Sukses

Benarkah Terlalu Lama Tidur Bisa Picu Penyakit Jantung?

Tidur dalam waktu yang cukup memang penting, tapi jangan berlebihan. Terlalu lama tidur bisa memicu penyakit jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Bagaimana waktu tidur Anda selama ini? Sudah cukup, atau malah lebih? Hati-hati jika suka tidur berlebihan, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa terlalu sering tidur bisa memicu penyakit jantung.

Tidur adalah fase paling penting dalam hidup manusia. Saat tidur, sel-sel baru meregenerasi sehingga tubuh bisa menjalani aktivitas pada keesokan harinya. Tidur berkualitas dibutuhkan agar tubuh selalu bugar dan tidak terlihat loyo. Tapi, hati-hati, tidur terlalu lama membuat seseorang terserang penyakit jantung.

American Academy of Sleep Medicine dan Sleep Research Society mengeluarkan rekomendasi resmi untuk waktu tidur orang dewasa. Mereka menyebut setidaknya orang dewasa harus tidur 7-9 jam per hari atau tidak kurang dari 6 jam. Walaupun memang mereka tidak merilis apa bahaya dari tidur jika melebihi dari jumlah waktu itu.

Namun, para peneliti dari American Heart Association lewat jurnal yang mereka terbitkan pada Juli 2018 menyebutkan, ada risiko yang mengintai jika seseorang tidur lebih dari 8 jam sehari. Risiko yang dimaksud adalah kematian akibat penyakit jantung dan stroke. Hasil penelitian diperoleh dari kualitas tidur dan konsistensi waktu tidur selama ini.

Dalam sebuah analisis dari 74 penelitian terhadap lebih dari 3,3 juta orang mengenai durasi tidur dan penyakit kardiovaskular, para peneliti menyimpulkan bahwa orang yang tidur selama 10 jam memiliki peluang risiko 30 persen lebih untuk meninggal. Lalu, 50 persen lebih orang dengan waktu tidur lebih dari 9 jam rentan terserang penyakit kardiovaskular.

Konsistensi waktu tidur dibutuhkan

Saat tidur lebih dari 9 jam terkadang tidak terlalu berdampak signifikan terhadap kesehatan. Kuncinya adalah konsistensi. Jangan sampai Anda hari ini tidur 5 jam, sedangkan besok Anda tidur 10 jam. Jika itu berlangsung terus menerus penyakit akan datang.

Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa orang dengan pola tidur tidak teratur, 45 persen lebih rentan terserang penyakit jantung koroner. Selain itu, jika tidur tidak teratur, ritme internal tubuh seseorang menjadi tidak baik, menumpulkan kemampuan kognitif, dan emosi menjadi sulit dikendalikan.

Selain itu, kurangnya waktu tidur juga tidak bisa ditebus. Menurut Matthew Walker, ilmuwan yang sejak lama meneliti tentang tidur, jika Anda tidak tidur hari ini, Anda tidak bisa menebusnya pada esok hari.

"Tidur tidak seperti bank. Anda tidak dapat berutang dan melunasinya pada waktu kemudian. Jika saya tidak tidur sepanjang malam, dan kemudian pada malam berikutnya Anda semua bisa tidur dengan waktu yang Anda inginkan, Anda tidak akan pernah mendapatkan kembali semua yang telah Anda hilangkan," ujar Walker.

1 dari 2 halaman

Kiat untuk tidur berkualitas

Menurut dr. Vito A. Damay, SpJP, FIHA, FICA dari Klikdokter, tidur penting untuk menjaga ritme tubuh tetap teratur. Jika teratur, tubuh nantinya akan mengeluarkan hormon yang sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Selain itu, dr. Vito juga mengatakan, jika menginginkan pola tidur yang baik, Anda semua perlu mendapat tidur berkualitas.

Begini caranya agar Anda bisa tidur dengan berkualitas:

1. Siapkan diri

Persiapan sebelum tidur sangatlah penting. Segala aktivitas sebelum tidur harus dihentikan, salah satunya memegang ponsel. Tidur juga harus diniatkan. Anda tidak bisa "menunggu" tertidur sambil menonton tv. Karena paparan sinar dari layar televisi justru akan mengganggu tidur Anda.

2. Minum segelas susu hangat

Segelas susu hangat sebelum tidur bisa membuat tidur menjadi nyenyak. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan meminum susu yang memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi.

3. Bangun rasa nyaman pada diri dan kamar Anda

Anda harus membuat diri Anda senyaman mungkin ketika tidur. Pakai pakaian yang tidak membuat Anda menjadi terganggu. Buatlah suasana kamar menjadi lebih teduh. Selaini itu juga perhatikan suhu ruangan, jangan terlalu panas atau dingin.

4. Hindari makanan dan minuman

Jangan makan makanan yang berat sebelum tidur. Selain itu, kopi dan teh juga harus dihindari. Mengonsumsi makan malam hanya beberapa saat menjelang tidur hanya akan memperberat kerja organ pencernaan Anda. Akibatnya tubuh yang seharusnya beristirahat malah bekerja keras sepanjang malam.

Tidur berkualitas sangat penting bagi tubuh. Jika Anda tidak memperhatikan waktu tidur Anda dengan baik, Anda justru berisiko terkena penyakit, bahkan ada kemungkinan Anda bisa mengalami penyakit jantung. Oleh karena itu, usahakan untuk memiliki pola tidur yang teratur dengan jam tidur yang cukup, agar kesehatan Anda selalu terjaga.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar