Sukses

Overnight Oats, Sarapan Sehat Kaum Urban

Kaum urban kian menggemari overnight oats sebagai menu sarapan karena praktis, segar, dan sehat!

Klikdokter.com, Jakarta Sarapan merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan karena peran pentingnya dalam memberikan energi bagi seseorang untuk menjalani aktivitasnya. Namun, sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan pentingnya sarapan karena berbagai alasan, yang salah satunya adalah keterbatasan waktu. Nah, inilah mengapa overnight oats bisa menjadi “penyelamat”.

Umumnya menu sarapan yang ada di benak adalah sereal, buah-buahan segar, roti, telur, atau smoothies. Bagi kaum urban yang punya kendala keterbatasan waktu dalam menyiapkan sarapan, overnight oats adalah solusi tepat dan populer karena menawarkan kemudahan baik saat persiapan maupun saat dimakan.

Overnight oats pada dasarnya adalah oatmeal yang didiamkan semalaman dan ditambahkan beberapa jenis makanan lainnya untuk penambah cita rasa dan tekstur.

Biasanya, oatmeal dipadukan dengan air putih, susu, atau yoghurt, dan berbagai jenis potongan buah-buahan seperti stroberi, blueberry, mangga, pisang, termasuk biji-bijian seperti biji chia dan kacang-kacangan. Setelah dicampurkan dengan bahan makanan lain sesuai selera dan ditaruh di wadah tertutup seperti toples kaca mason jar, tinggal simpan di dalam lemari pendingin pada malam hari sebelum beristirahat. Proses ini membuat overnight oats lebih lembut saat disantap esok pagi atau siang.

Tak hanya praktis, overnight oats menjadi salah satu menu sarapan favorit karena memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

  1. Komposisi nutrisi yang baik

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik, serta memiliki protein dan lemak yang lebih tinggi dibandingkan biji-bijian lainnya. Selain itu, gandum juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral, di antaranya fosfat, magnesium, zat besi, zink, asam folat, vitamin B1, dan vitamin B5.

  1. Menjaga kadar kolesterol

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab mortalitas tertinggi di dunia, dan salah satu faktor risikonya adalah kadar kolesterol darah yang tinggi. Beberapa penelitian yang ada menunjukkan bahwa serat beta-glukan yang terdapat pada oatmeal memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol total dan low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat di dalam darah.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Oatmeal tergolong sebagai salah satu jenis makanan yang mengenyangkan. Dikatakan bahwa mengonsumsi makanan tersebut dapat mengurangi jumlah asupan kalori serta membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat beta-glukan yang terdapat pada oatmeal juga dapat membantu produksi hormon peptida YY (PYY) yang menimbulkan rasa kenyang. Overnight oats sangat baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet karena rendah lemak dan gula. Asupan kalori bisa berkurang, dan ini menurunkan risiko terjadinya obesitas

  1. Menghindari terjadinya konstipasi

Individu lanjut usia sering kali mengalami konstipasi, dengan pola buang air besar yang jarang dan tidak reguler. Penelitian yang ada menunjukkan bahwa bran, lapisan luar dari biji gandum yang kaya akan serat, dapat membantu meredakan konstipasi pada golongan lansia.

Sarapan merupakan menu sehari-hari yang tidak boleh dilewatkan. Bagi Anda dengan jadwal kegiatan yang padat, overnight oats dapat menjadi salah satu pilihan menu sarapan yang sehat dan praktis karena bisa disiapkan dengan cepat malam sebelumnya.  Nah, dengan hadirnya tren overnight oats, tak ada lagi alasan bagi Anda melewatkan sarapan karena keterbatasan waktu. Ingat, sarapan itu sangat penting untuk menjaga performa kerja atau belajar dan tentunya mencegah datangnya penyakit!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar