Sukses

Kiat Jitu Bikin Rambut Anak Sehat, Hitam, dan Lebat

Bagaimana cara membuat rambut anak tampak hitam, lebat, dan sehat? Ini cara mudah melakukannya sendiri di rumah.

Klikdokter.com, Jakarta Kesehatan rambut anak sudah selayaknya dijaga sejak kecil. Oleh sebab itu, tak jarang para orang tua mencari berbagai macam cara untuk membuat rambut anaknya sehat, lebat, dan tampak hitam berkilau.

Salah satu cara yang kerap disarankan bagi para orang tua adalah mencukur rambut anaknya secara rutin. Nyatanya, belum ada penelitian yang mendukung teori ini.

Saat si Kecil lahir, rambut yang ada disebut dengan rambut velus. Rambut ini hanya bersifat sementara dan hanya akan bertahan hingga tiga bulan saja. Berkaitan dengan siklus rambut, selanjutnya rambut si Kecil akan rontok dan berganti dengan rambut baru.

Lakukan ini agar rambut anak hitam dan lebat

Lebat atau tidaknya rambut sangat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Meski demikian, bukan berarti tak ada upaya yang dapat dilakukan para orang tua.

Berikut beberapa kiat untuk membuat rambut anak lebat, tampak hitam, dan tentu saja sehat:

  1. Penuhi asupan gizi

Anak mendapat asupan gizi sepenuhnya dari ASI. Oleh sebab itu, orang tua harus memastikan makanan yang dikonsumsi si Kecil mengandung nutrisi seperti protein, asam lemak omega-3, zat besi, dan vitamin.

  1. Cuci rambut 2 kali dalam seminggu

Setidaknya, cucilah rambut si Kecil sekitar 2–3 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk memberi jeda hari saat mencuci rambut. Tapi tak perlu mencucinya setiap hari karena justru dapat menghambat pembentukan minyak alami rambut.

  1. Gunakan sisir bergigi jarang

Hati-hati, salah memilih jenis sisir dapat memengaruhi kualitas kulit kepala dan rambut anak. Pilihlah sisir bergigi jarang dan memiliki ujung yang lembut untuk menghindari luka pada kulit kepala si kecil.

  1. Potong atau cukur

Memotong atau mencukur rambut bayi yang baru lahir diduga akan membantu siklus alami pertumbuhan rambut. Hal ini biasanya dilakukan saat bayi berusia 30–40 hari.

Mencukur rambut bayi yang baru lahir juga berguna untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran sisa proses melahirkan.

 

1 dari 2 halaman

Bahan alami untuk rambut sehat si Kecil

Selain melakukan cara-cara di atas, Anda juga dapat menggunakan cara tradisional. Misalnya dengan meramu berbagai bahan alami untuk merawat rambut si Kecil.

Berikut ini adalah bahan-bahan tradisional yang aman bagi si Kecil:

  1. Lidah buaya (Aloe vera)

Tidak asing lagi bahwa lidah buaya baik digunakan untuk perawatan rambut. Lidah buaya diketahui memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan rambut. Salah satunya membuat rambut menjadi lebih hitam dan lebat.

Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambut si kecil. Diamkan selama beberapa menit atau tunggu hingga mengering. Terakhir, bilaslah dengan bersih menggunakan air yang mengalir.

  1. Kemiri

Sejak dahulu kemiri dipercaya dapat membuat rambut lebih hitam dan lebat. Siapkan beberapa butir kemiri, sangrai (digoreng tanpa minyak) hingga minyak alami kemiri keluar. Usapkan minyak kemiri pada kepala si Kecil secara merata.

Lakukan pijatan ringan dan diamkan selama beberapa menit agar minyak kemiri meresap. Bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

  1. Seledri

Seledri dipercaya dapat membuat rambut menjadi tumbuh lebih subur. Untuk membuat ramuan perawatan rambut dari seledri, haluskan seledri terlebih dahulu dengan cara ditumbuk atau diblender.

Oleskan pada kulit kepala si Kecil. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilaslah dengan air hingga bersih.

Memiliki rambut sehat, hitam, dan lebat, tentu akan membuat si Kecil terlihat lebih menggemaskan. Lakukan berbagai tips di atas agar rambut anak senantiasa sehat. Rambut yang sehat sudah pasti akan membuat momen bermainnya lebih nyaman tanpa harus terganggu dengan rambut yang gatal.

[NP/ RH]

1 Komentar

  • movie21terbaru

    mau nonton film-film terupdate ?? ayoooo , gk perlu ke bioskop , anda bisa streaming lewat handphone , bisa nonton dimana aja (asalkan ada jaringan internetnya ya gan ) . kunjungi situs kami di http://www.movie21terbaru.com/ selamat menikmati