Sukses

Tips agar Kahiyang Ayu Tetap Bugar Usai Melahirkan

Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, melahirkan bayi perempuan lewat cara caesar. Inilah tips tetap bugar usai melahirkan.

Klikdokter.com, Jakarta Hari  ini, Rabu (1/8/18), Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu melahirkan anak pertamanya. Seperti dilansir Liputan6.com, Kahiyang menjalani proses persalinan caesar sekitar pukul 05.50 WIB di Rumah Sakit YPK, Menteng, Jakarta Pusat. Keluarga Presiden yang juga turut didampingi suami Kahiyang – Bobby Nasution – tentu bahagia menyambut kehadiran si Kecil.

Melahirkan merupakan hal yang ditunggu-tunggu, terlebih lahirnya seorang cucu presiden. Lahirnya putri Kahiyang ini memberikan sukacita bagi seluruh anggota keluarga.

Namun yang perlu diperhatikan, setelah melahirkan dengan cara caesar, Kahiyang bisa saja merasakan beberapa keluhan. Ibu yang baru saja melahirkan bisa merasakan keluhan pasca melahirkan, yang bertahan hingga beberapa bulan.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk mengurangi keluhan sekaligus tetap bugar pasca melahirkan.

  1. Minum cairan yang cukup

Pasca melahirkan, sering kali ibu mengeluhkan sembelit atau susah buang air besar. Hal ini disebabkan oleh menurunnya gerakan motilitas usus sesudah melahirkan. Kondisi ini diakibatkan beberapa hal misalnya kelemahan otot panggul akibat persalinan dan kelemahan otot panggul yang belum memulih akibat penggunaan obat-obatan untuk persalinan.

Untuk mengatasinya, konsumsilah cairan yang cukup, sehingga akan memperlancar buang air besar. Minumlah segelas air tiap 1 jam untuk memudahkan mencukupi kebutuhan cairan harian.

  1. Konsumsi serat yang cukup

Serat memiliki banyak fungsi untuk kesehatan saluran cerna. Pertama, serat akan membentuk short chain fatty acid (SCFA) dengan bantuan mikrobiota usus. SCFA dan mikrobiota usus akan membantu menjaga kesehatan sel di saluran cerna agar tetap sehat. Saluran cerna yang sehat akan menghasilkan feses yang baik.

Kedua, serat akan membantu membentuk feses dengan bentuk yang baik sehingga dapat memperlancar buang air besar. Serat dapat diperoleh dari sayuran, buah, dan biji-bijian.

  1. Berteman dengan es batu

Nyeri sering kali merupakan keluhan utama setelah melahirkan. Es batu dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri. Bila Anda melahirkan normal, letakkan es batu yang dibalut dengan handuk di bantalan tempat Anda duduk. Sedangkan bila Anda melahirkan dengan cara caesar, balutan handuk dapat digunakan di luar pakaian Anda di dekat luka operasi. Pastikan handuk dan es batu yang akan digunakan bersih, untuk mencegah komplikasi infeksi yang bisa terjadi.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Melatih otot panggul Anda

Beberapa wanita yang mengalami keluhan inkontinensia urin pasca melahirkan. Keluhannya dapat berupa keluhan buang air kecil yang tidak disadari dalam jumlah sedikit, ketika terjadi peningkatan tekanan di dalam rongga perut. Kondisi itu terjadi, misalnya ketika tertawa, bersin, dan mengangkat benda berat. 

Melatih otot dengan cara Kegel dapat membantu mengatasi hal ini, caranya ketika sedang buang air kecil, cobalah untuk menghentikan pancaran air seni dengan cara mengontraksikan otot panggul Anda. Kemudian lepas kontraksi panggul Anda agar pancaran air seni mengalir kembali. Apabila  Anda sudah terbiasa, Anda bisa mencobanya lebih sering di luar waktu berkemih.

  1. Usahakan untuk berjalan

Apabila sudah memungkinkan, usahakan untuk mulai aktif bergerak seperti berjalan pelan. Tujuannya, agar tidak duduk atau tiduran seharian. Hal ini akan membantu mencegah bengkak pada kaki dan memperlancar aliran darah pada kaki.

Tanyakan kepada dokter Anda, kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk mulai bisa berjalan. Mereka yang melahirkan secara normal akan lebih cepat disarankan berjalan dibandingkan mereka yang melahirkan secara caesar.

  1. Rajin konsultasi ke dokter

Apabila dalam 7 hari Anda belum juga buang air besar, kemungkinan Anda membutuhkan obat untuk memperlancar buang air besar. Selain itu, periksakan juga ke dokter jika Anda perlu mengganti pembalut nifas setiap jam sekali atau beberapa kali dalam sehari. Begitu pula jika darah nifas Anda berwarna merah terang setelah 1 minggu. Hal lainnya, jika Anda mengalami keluhan nyeri perut, bengkak, atau kemerahan pada luka pasca melahirkan, segera periksa ke dokter.

Kelahiran seorang bayi memang sangat didambakan dalam sebuah keluarga, termasuk bagi keluarga Presiden Jokowi. Kelahiran putri pertama pasangan Kahiyang Ayu – Bobby Nasution, tentu mendapatkan perhatian yang besar. Proses melahirkan secara caesar yang dijalani Kahiyang membuat putri bungsu Presiden Jokowi perlu waktu untuk memulihkan diri. Dengan mengikuti tips di atas, semoga Kahiyang bisa tetap bugar dan bisa memberikan ASI bagi si Kecil.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar