Sukses

Kulit Sering Gatal, Mungkinkah Diabetes Mellitus?

Kulit sering gatal sering dikaitkan dengan penyakit diabetes mellitus. Bagaimana fakta medis yang sebenarnya?

Klikdokter.com, Jakarta Ketika kulit sering terasa gatal, apa yang pertama kali ada di pikiran Anda? Digigit nyamuk, atau karena alergi kambuh? Banyak orang percaya, kulit sering gatal merupakan pertanda adanya penyakit diabetes mellitus. Apakah Anda setuju dengan anggapan ini?

Tidak dimungkiri, gatal yang terjadi di kulit memang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun, apakah diabetes mellitus adalah salah satunya?

Mengenal diabetes mellitus

Diabetes mellitus merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Penyakit ini dapat memberikan dampak tertentu setiap bagian tubuh, termasuk kulit. Jadi, ya, adanya masalah pada kulit dapat menjadi pertanda awal dari penyakit diabetes mellitus.

Mengapa pengidap diabetes mellitus lebih sering mengalami gatal pada kulit dibandingkan orang pada umumnya?

● Diabetes menyebabkan kerusakan saraf

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan serabut saraf yang terletak di lapusan luar kulit. Keadaan ini menyebabkan keluhan gatal lebih sering terjadi.

Sebelum kerusakan saraf terjadi, tubuh akan mengalami peningkatan kadar sitokin. Ini adalah zat yang berperan menyebabkan proses peradangan, yang dapat pula memicu gatal pada kulit.

Maka dari itu, gatal yang menetap di bagian tubuh tertentu dapat menjadi pertanda adanya penyakit diabetes mellitus. Keadaan ini berbahaya, dan mesti ditangani segera.

● Diabetes menyebabkan gagal ginjal atau hati

Kadar gula darah yang tinggi pada pengidap diabetes mellitus dapat menyebabkan gagal ginjal atau gagal hati. Bila keadaan itu sudah terjadi, seseorang akan lebih sering merasa gatal di beberapa bagian tubuhnya.

● Pengidap diabetes rentan infeksi jamur

Gatal yang terlokalisasi sering dialami oleh pengidap diabetes. Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi jamur, kulit kering, atau sirkulasi udara yang kurang baik. Anggota tubuh yang mengalami keluhan gatal terparah adalah bagian bawah kaki.

Dari penjelasan di atas, kesimpulannya adalah: benar bahwa sering gatal dapat menjadi pertanda adanya penyakit diabetes mellitus. Namun, hal itu bukan berarti bahwa diabetes adalah satu-satunya penyebab sering gatal.

Perlu Anda ketahui, kulit sering gatal dapat disebabkan oleh berbagai kondisi lain yang tak ada hubungannya dengan diabetes mellitus sama sekali. Seperti telah disinggung di atas, gatal juga dapat disebabkan oleh infeksi serangga, alergi, maupun hal-hal lainnya.

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa menganggap remeh keluhan gatal. Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter, agar dapat mengetahui penyebab utama keluhan gatal-gatal yang Anda rasakan.

Setelah diketahui penyebab utama gatal yang dirasakan, baik itu diabetes mellitus atau bukan, Anda perlu segera mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Anda perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari, berolahraga secara rutin dan teratur, cukup istirahat, hindari rokok dan alkohol, serta memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter secara berkala.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar