Sukses

Cara Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Ingin agar rambut anak sehat dan tumbuh dengan lebat? Ini cara menjaga kesehatan rambut anak yang bisa Anda praktikan sendiri di rumah.

Sebagian besar orang tua berlomba-lomba untuk memiliki anak dengan kondisi rambut yang sehat, hitam, dan lebat. Berbagai macam cara rela dilakukan, mulai dari mengandalkan bahan alami untuk rambut sehat, hingga melakukan berbagai macam ‘terapi’ alami.

Salah satu ‘terapi’ yang mungkin sudah tidak asing dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah dengan rutin mencukur rambut anak. Ya, tindakan tersebut telah dilakukan secara turun-temurun dan diyakini dapat membuat rambut anak tumbuh sehat, hitam, dan lebat.

Sayangnya, medis bertolak belakang dengan keyakinan tersebut. Fakta yang sebenarnya mengatakan bahwa mencukur rambut anak secara rutin belum terbukti dapat mewujudkan terciptanya rambut yang sehat, hitam, dan lebat.

Lantas, harus bagaimana? Cara apa yang bisa dilakukan agar rambut anak sehat?

Artikel Lainnya: Rambut Anak Sering Rontok, Pertanda Apa?

1 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Perlu diketahui bahwa lebat atau tidaknya rambut seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Meski demikian, bukan berarti tak ada upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut.

Bagi Anda yang ingin memiliki anak dengan kondisi rambut yang sehat, hitam, dan lebat, berikut ini beberapa cara yang perlu dilakukan:

  1. Penuhi Asupan Gizi si Kecil Setiap Hari

Makanan memegang peranan penting dalam tumbuh kembang si Kecil, termasuk dalam hal kesehatan rambut miliknya.

Oleh sebab itu, jika ingin memiliki anak dengan kondisi rambut yang sehat, hitam dan lebat, Anda wajib memastikan makanan yang dikonsumsi si Kecil mengandung gizi seimbang.

Orang tua harus memastikan makanan yang dikonsumsi si Kecil mengandung nutrisi, seperti protein, asam lemak omega-3, zat besi, dan vitamin.

  1. Cuci Rambut 2 Kali dalam Seminggu

Cucilah rambut si Kecil setidaknya sebanyak 2–3 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk memberi jeda hari saat mencuci rambut.

Hindari mencuci rambut si Kecil setiap hari, karena justru akan menghambat pembentukan minyak alami di rambutnya. Jika hal ini terjadi, bisa saja kesehatan rambut anak yang jadi taruhannya.

  1. Gunakan Produk Sampo yang Sesuai

Gunakan produk sampo khusus bayi atau anak. Produk-produk yang seperti ini biasanya sudah ditambahkan sejumlah zat yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kesehatan rambut anak.

Jangan lupa untuk tetap memerhatikan cara penggunaan yang biasanya tertera di label kemasan produk terkait.

  1. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Hati-hati, salah memilih jenis sisir dapat memengaruhi kualitas kulit kepala dan rambut anak.

Pilihlah sisir bergigi jarang dan memiliki ujung yang lembut, untuk menghindari luka pada kulit kepala si Kecil.

  1. Cukur Rambut Berkala

Meski belum terbukti secara medis, Anda tetap dianjurkan untuk mencukur rambut si Kecil secara berkala.

Cukur rambut biasanya dilakukan saat bayi berusia 30–40 hari. Mencukur rambut pada bayi yang baru lahir juga berguna untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran sisa proses melahirkan.

  1. Gunakan Handuk yang Lembut

Gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan rambut bayi sehabis mandi. Penggunaan handuk yang kasar dapat merusak folikel, membuat rambut patah, serta rontok lebih banyak.

  1. Gunakan Minyak Rambut Khusus Bayi

Penggunaan minyak rambut khusus bayi mampu meningkatkan sirkulasi darah di area kepala, yang akan membantu pertumbuhan rambut. Berikan dengan pijatan lembut, agar nutrisi yang ada di dalam minyak tersebut dapat terserap sempurna ke dalam kulit kepala bayi.

Selain dengan cara-cara di atas, Anda juga dapat mengandalkan bahan-bahan alami untuk membantu menjaga kesehatan rambut anak sejak dini.

Artikel Lainnya: 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut si Kecil

2 dari 3 halaman

Bahan Alami untuk Rambut Sehat si Kecil

Berikut ini adalah beberapa bahan alami untuk rambut sehat, yang bisa Anda aplikasikan pada si Kecil:

  • Lidah Buaya (Aloe vera)

Tumbuhan yang punya nama lain aloe vera ini diketahui memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan rambut. Salah satunya adalah membuat rambut menjadi lebih hitam dan lebat.

Cara penggunaannya, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambut si Kecil. Diamkan selama beberapa menit atau tunggu hingga mengering. Setelah itu, bilas hingga bersih menggunakan air yang mengalir.

  • Kemiri

Sejak dahulu kemiri dipercaya dapat membuat rambut lebih hitam dan lebat. Karena itu, bumbu dapur ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mewujudkan kesehatan rambut pada anak.

Caranya, sangrai (digoreng tanpa minyak) beberapa butir kemiri hingga tampak berminyak. Usapkan minyak yang keluar dari kemiri tersebut di kulit kepala si Kecil secara merata.

Lakukan pijatan ringan dan diamkan selama beberapa menit agar minyak kemiri meresap. Setelah tampak kering, bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

  • Seledri

Seledri dipercaya dapat membuat rambut anak tumbuh lebih subur. Untuk membuat ramuan perawatan rambut dari sayuran hijau ini, Anda perlu menghaluskannya terlebih dahulu dengan cara ditumbuk atau diblender.

Setelah itu, oleskan kemiri yang telah ditumbuk atau blender tersebut di kulit kepala si Kecil. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air mengalir hingga bersih.

  • Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun

Minyak kelapa dan minyak zaitun dapat digunakan untuk menyuburkan serta melembapkan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, tuangkan sedikit minyak ke telapak tangan Anda. Kemudian, oleskan minyak tersebut ke rambut anak secara merata. Berikan pijatan lembut saat mengolesnya, agar proses penyerapan berlangsung optimal. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Jaga kesehatan rambut anak sejak dini, agar ia bisa memiliki rambut yang hitam, lebat, dan indah di kemudian hari. Anda bisa mewujudkan hal ini dengan melakukan tips-tips yang telah disebutkan.

Akan tetapi, jika si Kecil mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mulai menerapkan tips yang telah disampaikan. Anda juga bisa bertanya mengenai kesehatan rambut pada anak secara langsung pada tim dokter dari KlikDokter melalui Live Chat 24 jam gratis.

(NB/RPA)

1 Komentar

  • movie21terbaru

    mau nonton film-film terupdate ?? ayoooo , gk perlu ke bioskop , anda bisa streaming lewat handphone , bisa nonton dimana aja (asalkan ada jaringan internetnya ya gan ) . kunjungi situs kami di http://www.movie21terbaru.com/ selamat menikmati