vitamin dan mineral. Dijelaskan oleh dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter, brokoli dengan kandungan vitamin A, C, E, antioksidan dan serat menjadi salah satu makanan tersehat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil.

4. Bayam

Berdasarkan infografik dari situs kesehatan Healthspan UK, bayam tak hanya kaya akan vitamin C, namun juga mengandung berbagai zat antioksidan dan beta-karoten yang dapat meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.

5. Zaitun

Dilansir dari Babymed, 60 persen kondisi sistem kekebalan tubuh bergantung pada kesehatan sistem pencernaan. Jadi, sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Asam lemak yang terdapat pada buah zaitun dapat mendukung sel-sel yang melapisi dinding saluran usus agar tetap sehat.

6. Almond

Menurut seorang pakar gizi asal Inggris bernama Dr. Marilyn Glenville, kacang-kacangan memang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahan makanan ini dapat membantu menangkal virus masuk ke dalam tubuh dan mempercepat pemulihan bila terlanjur terinfeksi.

Namun, almond merupakan jenis kacang terbaik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Dengan mengonsumsi kacang almond, ibu hamil akan terhindar dari pilek dan flu.

Tak hanya itu, kacang almond merupakan sumber alami asam folat yang membantu perkembangan otak dan sistem saraf janin dapat berkembang dengan baik, serta membantu mencegah bayi lahir dengan cacat tabung saraf.

Kondisi ibu hamil yang tidak prima dapat membuatnya rentan tertular berbagai virus dan penyakit. Untuk menjaga daya tahan tubuh Anda agar tetap prima selama masa kehamilan, konsumsilah berbagai makanan yang telah disarankan oleh para ahli seperti yang telah dijelaskan di atas. Baca artikel bertema serupa di sini.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar