HomeInfo SehatDiabetesMakanan Manis Ini Aman untuk Penderita Diabetes Melitus
Diabetes

Makanan Manis Ini Aman untuk Penderita Diabetes Melitus

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 29 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bagi penderita diabetes, jangan takut tidak bisa konsumsi makanan manis lagi. Kamu masih tetap bisa, kok, menikmati makanan manis, asalkan tahu jenisnya.

Makanan Manis Ini Aman untuk Penderita Diabetes Melitus

Sebagian penderita diabetes mungkin mengira makanan manis sudah tak boleh lagi dikonsumsi. 

Memang, makanan yang mengandung karbohidrat (salah satunya yang memiliki rasa manis) dapat meningkatkan kadar gula darah. 

Namun, anggapan ini perlu diluruskan. Pasalnya, penderita diabetes masih tetap bisa, kok, mengonsumsi makanan manis. Asalkan tidak sembarangan dalam memilihnya.

Bagi penderita diabetes, jangan khawatir karena ‘manisnya hidup’ tetap bisa kamu nikmati dengan makanan manis. Berikut adalah beberapa jenis pilihan makanan manis untuk diabetes:

1. Granola

Kini granola menjadi tren makanan sehat. Gandum dan kacang-kacangan pada granola kaya akan kandungan serat. Selain mengenyangkan, pastinya juga bernutrisi untuk tubuh. 

Karena itu, granola dapat dipilih sebagai makanan manis untuk diabetes. 

Walaupun tergolong aman, kamu tetap perlu mencermati kandungan di dalamnya. Pilihlah granola yang kandungan gula dan lemaknya rendah. 

Konsumsi satu mangkuk granola dengan yoghurt rendah lemak setiap pagi bisa menjadi alternatif sarapanmu.

Artikel Lainnya: Ini Dia Daftar Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes

2. Biskuit Gandum

Apakah kamu tak pernah lagi ngemil biskuit setelah terdiagnosis diabetes? Jangan khawatir, kamu tetap bisa makan biskuit. Namun, pastikan biskuit yang kamu konsumsi berbahan dasar gandum.

Selain membuat kamu kenyang, gandum baik untuk kesehatan karena mengandung serat alami. Serat alami ini dapat membantu mencegah penyakit jantung serta obesitas.

Di samping gandum, serat alami ini dapat kamu peroleh melalui beras merah dan roti gandum. Jika kamu lapar, kamu bisa mencoba beberapa keping biskuit gandum untuk mengisi perut.

3. Gelatin

Meskipun mirip agar-agar dan jeli, gelatin tidak seperti keduanya yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Gelatin terbuat dari tulang binatang, seperti sapi, kerbau, atau babi. 

Namun, dibandingkan agar-agar dan jeli, penggunaan gelatin tidak begitu populer di Indonesia karena masyarakat jadi harus lebih teliti dalam memilih gelatin mana yang halal.

Dalam satu porsi makanan penutup gelatin, terkandung sekitar 20 gram gula. Nah, bagi yang menginginkan sensasi manis di lidah, gelatin bebas gula dapat menjadi alternatif makanan manis yang aman untuk diabetes.

4. Cokelat

Siapa sangka, cokelat juga bisa menjadi camilan serta bahan kue yang aman untuk penderita diabetes. 

Menurut studi, konsumsi cokelat dapat meningkatkan respons insulin dan kontrol gula darah. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan flavonoid, yang merupakan senyawa pelindung dalam kakao. 

Masalahnya, sebagian besar cokelat yang ada di pasaran hanya mengandung sedikit flavonoid dan sarat dengan tambahan gula yang melimpah.

Oleh karena itu, kamu harus cermat dalam memilih jenis cokelat. Pilihlah dark chocolate tanpa gula ketimbang yang mengandung susu atau krimer. Jangan konsumsi dark chocolate lebih dari 40 gram per hari.

Artikel Lainnya: Ini Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi Penyandang Diabetes

5. Buah-buahan Segar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah-buahan adalah sumber makanan yang bergizi. Karena itu, buah segar dapat menjadi makanan manis nan sehat untuk penderita diabetes.

Selain dipotong-potong, kamu juga bisa mengolah aneka buah dalam bentuk yang kamu suka, seperti salad buah atau smoothies.

Lebih amannya lagi, pilihlah buah dengan indeks glikemik rendah, misalnya pisang, apel, dan kiwi. Sebaliknya, hindari buah-buahan yang sudah diproses, seperti buah kalengan atau manisan karena tinggi pemanis. 

Jika kamu lapar dan butuh camilan, kamu dapat makan 1-2 apel untuk memuaskan keinginan makanmu.

6. Yoghurt Beku atau Buah Beku

Yoghurt beku adalah salah satu pilihan makanan manis untuk diabetes. Jenis asupan ini lebih sehat ketimbang es krim yang tinggi akan karbohidrat serta kalori. 

Jadi, bila tergiur es krim yang dingin dan lezat, cobalah makanan beku lain, seperti yoghurt beku tanpa gula atau buah beku yang telah dimasukkan ke kulkas. 

Kamu dapat menggunakan 1 cup yogurt dan dikombinasikan dengan granola untuk pilihan camilan kamu.

7. Xylitol

Salah satu pemanis alami yang aman bagi diabetesi adalah xylitol. Ini merupakan pemanis dengan kadar alami 40 persen lebih rendah dari gula pasir (sukrosa). 

Namun, xylitol tetap mempunyai tingkat kemanisan yang sama dengan gula biasa. 

Karena tidak adanya kandungan fruktosa, xylitol tidak meningkatkan kadar gula darah. Kamu pun bisa mendapatkan manfaat lain dari xylitol, yaitu menurunkan risiko gigi berlubang dan meningkatkan penyerapan kalsium.

Bagi para penderita diabetes, terdiagnosis penyakit gula ini bukan berarti kamu dilarang makan makanan manis. 

Ada beberapa jenis makanan manis yang baik untuk penderita diabetes, tanpa harus khawatir dengan risiko gula darah yang melonjak.

Meski demikian, tetap perhatikan jumlah kalori yang masuk karena pada dasarnya makan secara berlebihan juga tidak baik untuk berat badan dan kadar gula darahmu. 

Jangan lupa untuk terus #JagaSehatmu, ya. Konsultasi online kepada dokter bisa dilakukan via Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[RS]

Kencing ManisNutrisigula darahDiabetes

Konsultasi Dokter Terkait