Sukses

4 Makanan Manis Ini Aman untuk Penderita Diabetes Mellitus

Apakah Anda mengidap diabetes mellitus? Jika ya, jangan berkecil hati karena Anda tetap bisa menikmati makanan manis, asalkan ...

Klikdokter.com, Jakarta Mungkin sebagian penderita diabetes mellitus – termasuk Anda – mengira makanan manis sudah tak boleh lagi dikonsumsi. Anggapan ini perlu dikoreksi. Memang, peningkatan gula darah dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat (salah satunya yang memiliki rasa manis). Namun, penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi makanan manis asal tidak sembarangan dalam memilihnya.

Penyakit diabetes terjadi akibat interaksi dari berbagai faktor, bukan hanya disebabkan oleh konsumsi makanan manis saja. Berbagai faktor risiko terjadinya penyakit diabetes adalah riwayat keluarga (terutama orang tua yang menderita diabetes), kelebihan berat badan, serta gangguan kolesterol.

Pilihan makanan manis untuk penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, jangan khawatir karena “manisnya hidup” tetap bisa Anda nikmati dengan makan makanan manis. Mari simak bersama beberapa jenis pilihan makanan manis yang aman dikonsumsi penderita diabetes.

1. Granola

Beberapa tahun belakangan, granola menjadi tren yang masuk kategori makanan sehat. Granola adalah makanan yang terdiri dari berbagai komponen seperti oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan madu. Makanan ini juga dapat dinikmati dengan yoghurt atau potongan buah.

Untuk memuaskan keinginan untuk menyantap makanan yang manis-manis, penderita diabetes bisa mengonsumsi granola. Gandum dan kacang-kacangan pada granola memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga tak hanya mengenyangkan, tapi Anda juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Meski terbilang aman, tapi perhatikan kandungan granola yang Anda pilih. Pilihlah yang granola yang kandungan gula dan lemaknya rendah.

2. Biskuit gandum

Apakah Anda tak pernah lagi ngemil biskuit setelah terdiagnosis diabetes? Jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati biskuit. Namun, carilah biskuit yang berbahan dasar gandum.

Gandum dapat membuat Anda kenyang dan memiliki manfaat bagi kesehatan karena mengandung serat alami. Serat alami dari gandum dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, kelebihan berat badan, dan penyumbatan pada saluran darah. Selain pada gandum, serat alami ini bisa juga Anda dapatkan lewat bahan makanan seperti beras merah, roti gandum sereal, oatmeal, dan bubur yang terbuat dari kacang-kacangan.

3. Xylitol

Salah satu alternatif jika Anda ingin makan makanan manis sekaligus menghindari efek negatif dari asupan gula adalah dengan memilih pemanis alami. Xylitol adalah pemanis alami dengan kadar alami 40 persen lebih rendah dari pasir (sukrosa), tetapi mempunyai tingkat kemanisan yang sama.

Karena tidak adanya kandungan fruktosa, xylitol tidak meningkatkan kadar gula darah. Anda pun bisa mendapatkan manfaat lain dari xylitol, yaitu menurunkan risiko gigi berlubang dan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

4. Buah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah-buahan adalah sumber makanan manis yang tidak tidak berbahaya. Selain dipotong-potong, Anda juga bisa mengolah aneka buah dalam bentuk yang Anda suka seperti salad buah atau smoothies.

Untuk lebih amannya lagi, pilihlah buah dengan indeks glikemik rendah seperti pisang, apel, dan kiwi. Lebih baik hindari buah-buahan yang sudah diproses seperti buah kalengan atau manisan karena kandungan pemanisnya tinggi.

Bagi para penderita diabetes mellitus, terdiagnosis penyakit gula ini bukan berarti Anda dilarang makan makanan manis. Ada beberapa jenis yang aman (dan tetap lezat) untuk dikonsumsi, tanpa harus was-was dengan risiko gula darah yang melonjak. Meski demikian, tetap perhatikan jumlah kalori yang masuk karena pada dasarnya makan secara berlebihan juga tidak baik untuk berat badan dan kadar gula darah Anda.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar