Sukses

Tips Cegah Gangguan Pernapasan Akibat Polusi Kali Item

Gas beracun yang berasal dari Kali Item bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Jangan khawatir, terapkan cara ini untuk mencegahnya.

Klikdokter.com, Jakarta Kali Sentiong alias Kali Item sedang marak diperbincangkan publik. Penampilan yang tak layak serta bau tak sedap yang ditimbulkannya bahkan menjadi bahan gunjingan negara tetangga. Bukan hanya mengundang malu, sosok Kali Item pun ternyata dapat memicu gangguan pernapasan, apalagi bila Anda adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, Kali Item memiliki kandungan gas beracun yang bersembunyi di balik penampilannya.

“Aroma tak sedap dari Kali Item adalah gas beracun yang merupakan kombinasi dari karbon dioksida, nitrogen oksida, dan metana,” ungkapnya.

Hal itu, lanjut dr. Jesslyn, dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, misalnya iritasi dan infeksi saluran pernapasan.

Tips mencegah gangguan pernapasan

Keadaan Kali Item yang demikian memang tergolong sulit untuk ditanggulangi. Sebagai warga yang tinggal di sekitar atau sering melintasi lokasi tersebut, Anda harus bersikap waspada dan berhati-hati akan gangguan pernapasan yang dapat ditimbulkannya.

Sebagai langkah pencegahan akan keadaan itu, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Perbaiki sirkulasi udara

Bagi warga yang tinggal di sekitar lokasi Kali Item, memperhatikan sirkulasi udara di dalam rumah adalah hal yang sangat penting.

“Agar sehat, udara bersih harus masuk dan udara kotor harus keluar. Di sinilah peran penting sistem ventilasi,” kata dr. Caessar Pronocitro M.Sc, Sp.A dari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Caessar menyarankan agar Anda menempatkan exhaust fan di tempat-tempat strategis seperti kamar mandi, dapur, atau ruang keluarga. Dengan begini, gas berbahaya dari Kali Item yang masuk ke dalam rumah tidak sampai mengendap dan menyebabkan gangguan pernapasan.

  1. Selalu perhatikan kebersihan

Beberapa perabot di dalam rumah Anda yang tinggal di sekitar Kali Item mungkin saja sudah terkontaminasi oleh gas beracun. Guna memperkecil risiko gangguan pernapasan, bersihkanlah perabotan tersebut secara berkala.

Anda juga wajib menjaga kebersihan diri dengan mandi menggunakan sabun dan air bersih setidaknya dua kali sehari. Di samping itu, jangan lupa untuk mencuci setiap bahan makanan menggunakan air bersih yang mengalir sebelum dikonsumsi atau diolah menjadi makanan siap saji.

  1. Terapkan gaya hidup sehat

Risiko gangguan pernapasan bisa meningkat berlipat ganda bila sistem kekebalan tubuh Anda tidak terjaga dengan baik. Karenanya, sebagai upaya menjaga keoptimalan sistem kekebalan tubuh, Anda wajib menerapkan gaya hidup sehat setiap saat.

Gaya hidup sehat yang dimaksud meliputi konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga secara rutin dan teratur, cukup istirahat, dan hindari rokok, stres maupun alkohol.

  1. Lindungi diri

Jika Anda sering berpapasan langsung dengan Kali Item dan mau tak mau harus menghirup aromanya, gunakanlah alat pelindung diri. Menurut dr. Sepriani Trimurtini Limbong, alat pelindung diri yang dimaksud meliputi pakaian tertutup, topi, helm, dan masker.

“Bagi Anda penderita asma atau alergi, sediakan obat-obatan darurat di saku atau tempat yang mudah di jangkau. Sewaktu-waktu kondisi kambuh, Anda dapat dengan segera mengatasinya,” tambah dr. Sepri.

  1. Berobat ke dokter

Batuk tak kunjung henti, sesak napas, nyeri dada, atau suara mengi merupakan beberapa gejala khas gangguan pernapasan. Bila Anda atau anggota keluarga mengalaminya, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter.

Jangan anggap sepele. Gangguan pernapasan yang tidak segera mendapatkan pengobatan yang tepat dapat bermanifestasi menjadi kondisi berbahaya yang bahkan bisa merenggut nyawa.

Lakukan tips di atas dengan saksama, agar polusi Kali Item tidak menyebabkan gangguan pernapasan atau masalah kesehatan lainnya pada diri Anda. Dan, sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menetralisasi Kali Item, jangan buang sampah atau limbah apa pun di sana, ya!

[RH]

1 Komentar