Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ada Bercak Putih di Wajah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada Bercak Putih di Wajah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bercak putih di wajah bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Yuk, kenali penyebab bercak putih di wajah dan cara terbaik untuk mengatasinya!

Wajah mulus dan terlihat glowing adalah dambaan hampir setiap orang. Sayangnya, hal tersebut tergolong sulit diwujudkan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang sering mengalami keluhan bercak putih di wajah.

Meski berukuran kecil dan umumnya tidak berbahaya, bercak putih di wajah dapat menurunkan rasa percaya diri. Jika dibiarkan, keluhan tersebut mungkin akan membuat Anda tertekan dan stres.

Karenanya, akan lebih baik jika bercak putih di wajah segera diatasi. Bagaimana cara menghilangkan bercak putih di wajah? Tentu saja, dengan memberikan terapi yang paling sesuai dengan penyebabnya.

Artikel Lainnya: Beda Dermatitis Atopik pada Anak, Dewasa, dan Lansia

1 dari 3 halaman

Penyebab Bercak Putih di Wajah

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab bercak putih di wajah:

  1. Panu

Panu merupakan masalah kulit yang biasanya terjadi di daerah tropis. Secara medis, panu disebut dengan nama Pityriasis versicolor. Sebagai salah satu penyebab bercak putih pada wajah, panu biasanya disertai dengan keluhan gatal yang mengganggu.

Panu lebih rentan dialami oleh orang yang banyak berkeringat, memiliki kulit berminyak, tinggal di daerah yang lembap, atau orang yang daya tahan tubuhnya menurun. 

  1. Vitiligo

Pada penderita vitiligo, sel kulit berhenti membuat melanin (zat yang mewarnai kulit) sehingga kulit akan membentuk bercak-bercak putih. Keluhan bercak putih tak hanya dapat muncul wajah, tapi juga di lengan, tungkai, kemaluan, dan rambut.

Vitiligo merupakan jenis gangguan kulit yang kompleks. Penyebabnya pun belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Peneliti menduga bahwa kondisi ini berkaitan dengan faktor genetik, penyakit autoimun, dan kondisi lingkungan.

  1. Sun Spot

Sunspot atau juga dikenal dengan istilah hipomelanosis gutata idiopatik merupakan kelainan kulit yang akibat akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Gejalanya berupa bercak putih di wajah, lengan, atau tungkai.

Keluhan ini tak menimbulkan rasa gatal atau nyeri, dan sama sekali tidak berbahaya. Meski demikian, sunspot tergolong sulit dihilangkan sehingga bisa sangat mengganggu penampilan orang yang mengalaminya.

  1. Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik adalah kelainan kulit yang disebabkan alergi. Keluhan ini juga dikenal dengan nama lain eksim. 

Gejala yang muncul akibat dermatitis atopik biasanya berupa kemerahan atau bercak putih di wajah, lengan, atau tungkai. Bercak yang timbul umumnya terasa gatal, terutama saat di malam hari. Biasanya penderita dermatitis atopik memiliki kulit yang kering. 

  1. Pityriasis Alba

Pitiriasis alba adalah penyebab bercak putih di wajah, yang umumnya terjadi pada anak atau orang dewasa dengan alergi.

Bercak yang terjadi akibat pityriasis alba umumnya berwarna putih atau merah muda, berbentuk bulat atau oval, dan terletak di daerah dagu atau pipi. Penyakit ini bisa terbilang ringan, karena tak menimbulkan keluhan yang berarti. Dalam beberapa minggu atau bulan, bercak akibat pityriasis alba biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Artikel Lainnya: 2 Cara Ampuh Mengobati Panu yang Perlu Anda Tahu

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bercak Putih di Wajah

Ingin mengatasi bercak putih di wajah dengan efektif? Berikan terapi yang sesuai dengan penyebabnya. Agar tidak salah, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Krim Antijamur

Untuk bercak putih yang disebabkan oleh infeksi jamur seperti halnya panu, Anda dapat menggunakan krim antijamur. Obat ini dapat dioleskan ke bercak yang ada di kulit sebanyak dua kali sehari selama beberapa minggu, atau sesuai dengan anjuran dari dokter yang merawat Anda.

  • Krim yang Mengandung Kortikosteroid 

Penggunaan krim yang mengandung kortikosteroid dapat membantu mengurangi bercak putih di kulit, khususnya yang terjadi akibat peradangan seperti pada kasus dermatitis atopik atau eksim.

Penggunaan krim ini mesti diawasi oleh dokter, karena dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai efek samping seperti hipertrikosis (tumbuh bulu-bulu halus di kulit), striae, atrofi kulit (penipisan kulit), hingga pelebaran pembuluh darah di kulit. 

  • Fototerapi 

Salah satu cara untuk mengatasi bercak putih di wajah adalah dengan fototerapi. Terapi dengan sinar UV-A dan narrowband UV-B (NBUVB) ini merupakan salah satu modalitas terapi untuk kondisi vitiligo.

Tindakan fototerapi pada umumnya dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu, bergantung dari kondisi dan keluhan yang dialami pasien. 

  • Laser 

Terapi laser dapat digunakan untuk mengatasi bercak putih pada kulit, misalnya yang terjadi akibat sunspot. Tindakan ini perlu benar-benar disesuaikan dengan kondisi pasien dan jenis lasernya. 

Tindakan laser pada umumnya juga dikombinasikan dengan modalitas terapi lainnya seperti krim untuk menunjang efektivitasnya.

Bercak putih di wajah dapat terjadi akibat berbagai faktor. Cara mengatasinya pun harus disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya, agar terapi yang diberikan dapat sepenuhnya efektif.

Maka dari itu, jika Anda mengalami bercak putih di wajah dan ingin segera menghilangkannya, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter spesialis kulit. Sebagai langkah awal, Anda juga dapat bertanya pada dokter menggunakan layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB)

0 Komentar

Belum ada komentar