Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatGigi Mulut5 Penyakit Akibat Malas Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut
Gigi Mulut

5 Penyakit Akibat Malas Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

drg. Wiena Manggala Putri, 08 Agu 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Malas menjaga kebersihan gigi dan mulut dapat berujung pada masalah kesehatan yang serius. Apa saja? Cari tahu di sini.

5 Penyakit Akibat Malas Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Gigi dan mulut adalah anggota tubuh yang sering dimanfaatkan oleh bakteri jahat untuk menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Meski demikian, tak sedikit orang yang masih mengabaikan pentingnya menjaga kebersihan anggota tubuh tersebut. Apakah Anda salah satunya?

Jika ya, sebaiknya Anda segera perbaiki kebiasaan buruk tersebut. Ini karena kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan berikut ini:

  1. Radang Gusi

Dalam istilah kedokteran gigi, radang gusi disebut ginggivitis. Ini adalah suatu kondisi ketika gusi terlihat bengkak dan memiliki warna yang lebih merah dari biasanya.

Ginggivitis ditandai dengan keluarnya darah pada saat menyikat gigi. Kondisi ini bisa timbul akibat adanya plak serta karang gigi yang menempel dan menumpuk di tepian gusi.

Ginggivitis akan menjadi lebih buruk bila tidak segera ditangani dengan tepat. Kondisi tersebut bisa mengarah pada komplikasi yang lebih parah, yaitu periodontitis―peradangan gusi serius yang menyebabkan rusaknya jaringan lunak dan tulang pendukung gigi.

  1. Karies Gigi

Karies adalah munculnya lubang pada gigi yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini adalah gangguan rongga mulut yang paling umum terjadi di kalangan masyarakat.

Karies gigi perlu segera diatasi, dengan penambalan atau cabut gigi, tergantung dari kondisi. Bila tidak, lama-kelamaan lubang yang timbul akan semakin luas dan dalam, sehingga dapat merusak gigi dan menyebabkan infeksi pada saluran akar gigi.

  1. Gigi Sensitif

Gigi sensitif disebabkan oleh adanya penurunan posisi gusi. Keadaan ini bisa terjadi akibat kebiasaan sikat gigi yang tidak tepat, karies gigi yang tidak diatasi dengan baik, gigi patah, dan efek samping proses bleaching gigi yang salah.

Gigi sensitif dapat menyebabkan keluhan gigi ngilu, linu, atau terasa nyeri, khususnya saat terpapar makanan atau minuman dingin.

  1. Bau Mulut

Bau mulut atau halitosis umumnya berasal dari kesehatan rongga mulut yang tidak terjaga dengan baik. Kondisi ini juga bisa terjadi sebagai akibat dari gigi berlubang, penumpukan karang gigi, atau pemakaian gigi tiruan yang tidak dibersihkan secara rutin.

Sedangkan, jika Anda adalah tipikal orang yang sangat menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut namun masih mengalami bau mulut, bisa jadi kondisi tersebut disebabkan penyakit sistemik yang menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan atau pencernaan.

  1. Sariawan

Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan. Anda juga, bukan? Ya, gangguan rongga mulut yang satu ini bisa terjadi pada anak, orang dewasa, bahkan lansia sekalipun.

Sariawan disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun, cedera mulut akibat tidak sengaja tergigit, pemakaian gigi palsu yang tidak tepat, maupun kekurangan pasokan vitamin B 12.

Sariawan umumnya bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu 2–3 minggu. Jika sering terjadi berulang atau tidak sembuh dalam waktu lebih dari sebulan, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang bisa terjadi jika Anda tak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan saksama. Meski terlihat sepele, keluhan di atas nyatanya dapat mengganggu kenikmatan Anda saat makan dan beraktivitas. Jika Anda tak ingin mengalaminya, mulailah untuk menjaga kesehatan rongga mulut dari sekarang!

[NB/ RVS]

GusiGigiMulutRongga MulutSariawanradang gusi

Konsultasi Dokter Terkait