Sukses

Susu Almond, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan?

Dari memperkuat tulang hingga menjaga kesehatan kulit, susu almond memiliki manfaat yang begitu melimpah yang sayang untuk dilewatkan.

Klikdokter.com, Jakarta Jika dibandingkan dengan susu sapi dan susu kedelai, susu almond mungkin masih kalah pamor dalam hal popularitas. Tapi bukan berarti manfaat susu almond juga kalah dari susu lainnya. Sudah tak diragukan lagi, susu almond sangat kaya akan berbagai nutrien yang penting untuk kesehatan, mulai dari protein hingga kalsium dan vitamin E.

Seperti susu kedelai, susu almond diproses dari biji almond yang kemudian diperkaya dengan beberapa jenis vitamin dan mineral. Berikut ini lima keuntungan yang Anda dapat jika rutin minum susu almond: 

  1. Kaya akan nutrisi

Meski kandungan nutrisi dalam susu almond tidak sebanyak susu sapi, susu almond tetap menyimpan berbagai nutrien yang juga penting. Apa saja itu? Beberapa kandungan nutrisi yang tinggi dalam susu almond, antara lain vitamin D, kalsium, protein, vitamin E, dan berbagai vitamin dan mineral lainn.

Namun demikian, perlu diingat bahwa susu almond tidak dapat menjadi pengganti susu untuk bayi dan anak kecil. Ini karena ada beberapa zat yang tidak terkandung dalam susu almond tetapi penting untuk tumbuh kembang anak. Pada remaja atau dewasa, susu almond dapat menjadi salah satu pilihan susu jika bosan atau tidak suka mengonsumsi jenis susu lain seperti susu sapi dan susu kedelai.

  1. Dapat memperkuat tulang

Satu gelas susu almond dapat memenuhi sekitar 50% kebutuhan kalsium harian dan 25% kebutuhan vitamin D harian. Vitamin D dan kalsium merupakan zat yang esensial untuk kesehatan tulang. Sementara itu, dalam masyarakat kita banyak orang dewasa yang mengalami kekurangan kalsium dan vitamin D sehingga menderita tulang keropos (osteoporosis) dini.

Itulah sebabnya mengonsumsi susu almond penting sebagai salah satu cara untuk memperkuat tulang Anda, dan mencegah terjadinya tulang keropos pada kemudian hari.

  1. Mencegah risiko penyakit jantung

Beberapa jenis antioksidan terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah vitamin E dan asam lemak baik. Susu almond kaya akan vitamin E dan asam lemak baik, terutama asam oleat (omega-9).

Vitamin E berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam pembuluh darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Begitu pula dengan asam lemak baik yang terkandung dalam susu almond, dapat memelihara kesehatan organ jantung. Sekitar 90% kandungan lemak dalam susu almond adalah asam lemak tidak jenuh.

  1. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Vitamin E, selain bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin E dapat meremajakan kulit sehingga kulit tampak lebih segar, bercahaya, dan awet muda. Tak hanya untuk kulit, vitamin E juga menguntungkan untuk menunjang kesehatan dan pertumbuhan rambut.

  1. Meningkatkan produksi ASI

Walau mekanisme kerjanya belum jelas, susu almond dikatakan dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu yang menyusui. Hal ini mungkin karena protein dan kalsium yang terkandung dalam susu almond. Ada pula sumber yang mengatakan bahwa susu almond dapat membuat ASI lebih creamy dan manis sehingga lebih disukai oleh bayi. Namun demikian, penelitian mengenai hal ini masih belum jelas.

Nah, kini Anda telah mengetahui berbagai manfaat susu almond untuk kesehatan. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencoba minum susu almond jika Anda tidak menyukai atau bosan dengan susu sapi atau susu kedelai.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar