Sukses

Tips Meredakan Batuk Berdahak Saat Hamil

Saat ibu hamil terserang batuk berdahak, tentu akan muncul kekhawatiran bila mengonsumsi obat batuk. Bagaimana kiatnya?

Klikdokter.com, Jakarta Saat Anda hamil, sistem kekebalan tubuh akan cenderung berubah. Anda bisa saja mengidap pilek atau batuk berdahak selama masa kehamilan. Selain itu, penyakit yang ada juga dapat bertahan lebih lama. Hal ini disampaikan oleh American Pregnancy Association.

Karena mengonsumsi obat-obatan dikhawatirkan dapat berpengaruh pada kehamilan, maka Anda perlu mencari upaya penyembuhan yang aman dan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap kondisi janin dan kesehatan tubuh.

Penyebab dahak dan cara mengatasinya

Berdasarkan penjelasan dari dr. Dina Kusumawardhani, dahak atau lendir dalam dunia kedokteran disebut mukus, yang merupakan bagian penting dari tubuh, layaknya minyak pada mesin.

Cairan ini diproduksi tak hanya di paru-paru, namun juga mulut, hidung, sinus, dan saluran cerna. Bila menyumbat saluran napas, dahak menyebabkan batuk yang kemudian disebut batuk berdahak.

“Beberapa penyebab kemunculan batuk berdahak sendiri bermacam-macam, mulai dari penyakit ringan seperti infeksi virus common cold, yang lebih berat seperti influenza, sinusitis, alergi seperti asma, hingga penyebab yang lebih serius seperti infeksi paru dan bronkiolitis,” terangnya.

Pada batuk berdahak, menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang pemicu batuk di saluran napas. Oleh sebab itu, pengobatan batuk berdahak umumnya dilakukan dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran.

“Mukolitik berfungsi mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan, sementara ekspektoran bekerja merangsang batuk agar dapat mengeluarkan dahak. Namun, bagi ibu hamil, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat apa pun,” jelas dr. Sepri.

1 dari 2 halaman

Penanganan batuk berdahak pada ibu hamil

Untuk menjaga kehamilan Anda tetap pada kondisi aman, saat terserang batuk berdahak, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi ramuan alami berikut ini:

  1. Madu dan jahe

Berdasarkan dari hasil penelitian, kandungan yang terdapat di dalam jahe dapat mengurangi gejala batuk serta mengeluarkan dahak dan menenangkan pernapasan.

Parutlah atau tumbuk jahe segar dan tambahkan 2 sendok teh madu. Seduh ramuan tersebut dengan air hangat dan minum sebanyak dua kali dalam sehari, pada pagi dan malam hari.

  1. Bawang dan lemon

Anda dapat membuat jus dari campuran bawang merah dan lemon yang dicampur dengan secangkir air mendidih. Diamkan selama 3 menit. Setelah jus dingin, tambahkan satu sendok teh madu, dan minumlah sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Lemon tea

Kandungan asam sitrat dalam buah lemon mampu mengeluarkan dahak. Campurkan air perasan lemon dengan teh hangat tanpa gula. Anda juga bisa membuat jus dari lemon yang diberi tambahan sedikit madu.

  1. Air garam

Sejak dulu, orang percaya bahwa air garam efektif untuk mengatasi masalah mulut. Pada kenyataannya, air garam memang dapat membantu mengeluarkan dahak.

Cukup campurkan 1 sendok makan garam dengan air hangat, gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Arahkan wajah ke atas hingga air garam masuk ke ujung tenggorokan.

  1. Telur ayam kampung

Ternyata, telur juga merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi dahak. Buatlah ramuan yang terdiri dari telur ayam kampung, 2 sendok makan gula pasir, dan seperempat gelas air mendidih, aduk sampai rata. Minum ramuan tersebut selagi hangat setiap 2 kali dalam sehari.

  1. Anggur

Ramuan buah anggur yang dicampur dengan madu juga cukup efektif untuk mengencerkan dahak. Konsumsi ramuan anggur dan madu ini sebanyak 3 kali dalam 1 minggu.

Saat hamil, wajar bila Anda sedikit lebih protektif pada diri sendiri, termasuk saat menangani batuk berdahak. Bagaimanapun, bahan alami tetap menjadi pilihan yang direkomendasikan untuk mengatasi dahak di masa kehamilan. Konsultasikan kondisi Anda pada dokter agar tidak salah langkah dalam mengambil keputusan pengobatan. Baca artikel serupa di sini.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar