Sukses

Benarkah Pijatan Bikin Bayi Tidur Lebih Lama?

Pijatan pada tubuh dapat memberikan perasaan relaks, termasuk pada bayi. Tapi benarkah aktivitas ini juga bisa membuat si Kecil tidur lebih lama?

Klikdokter.com, Jakarta Momen tidur merupakan hal yang penting bagi si Kecil. Tidur termasuk salah satu faktor yang menunjang tumbuh kembang anak. Salah satu cara agar si Kecil tidur lebih pulas adalah dengan memberinya pijatan lembut.

Ketika si Kecil tidur, seluruh sel di tubuhnya bekerja untuk memperbaharui sel yang rusak akibat lingkungan sekitar. Tidur cukup dan berkualitas memberikan beberapa efek positif pada bayi. Mulai dari suasana hati lebih baik, bayi lebih tidak rewel, dan lebih fokus berinteraksi dengan lingkungan.

Waktu tidur bayi pun berbeda-beda tergantung usianya. Pada bayi baru lahir hingga usia 1 bulan, biasanya bayi akan tidur selama 15–16 jam sehari. Pada usia 1 tahun pertama bayi akan tidur selama 14–15 jam sehari. Anak usia 1–3 tahun akan tidur selama 12–14 jam sehari. Waktu tidur tersebut tidaklah dalam satu kali tidur, namun dalam beberapa kali dalam sehari.

Pijatan yang menenangkan

Pijat bayi adalah salah satu teknik stimulasi yang memiliki banyak dampak positif untuk si Kecil. Dengan merangsang saraf melalui pijatan dan sentuhan hangat, pertumbuhan saraf-saraf tubuh si Kecil pun terstimulasi.

Sebuah studi dari Cochrane menemukan bahwa bayi yang dipijat secara teratur lebih jarang menangis dan rewel dibandingkan yang tidak. Kemungkinan penyebabnya adalah hormon kortisol yang berkurang akibat kontak kulit ibu dan kulit bayi.

Bayi yang dipijat pada studi tersebut juga tidur lebih baik dan lebih lama akibat adanya peningkatan hormon melatonin yang diproduksi lewat sentuhan. Hormon melatonin tersebutlah yang membuat tubuh bekerja lebih lambat dan si Kecil pun mudah mengantuk.

Pijat bayi juga memperlancar peredaran darah, sehingga darah dapat memberikan nutrisi pada seluruh sel tubuh. Kondisi ini membantu tubuh berkembang lebih cepat. Hebatnya lagi, pijat bayi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Jadi bayi tidak mudah sakit.

Manfaatkan minyak telon

Saat memijat si Kecil, Anda bisa menggunakan minyak telon. Sebuah studi dari Infant Behavior and Development menunjukkan bahwa bayi lebih menikmati pijatan ketika menggunakan minyak dibandingkan hanya dengan tangan kosong.

Minyak telon yang memiliki wangi natural juga dapat menstimulasi indra penciuman si Kecil. Anda bisa memilih minyak telon yang mengandung aloe vera dan vitamin E untuk mendapatkan manfaat ganda. Selain merelaksasi, kandungan bahan alami tersebut juga sekaligus menjaga kesehatan kulit si Kecil.

Stimulasi berbagai jenis indra dapat Anda berikan dengan memijat bayi menggunakan minyak telon. Mulai dari indra peraba, penciuman, pendengaran (Anda bisa memijat sambil mengajak bayi bernyanyi), dan penglihatan. Memberikan beberapa stimulasi indra juga dapat mendukung perkembangan otak.

Selain terbukti dapat membuat si Kecil tidur lebih lelap dan lama, pijat bayi juga bermanfaat untuk menjalin ikatan hubungan emosional antara ibu dan anak. Kontak kulit dengan si Kecil akan membuatnya terbiasa menerima sentuhan Anda. Sambil memijat, teruslah mengajaknya berkomunikasi.

Tidur yang berkualitas dapat mendukung tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal. Lakukan pijat bayi untuk membantu meningkatkan kualitas tidur si Kecil. Yuk, berikan si Kecil sentuhan hangat dan segar lewat pijatan!

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar