Sukses

Sering Batuk Saat Hamil? Ini Tips Mudah Mengatasinya

Batuk saat hamil, namun enggan minum obat karena khawatir berdampak buruk pada janin? Anda bisa mengatasi batuk saat hamil dengan bahan alami berikut ini!

Sistem kekebalan tubuh ibu hamil mengalami penurunan. Kondisi ini bikin ibu hamil punya risiko terkena penyakit lebih tinggi, salah satunya batuk berdahak.

American Pregnancy Association (APA) memaparkan, batuk saat hamil bisa berlangsung lebih lama dan mengganggu keseharian. Oleh sebab itu, pengobatan batuk berdahak saat hamil harus dilakukan sedini mungkin sebelum gejala bertambah parah.

Lantas, bagaimana cara mengatasi batuk saat hamil? Apakah harus minum obat batuk? Tidak juga. Ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat batuk, karena dikhawatirkan dapat memengaruhi kondisi janin dalam kandungan. 

Akan lebih baik jika batuk saat hamil diatasi menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:

1 dari 5 halaman

1. Madu dan Jahe

Kandungan yang terdapat dalam jahe dapat mengurangi gejala batuk saat hamil, serta mengeluarkan dahak dan menenangkan saluran pernapasan.

Parut atau tumbuk jahe segar dan tambahkan 2 sendok teh madu. Seduh ramuan tersebut dengan air hangat dan minum sebanyak 2 kali dalam sehari, pada pagi dan malam hari.

2. Bawang dan Lemon

Cara mengatasi batuk pada ibu hamil yang berikutnya adalah dengan membuat jus dari campuran bawang merah dan lemon.

Campurkan kedua bahan tersebut dengan secangkir air mendidih. Diamkan selama 3 menit. Setelah dingin, tambahkan satu sendok teh madu, dan minumlah sebanyak 3 kali dalam sehari.

Artikel Lainnya: Keluhan Saat Ibu Hamil Tua dan Cara Mengatasinya

2 dari 5 halaman

3. Teh Lemon

Kandungan asam sitrat dalam buah lemon mampu mengeluarkan dahak dan membantu meredakan batuk saat hamil. 

Campurkan air perasan lemon dengan teh hangat tanpa gula. Anda juga bisa membuat jus dari lemon yang diberi tambahan sedikit madu.

4. Air Garam

Sejak dulu, orang percaya bahwa air garam efektif untuk mengatasi masalah mulut, termasuk batuk saat hamil. Pada kenyataannya, air garam memang dapat membantu mengeluarkan dahak.

Cukup campurkan 1 sendok makan garam dengan air hangat, gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Arahkan wajah ke atas hingga air garam masuk ke ujung tenggorokan.

Artikel Lainnya: Batuk Saat Hamil, Apa Dampaknya bagi Janin?

3 dari 5 halaman

5. Telur Ayam Kampung

Telur juga merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengeluarkan dahak yang mengganggu pada ibu hamil. 

Buatlah ramuan yang terdiri dari telur ayam kampung, 2 sendok makan gula pasir, dan seperempat gelas air mendidih. Aduk sampai rata, dan konsumsi ramuan tersebut selagi hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

6. Anggur

Ramuan buah anggur yang dicampur dengan madu juga cukup efektif untuk mengencerkan dahak pada kasus batuk saat hamil. 

Anda dapat mengonsumsi ramuan anggur dan madu sebanyak 3 kali dalam 1 minggu.

4 dari 5 halaman

7. Bawang Putih

Selain mengandung antioksidan, bawang putih juga memiliki khasiat antibakteri dan antivirus. Kombinasi manfaat tersebut dapat membantu meredakan batuk saat hamil. 

Bawang putih dapat dihancurkan terlebih dahulu sebelum ditumis dan dikonsumsi. Perhatikan porsi agar tidak berlebihan.

8. Air Putih

Hal terakhir yang penting yang tidak boleh dilupakan untuk dapat mengatasi batuk saat hamil adalah mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. 

Air putih baik dikonsumsi sebanyak 2 liter per hari untuk mencegah dehidrasi dan mempercepat pemulihan batuk saat hamil.

Bahan alami tetap menjadi pilihan yang direkomendasikan untuk mengatasi batuk berdahak di masa kehamilan. Segera berobat ke dokter jika keluhan tidak kunjung membaik dalam beberapa hari.

Anda juga bisa mendapatkan saran-saran lebih lanjut dari dokter mengenai cara mengatasi batuk saat hamil dengan berkonsultasi melalui LiveChat 24 jam. Unduh juga aplikasi KlikDokter agar tidak ketinggalan fakta medis lainnya.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar