Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakTips ParentingTips Cerdas Sharenting agar Tak Kebablasan
Tips Parenting

Tips Cerdas Sharenting agar Tak Kebablasan

Rieke Saras, 28 Jul 2018

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak sekadar ajang pamer-pameran, sharenting juga bisa bermanfaat asalkan Anda tahu tipsnya.

Tips Cerdas Sharenting agar Tak Kebablasan

Ketika menjelajah lini masa di Instagram, coba tebak gambar apa yang paling sering muncul? Ya, Anda benar: bayi, bayi, dan bayi. Ini sebenarnya tidak mengejutkan. Menurut sebuah studi, di Amerika Serikat saja, sebagian besar anak 2 tahun lebih dari 90% telah terpampang wajahnya di media sosial. Tentu saja pengunggahnya adalah orang tua mereka. Hal ini kemudian memantik fenomena yang bernama sharenting.

Sharenting, istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang tua yang senang membagikan hal-hal personal tentang anaknya di media sosial. Mulai dari informasi sesederhana “Anakku lagi susah makan :(” sampai foto-foto lucu. Ada yang menganggapnya wajar dengan alasan untuk kenang-kenangan, tapi ada juga yang melihatnya sebagai bagian dari narsisme. Bagaimana dengan Anda?

Sisi gelap sharenting

Membagikan informasi tentang anak beserta permasalahannya dapat membuat orang tua merasa memiliki teman dan pendukung. Anda tak hanya dibaca, tetapi juga didengarkan bahkan dipeluk. Tapi ingat, ketika Anda memasuki ruang media sosial yang seolah tak ada habisnya itu, Anda berpotensi mengorbankan keamanan anak serta melanggar privasi mereka dengan postingan online yang jejaknya akan bertahan sampai bertahun-tahun yang akan datang.

Menurut peneliti dan penulis “Raising Your Child in a Digital World” Dr Kirsty Goodwin, sharenting yang dilakukan secara berlebihan memiliki beberapa sisi gelap yang tak boleh Anda acuhkan.

“Beberapa masalah yang timbul termasuk pencurian identitas (privacy risks/risiko privasi), pengambilan foto anak (cyber-safety risks/risiko keamanan dunia maya), berbagi informasi personal tentang anak yang seharusnya tetap menjadi pribadi (psychosocial risks/risiko psikososial), dan mengungkapkan informasi memalukan yang mungkin disalahgunakan oleh orang lain (psychological risks/risiko psikologis),” jelas Goodwin, seperti dilansir Huffington Post.

Anda tentu pernah mendengar seseorang mengalami identity theft karena terlalu banyak sharenting, dimana seseorang mencuri foto seorang anak kemudian mengklaim dirinya sebagai orang tua anak tersebut. Tak hanya itu, foto-foto anak juga dapat berpindah ke tangan beragam situs web yang mungkin saja tak bertanggung jawab. Hal yang juga perlu diperhatikan ketika orang tua sharenting tanpa seizin anak adalah, anak bisa saja keberatan dan marah pada kemudian hari.

Keputusan untuk melakukan sharenting atau tidak bergantung pada masing-masing orang tua. Jika Anda memang tak keberatan untuk mengunggah informasi atau foto-foto anak, sebaiknya perhatikan tips “3 P” ini dulu agar sharenting menjadi lebih bermanfaat:

  • Permission (Minta izin anak dulu)

“Jika anak sudah lebih besar, pastikan Anda mengantongi izin terlebih dulu dari mereka. Namun bila anak masih terlalu kecil, pastikan pasangan Anda telah memberikan Anda izin,” kata Goodwin.

Selain itu, jika nanti anak sudah mengerti konsep media sosial, sikap Anda sekarang dapat dijadikan pedoman dirinya mengenai etika bersosialisasi di dunia maya. Jadi berhati-hatilah dengan tingkah laku Anda karena anak pasti akan mengikutinya.

  • Privacy (Menghargai privasi)

Rasanya memang menyenangkan, mengunggah foto-foto anak sedang melakukan hal-hal lucu dan menggemaskan. Tapi perhatikan dengan baik siapa “penonton” Anda di media sosial. 

Lebih baik Anda sharenting kepada mereka yang benar-benar mengenal Anda dan keluarga Anda. Anda mungkin bisa menyeting media sosial Anda dari public menjadi privacy. Hindari juga memberikan informasi mengenai lokasi Anda sekarang – jika memang ingin melakukannya, sertakan lokasi tersebut saat Anda sudah tidak lagi berada di sana.

  • Pause before you post (Pikir dua kali sebelum posting)

Tanyakan kepada diri sendiri, apa alasan Anda mengunggah foto anak? Coba pikirkan sebelum posting, apakah foto itu nantinya akan membuat anak bangga atau justru malu? Jangan sampai Anda terbawa sesal karena apa yang Anda lakukan di Internet, takkan bisa dihapus begitu saja. Jejak Anda bisa terekam bertahun-tahun, bahkan selamanya. 

Sah-sah saja, kok, sharenting di media sosial. Asalkan Anda melakukannya dengan bertanggung jawab dan tidak berlebihan. Menjadi orang tua lebih dari mengajarkan anak mengenai benar dan salah, baik dan buruk. Namun juga bagaimana menghargai satu sama lain. Jadi, mari belajar lebih baik lagi untuk menghargai privasi anak Anda, sebagaimana Anda ingin dihargai.

[RVS]

Orang TuaMedia SosialAnakSharenting

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter