Sukses

6 Tips Membuat Momen Mandi si Kecil Lebih Seru

Apakah anak sering rewel dan susah diajak mandi? Jangan khawatir, ada beberapa tips untuk membuat momen mandi si Kecil jadi lebih seru.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi orang dewasa, mandi adalah aktivitas yang menyenangkan dan menyegarkan, apalagi setelah seharian beraktivitas di luar rumah dan berkeringat. Namun, beda dengan orang dewasa, mandi sering kali menjadi aktivitas yang tidak disukai anak.

Lantas, bagaimana menghadapi anak yang sulit mandi? Jangan langsung senewen dulu, karena ada berbagai tips yang dapat Anda praktikkan untuk membuat momen mandi si Kecil menjadi lebih seru! Dengan demikian, anak pun akan semangat dan menunggu-nunggu saatnya mandi. Apa saja yang bisa Anda lakukan? Simak tipsnya di bawah ini.

  1. Belajar bagian tubuh

Momen mandi dapat menjadi sesi bermain sekaligus belajar dengan menunjuk bagian tubuh. Tunjuk bagian tubuh si Kecil mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Lakukan aktivitas tersebut dengan tawa dan canda. Jika anak berhasil menyebutkan bagian tubuh dengan benar, jangan lupa berikan tepuk tangan dan pujian agar ia semakin gembira.

  1. Membawa mainan kesayangan

Bawa serta mainan untuk menemaninya mandi, seperti boneka bebek karet yang dapat mengapung di bak rendamnya, boneka yang bisa menampung dan mengeluarkan air jika ditekan, atau mainan lainnya. Saat inilah Anda bisa melatih genggaman anak, melepas pegangan, dan berinteraksi dengan apa yang ada di sekitarnya. Selain itu, kini sudah tersedia buku tahan air yang bisa dibawa ke kamar mandi untuk sesi membaca anak.

  1. Lempar tangkap bola

Anda dapat membawa bola warna-warni atau yang memiliki kerincing saat ia mandi agar Anda bisa main lempar tangkap bola bersama si Kecil.

  1. Perang air

Mainan pistol air bisa menjadi teman mandi anak yang menyenangkan. Isi pistol air dan ciptakan perang air yang seru dan aman dengan si Kecil.

  1. Main Air

Kumpulkan teko dan kontainer kecil dari kotak mainan anak, lalu ajak ia untuk mengisi teko dengan air dan menuangkannya kembali ke kontainer lain. Meskipun hal tersebut terdengar sangat sederhana, anak dapat terhibur saat melakukannya, lho!

  1. Bernyanyi bersama

Bernyanyi adalah kegiatan yang paling sering dilakukan orang ketika mandi. Melanjutkan kebiasaan ‘klasik’ ini, Anda bisa menyemangati si Kecil bernyanyi atau mungkin duet bersamanya. Nyanyikan lagu-lagu favorit anak dengan mimik lucu atau berbagai gaya yang seru.

Selain memikirkan berbagai permainan seru yang dapat memeriahkan momen mandi si Kecil, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan ketika ia mandi atau saat Anda memandikannya.

Pastikan agar air mandi yang digunakan hangat, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Sebelum membawa anak ke kamar mandi, siapkan terlebih dulu pakaian, handuk, popok siap pakai, serta barang dan perlengkapan yang diperlukan anak.

 

1 dari 2 halaman

Pilih sabun yang tepat

Agar momen mandi si Kecil kian lengkap, Anda harus memilih sabun yang tepat untuk anak. Anda dapat menggunakan sabun cair khusus anak yang aman untuk kulit sensitifnya. Anda juga bisa menggunakan sabun cair multifungsi (2 in 1) yang dapat digunakan sebagai sampo yang tidak pedih di mata.

Kenapa sabun cair? Sabun cair diketahui lebih higienis karena tidak bersentuhan langsung dengan tangan pengguna, lebih harum, lebih praktis dan bisa dibawa ke mana-mana, serta sabun cair lebih cepat menyebar ke seluruh bagian tubuh, bahkan hingga ke sela-sela tubuh.

Pastikan sabun cair yang Anda pilih untuk si Kecil terbuat dari bahan yang ringan dan aman digunakan untuk anak, karena kulit anak lebih tipis dan sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Sebisa mungkin, gunakan sabun cair yang tidak mengandung pewarna dan pewangi, karena dua zat tersebut dapat berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit anak. Pilih juga sabun cair yang memiliki pH seimbang dan teruji hypo-allergenic. Jangan sampai kulit anak iritasi akibat pemilihan sabun mandi yang tidak tepat.

Nah, dengan menyiapkan perlengkapan dan peralatan mandi anak dan berbagai kegiatan menyenangkan, tentunya momen mandi si Kecil menjadi lebih seru. Tak hanya kulit si Kecil bersih, sehat, dan terlindungi, tapi waktunya memandikan anak tak lagi bikin para ibu senewen!

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar