Sukses

4 Kanker Ini Lebih Sering Menyerang Pria

Beberapa jenis penyakit kanker menjadikan pria sebagai target utamanya. Kanker apa saja yang dimaksud?

Klikdokter.com, Jakarta Kanker adalah salah satu pembunuh utama di dunia selain penyakit jantung dan stroke. Seperti dilansir dari World Life Expentancy, penyakit kanker menepati urutan kelima sebagai penyebab kematian tertinggi masyarakat Indonesia. Pada 2015, terdapat 1.591.558 jiwa meninggal karena keganasan penyakit mematikan tersebut.

Kanker merupakan jenis penyakit misterius, yang kehadirannya sangat sulit dideteksi. Penderita biasanya baru akan mengeluhkan gejala tertentu saat kanker sudah melaju ke stadium yang lebih berbahaya.

Banyak hal yang berperan pada terjadinya kanker, mulai dari makanan, kebiasaan sehari-hari, paparan polusi, pengaruh hormonal, dan lainnya. Saking banyaknya, para ahli masih belum dapat menentukan penyebab pasti penyakit mematikan tersebut.

Kanker pada pria

Kanker memang bisa menyerang siapa saja, baik pria, wanita, tua, muda, dewasa, dan anak-anak. Namun demikian, ternyata ada beberapa jenis kanker yang secara spesifik menjadikan pria sebagai target utamanya. Inilah 4 jenis kanker yang dimaksud:

1. Kanker prostat

Para pria muda sering berpikir bahwa penyakit ini hanya akan dialami ketika sudah tua. Alasannya, usia rata–rata seorang pria terdiagnosis kanker prostat adalah 66 tahun. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, yang harus diwaspadai ternyata 10% kasus baru kanker prostat dialami oleh pria di bawah usia 55 tahun. Oleh karena itu, sudah seharusnya pria yang berusia di bawah 50 tahun juga perlu mengetahui fakta ini.

Kanker prostat diduga memiliki hubungan yang erat dengan pengaruh genetik. Jadi, bila memiliki anggota keluarga yang mengalami kanker jenis ini, risiko Anda untuk mengalami keadaan yang sama akan meningkat berlipat ganda.

2. Kanker paru

Kanker paru dihubungkan dengan kebiasaan merokok. Diketahui bahwa pria adalah golongan orang yang lebih aktif dalam hal perokok, sehingga peluang mereka untuk mengalami kanker paru bisa sangat tinggi.

Berdasarkan penjelasan dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, kanker paru bisa ditandai dengan gejala: napas berbunyi, suara serak, dada yang tidak simetris, penurunan berat badan secara drastis, dan nyeri pada tulang.

3. Kanker pankreas

Penyebab pasti kanker pankreas masih misteri hingga saat ini. Penelitian dari Journal of National Cancer Institute menduga bahwa kanker tersebut berhubungan dengan penyakit diabetes melitus.

Selain itu, infeksi bakteri helicobacter pylori yang menyebabkan lambung infeksi juga diduga berperan pada kejadian kanker pankreas. Faktor lainnya, merokok, obesitas, pernah menderita peradangan pankreas, dan memiliki anggota keluarga yang menderita kanker pankreas.

4. Kanker kolorektal

Kanker ini menyerang organ tubuh bagian usus besar. Nama lain dari kanker kolorektal adalah kanker kolon. Gejala yang mungkin muncul dari kanker jenis ini adalah cepat lelah, tampak lesu, dan berat badan menurun drastis.

Salah satu penyebab terbesar kanker kolorektal adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Disebutkan bahwa kanker jenis ini 30 persen lebih sering menyerang pria yang obesitas. Hal itu disebabkan karena mereka yang obesitas lebih mungkin untuk mengalami resistensi insulin.

Beberapa jenis kanker di atas sebenarnya tak terbatas hanya pada pria. Ya, sebagian di antaranya juga dapat menyerang wanita. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untuk selalu waspada agar bisa mendeteksi setiap perubahan yang terjadi pada tubuh. Jika Anda mengalami gejala yang merujuk pada salah satu jenis kanker, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar