Kesehatan Bayi

Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih?

dr. Anita Amalia Sari, 29 Jul 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pernah berpikir untuk memberikan air putih pada bayi? Hati-hati, jangan sembarangan. Baca ini sebagai panduan.

Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih?

Organisasi kesehatan dunia (WHO) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan pemberian ASI eksklusif untuk bayi usia 0–6 bulan. Selama masa ASI eksklusif, bayi tidak diberikan asupan lain, termasuk air putih.

Meski tak mendapat air putih, Anda tak perlu khawatir berlebihan. Ini karena 80% kandungan ASI adalah air, sehingga bila bayi terlihat haus atau lapar, ASI dapat menjadi solusinya. Dengan kata lain, untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh bayi di bawah usia 6 bulan, air putih bukanlah kebutuhan wajib.

Mengapa bayi tak butuh air putih?

Terdapat beberapa alasan mengapa bayi sebaiknya tidak diberikan air putih, di antaranya:

● Infeksi saluran cerna

Memberikan air putih pada bayi dapat meningkatkan risiko diare. Ini karena air putih yang dikonsumsi, jika kondisinya tidak benar-benar bersih atau steril, dapat menyebabkan infeksi pada saluran cerna bayi.

● Kejang

Pemberian air putih pada bayi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuhnya. Peristiwa seperti ini bisa menyebabkan tubuh si Kecil mengalami kejang-kejang.

● Menurunkan produksi ASI ibu

Semakin sering dikeluarkan, semakin banyak pula ASI terisi ulang. Ini artinya, jika bayi tak minum ASI lantaran diberikan air putih, produksi ASI pada payudara ibu bisa mengalami penurunan.

● Malnutrisi

Memberikan air putih juga dapat membuat bayi merasa kembung, sehingga dirinya akan menolak ASI. Pada keadaan ini, bayi tidak akan mendapatkan asupan gizi yang memadai, sehingga risiko malnutrisi bisa meningkat berlipat ganda.

Hal itu berlaku pula untuk bayi yang minum susu formula. Proses pebuatan susu formula memang menggunakan air putih. Namun, air putih yang digunakan harus sesuai dengan takaran masing-masing produk susu, sehingga nutrisi yang terdapat di dalam susu dapat diserap maksimal. Sedangkan, jika air putih yang dicampurkan ke dalam susu formula melebihi takaran, kandungan nutrisi pada susu akan mengalami penurunan. Bila hal ini terjadi terus-menerus, malnutrisi tak bisa dihindari lagi. 

Jadi, kapan bayi boleh minum air putih?

Bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan sudah mulai mencoba mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Di saat bersamaan, Anda dapat mulai mengenalkan dan memberikan air putih sedikit demi sedikit atau sekitar 60–120 ml dalam kisaran 24 jam. Pemberian air putih pada bayi di usia MPASI dapat membantu mencegah konstipasi atau sembelit.

Selanjutnya, ketika si Kecil sudah berusia satu tahun, air putih sudah bukan sesuatu yang dilarang lagi. Namun, porsinya tetap harus dibatasi agar tidak berlebihan dan membuatnya kembung atau merasa kenyang sebelum makan besar.

Jadi, sudah tahu, kan, kapan waktu yang tepat memberikan air putih pada bayi? Ingatlah selalu bahwa kebutuhan cairan bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan sudah dapat tercukupi hanya dengan ASI. Oleh sebab itu, waktu terbaik untuk mengenalkan air putih pada bayi adalah di usia 6 bulan atau saat ia memulai masa MPASI.

[NB/ RVS]

Air PutihASIpola asuhBayiAnakMinum Air Putih

Konsultasi Dokter Terkait