Sukses

Sederet Makanan yang Baik untuk Kuku

Jika ingin kuku selalu sehat dan indah, perhatikanlah asupan makanan Anda. Berikut beberapa jenis makanan yang ternyata baik untuk kesehatan kuku.

Bagi sebagian orang, kesehatan kuku sering kali kurang diperhatikan. Padahal, kuku yang tidak sehat dan kurang terawat bisa menjadi area yang disukai bakteri penyebab penyakit.

Jika tidak terawat, kuku dapat menjadi rapuh. Kondisi ini merupakan salah satu tanda infeksi jamur yang dalam dunia medis disebut onikomikosis.

Jamur ini sering menyerang kuku kaki dibandingkan kuku tangan akibat dari penggunaan sepatu. Karena kuku kaki sering tertutup, dapat tumbuh jamur yang memang senang hidup di daerah lembap dan gelap.

Anda tentunya ingin memiliki kuku yang senantiasa sehat dan indah, bukan? Ternyata, ada sejumlah yang dapat memperkuat dan mempercantik kuku, lho. Berikut adalah daftar makanan untuk kuku: 

1 dari 5 halaman

1. Edamame

Makanan untuk kuku yang pertama adalah edamame. Kedelai menyediakan sistein, yakni asam amino yang diperlukan untuk produksi keratin (protein yang ditemukan di kuku). 

Selain itu, edamame adalah sumber folat yang baik dan diperlukan untuk memproduksi sel kuku baru. 

Artikel Lainnya: Perlukah Konsumsi Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Kuku?

2. Telur

Telur adalah salah satu sumber makanan terbaik yang mengandung biotin dan vitamin B, sehingga ampuh mendorong produksi protein dalam matriks kuku (jaringan yang menghasilkan sel kuku). 

Karena itulah, biotin adalah vitamin untuk kuku yang baik. Patut dicatat bahwa sumber terbaik dalam mendapatkan biotin adalah asupan bahan alami. Mengonsumsi suplemen biotin yang kini marak dijual di pasaran belum tentu memberikan khasiat serupa.

2 dari 5 halaman

3. Kacang Mede

Siapa sangka, kacang mede juga salah satu makanan untuk kuku. Kaya akan zat besi, kacang mede diperlukan untuk pembelahan sel dan sintesis protein yang sangat penting untuk kuku.

Oleh sebab itu, konsumsi kacang mede dapat dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kuku tetap berkilau dan kuat. Ingat, kuku kering dan lemah adalah tanda Anda kekurangan zat besi! 

Artikel Lainnya: Kuku Mudah Patah, Benarkah Tanda Penyakit Berbahaya?

4. Ubi

Ubi juga termasuk makanan untuk kuku yang mudah didapat. Ubi mengandung vitamin A, sehingga membantu sel-sel kuku bereproduksi dengan benar. 

Ketika Anda tidak mendapat cukup vitamin A, kuku akan terasa lebih rapuh dan menimbulkan munculnya tonjolan vertikal yang membelah.

3 dari 5 halaman

5. Paprika Kuning

Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen, sebagai protein struktural di kuku. Produksi kolagen yang berkurang seiring pertambahan usia dapat menghasilkan kuku yang lebih tipis dan lebih lemah.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi paprika kuning yang kaya vitamin C untuk menjaga kuku tetap kuat dan sehat. Satu paprika kuning besar sanggup menyediakan empat kali jumlah vitamin C harian yang disarankan.

6. Berbagai Buah Beri (Terutama Stroberi dan Blueberry)

Buah-buahan beri juga termasuk makanan untuk kuku. Karena, mereka dapat berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan ini meningkatkan hormon stres dan peradangan, yang berdampak pada semua sel dalam tubuh, termasuk di rambut dan kuku. 

Artikel Lainnya: Pentingnya Merawat Kuku, Ini Tips dan Caranya

Blueberry memiliki salah satu sifat antioksidan tertinggi dari semua buah. Blackberry dan anggur juga tinggi antioksidan. Stroberi dan kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C membantu memproduksi kolagen, yang secara alami membuat kuku lebih tangguh. 

4 dari 5 halaman

7. Sayuran Berdaun Hijau

Kelompok sayuran berdaun hijau adalah makanan untuk kuku yang baik. Sayuran berdaun hijau meliputi kangkung, bayam, dan brokoli. Semuanya mengandung zat besi, folat, dan kalsium yang dapat mengembalikan kuku ke bentuk semula.

8. Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang kaya protein, biotin, dan asam lemak omega-3. Ketiganya merupakan nutrisi penting untuk kuku yang sehat. 

Tak hanya itu, salmon kaya akan vitamin B6 dan B12, yang akan menjaga kuku agar tidak pecah, patah, terkelupas, atau rusak.

Itulah jenis-jenis makanan yang baik untuk kesehatan kuku. Ciptakan kuku sehat dengan mengonsumsi berbagai makanan di atas, ya. 

Selain itu, biasakan untuk menjalani pola hidup sehat seperti makan teratur, rajin olahraga, dan hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol. Semoga bermanfaat!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar