Sukses

Cara Pemulihan Efektif bagi Atlet yang Mengikuti Turnamen Padat

Atlet yang mengikuti turnamen padat seperti Piala AFF U-16 harus tahu cara pemulihan yang efektif agar tetap dalam performa terbaik.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi atlet sepak bola, recovery atau pemulihan yang ideal setelah bermain selama 80-90 menit dalam satu pertandingan adalah 2 sampai 3 hari, dengan catatan tidak mengalami cedera. Akan tetapi, hal itu tampaknya sulit diwujudkan jika kita berkaca pada Piala AFF U-16 2018 yang saat ini sedang berlangsung di Sidoarjo dan Gresik.

Piala AFF U-16 tahun ini adalah penyelenggaraan ke-10 kalinya sepanjang sejarah. Ini adalah turnamen sepak bola antar negara-negara Asia Tenggara dan hanya boleh menyertakan pemain di bawah umur 16 tahun.

Dimulai pada 29 Juli, turnamen ini akan berakhir pada 11 Agustus. Tim nasional Indonesia U-16 sudah memainkan dua laga pada Minggu 29 Juli dan Selasa 31 Juli di mana tim asuhan Fachri Husaini meraih kemenangan telak 8-0 atas Filipina dan mengalahkan Myanmar 2-1. Yang menjadi menarik adalah bukan dua kemenangan yang mereka raih sejauh ini, tetapi waktu pertandingan yang hanya selang dua hari.

Setelah bermain pada 29 Juli dan 31 Juli, berturut-turut timnas Indonesia U-16 akan bermain pada 2 Agustus, 4 Agustus, dan 6 Agustus. Dengan catatan, itu hanya fase penyisihan grup saja. Tim-tim yang lolos ke semifinal akan bermain pada 9 Agustus. Lalu, final akan diselenggarakan pada 11 Agustus.

1 dari 2 halaman

Waktu pertandingan dan pemulihan yang efektif

Jika melihat waktu pertandingan yang begitu mepet, bagaimana masing-masing tim bisa menurunkan pemain terbaik? Sedangkan, pemain hanya memiliki waktu pemulihan efektif satu hari sebelum pertandingan selanjutnya. Padahal proses tersebut sangat penting agar penampilan di lapangan tetap berada dalam level yang bagus.

"Recovery itu penting bagi atlet apalagi berbicara sepak bola dalam mengikuti turnamen. Idealnya 3 sampai 4 hari," ujar dr. Andika Widyatama dari KlikDokter.

Namun, menurutnya, ada beberapa cara untuk memaksimalkan waktu pemulihan yang mepet seperti di Piala AFF U-16 2018 saat ini. Berikut caranya:

  • Istirahat

Istirahat yang cukup. Meski hanya satu hari, waktu istirahat ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Atlet yang bertanding wajib membuat dirinya rileks saat masa jeda tidak bertanding.

  • Berendam di air es

Cara ini paling jitu karena tim sepak bola dunia sudah mengadopsi cara ini. "Hal ini dilakukan untuk merangsang simulasi otot. Selepas bertanding biasanya otot seperti “pecah”. Berendam di air es sangat membantu untuk pemulihan dan meregenerasi sel-sel pada otot," kata dr. Andika.

  • Perhatikan asupan makanan

Dalam masa pemulihan, asupan makanan harus tinggi protein karena zat ini baik untuk meregenerasi sel-sel otot dengan cepat. Makanan yang bisa dikonsumsi dalam masa pemulihan adalah ayam bagian dada, salmon, tuna, dan makerel. Hanya saja para atlet tidak harus menghindari karbohidrat. "Mereka harus tetap makan karbohidrat tapi karbohidrat kompleks, biasanya didapat dari kentang," ucap dr. Andika.

Dr. Andika juga menyarankan agar para atlet yang mengikuti turnamen dengan jadwal super padat untuk minum suplemen tambahan. Dengan suplemen tambahan, sel-sel otot yang biasanya "pecah" setelah pertandingan bisa segera meregenerasi. Satu hal yang juga patut diingat, atlet yang mengikuti turnamen dengan jadwal padat seperti Piala AFF U-16 tahun ini wajib mengatur pola tidur mereka, jangan sampai terlalu larut malam.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar