Sukses

Makan Overnight Oats Bikin Diet Sukses?

Bagi Anda yang sedang diet, overnight oats bisa menjadi alternatif menu sehat berserat tinggi. Tapi efektifkah untuk menurunkan berat badan?

Klikdokter.com, Jakarta Overnight oats merupakan salah satu makanan kekinian yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat, terutama yang sedang menjalankan program diet. Menu olahan oat ini biasanya ditambahkan susu cair dan berbagai topping buah, selai atau kacang–kacangan sesuai selera, lalu didiamkan semalaman di kulkas.

Selain mudah dan cepat dibuat, rasanya yang lezat dan mengenyangkan menjadi andalan bagi mereka yang sedang berdiet. Bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, overnight oats sering kali dikonsumsi sebagai pengganti sarapan agar lebih mengenyangkan.

Efektif menurunkan berat badan

Oat mengandung kadar serat yang tinggi. Dalam 125 gr oat yang sudah dimasak terdapat sekitar 4 gr serat. Menurut Harvard Health Publications, mengonsumsi 30 gr serat setiap harinya dapat membantu menurunkan berat badan dan memenuhi 13 persen kebutuhan serat dalam tubuh.

Tak hanya itu, menurut Wake Forest Baptist Medical Center di Amerika Serikat, kandungan serat larut yang terdapat di dalam oat dapat membantu menghilangkan perut buncit Anda.

Studi yang dipublikasikan di the Annals of Nutrition and Metabolism pada tahun 2015 membandingkan antara konsumsi oat saat sarapan dengan konsumsi sereal berbahan dasar jagung (cornflakes) untuk menurunkan berat badan. Hasilnya responden yang makan oat merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit saat siang.

Penelitian lain juga mendukung hal yang sama. Studi yang dilakukan selama 10 tahun dan dipublikasikan di jurnal Food & Nutrition Research pada tahun 2015 menemukan bahwa anak yang mengonsumsi oat saat sarapan cenderung memilki berat badan ideal dan stabil serta jauh dari risiko obesitas.

Tips mengolah overnight oats

Meski oat baik untuk membantu menurunkan berat badan, namun Anda perlu memperhatikan beberapa hal saat mempersiapkan overnight oats agar berat badan Anda tidak mudah naik:

● Pilih susu rendah lemak (skim milk)

Susu rendah lemak lebih baik daripada susu full cream karena dapat memangkas kalori. Susu kedelai atau susu almond juga bisa menjadi alternatif agar Anda tak mudah bosan. Yang terpenting, perhatikan kandungan lemak sebelum membeli susu.

● Beri tambahan serat

Anda bisa menambahkan 1 sdt chia seeds atau flax seeds ke dalam overnight oats. Selain itu, tambahan topping buah berry (strawberry, blueberry, blackberry), potongan kelapa, potongan apel, kurma atau buah pir, juga dapat menambah serat dalam overnight oats Anda.

● Tambahkan sumber lemak baik

Sama seperti serat, lemak juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Namun pastikan Anda memilih sumber lemak baik seperti kacang almond, kacang walnut atau edamame.

● Gunakan selai buah segar

Jika Anda penyuka rasa manis, menambahkan selai juga bisa menjadi pilihan. Namun, pastikan selai yang Anda pilih tidak mengandung gula yang tinggi.

Selain itu, daripada menggunakan selai coklat sebagai topping, Anda bisa memilih selai kacang atau almond butter. Gunakan secukupnya dan jangan berlebihan agar kalori Anda tidak bertambah.

Manfaat overnight oats untuk membuat diet Anda sukses tidak perlu diragukan lagi. Namun meski tampak sehat, diet Anda bisa rusak akibat topping berlebihan yang ditambahkan ke dalam olahan overnight oats. Hati-hati, penggunaan topping yang terlalu banyak juga berisiko menyebabkan berat badan dan kalori Anda bertambah.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar