HomeInfo SehatJantungPenderita Hipertensi Bolehkah Tetap Minum Kopi?
Jantung

Penderita Hipertensi Bolehkah Tetap Minum Kopi?

dr. Theresia Rina Yunita, 27 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kopi merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Namun, apakah penderita darah tinggi atau hipertensi masih boleh menikmati kopi?

Penderita Hipertensi Bolehkah Tetap Minum Kopi?

Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. 

Sayangnya, kebanyakan masyarakat kini gemar mengonsumsi kopi yang bukan kopi murni. Biasanya minuman ini ditambahkan gula, creamer, serta susu. 

Bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu, misalnya diabetes, konsumsi kopi yang mengandung gula tinggi dan creamer tidak disarankan. 

Lalu, bagaimana dengan kondisi hipertensi atau darah tinggi? Apakah penderita darah tinggi boleh minum kopi? Dan benarkah kopi menyebabkan darah tinggi? Berikut penjelasan lengkapnya. 

Kaitan Antara Kopi dan Hipertensi

Ada beberapa penelitian yang telah membuktikan bahwa kafein dalam kopi dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah sesaat setelah meminumnya. 

Kafein sendiri diyakini dapat merangsang kelenjar adrenal untuk melepaskan adrenalin lebih banyak. Hal ini bisa meningkatkan tekanan darah. 

Selain itu, kafein juga membuat diameter pembuluh darah mengecil sehingga turut berkontribusi terhadap naiknya tekanan darah.

Orang yang teratur mengonsumsi minuman yang mengandung kafein terbukti memiliki tekanan darah lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang tidak minum minuman berkafein sama sekali.

Artikel lainnya: Lakukan Hal Ini untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Namun, pada penemuan selanjutnya didapat bahwa kafein tidak memberikan efek jangka panjang terhadap tekanan darah pada orang yang minum minuman berkafein secara rutin.

Hal ini diduga karena lama-kelamaan tubuh mereka bisa beradaptasi pada kafein. Jadi, bisa dibilang kondisi tersebut menunjukkan bahwa efek peningkatan tekanan darah karena kafein hanya terjadi sementara.

Ada juga penelitian lain yang dilakukan untuk mengetahui efek dari konsumsi kopi terhadap penggunaan obat antihipertensi. Peneliti menggunakan obat antihipertensi golongan calcium blocker

Hasilnya, kelompok yang minum kopi disertai konsumsi obat antihipertensi mengalami tekanan darah yang lebih tinggi dibandingkan kelompok yang hanya mengonsumsi obat antihipertensi. 

Dari sini, diketahui bahwa kopi dapat menghambat kerja dari obat hipertensi tersebut.

Hingga kini, memang belum ada penelitian yang lebih jelas mengenai seberapa jauh efek kafein pada peningkatan tekanan darah. Lalu, bagaimana jika penderita darah tinggi ingin minum kopi? Bolehkah?

Artikel lainnya: Hipertensi Sebabkan Darah Kental, Benarkah?

Bolehkah Penderita Hipertensi Tetap Minum Kopi?

Jika Anda diketahui memiliki tekanan darah tinggi, sebenarnya Anda tetap diperbolehkan minum kopi. 

Tapi pastikan jumlahnya tidak melebihi rekomendasi, yaitu tidak lebih dari 200 mg per hari atau setara dengan satu cangkir kopi.

Selain itu, pastikan kopi yang Anda minum tidak banyak mengandung gula, creamer, ataupun susu karena akan meningkatkan risiko kenaikan tekanan darah serta penyakit lain seperti diabetes dan obesitas

Oleh karena itu, alangkah baiknya bila Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai tekanan darah Anda sebelum konsumsi kopi. 

Bisa jadi tekanan darah Anda yang begitu tinggi menjadi sinyal bahwa Anda benar-benar tidak boleh konsumsi minuman yang mengandung kafein sama sekali, termasuk kopi.

Artikel lainnya: Tanda-Tanda Anda Punya Bakat Hipertensi

Tips Konsumsi Kopi bagi Penderita Darah Tinggi

Untuk Anda yang memiliki hipertensi, ikuti tips berikut jika tetap ingin minum kopi:

  • Pilihlah kopi yang mengandung kafein yang rendah, seperti kopi decaf.
  • Pilihlah kopi murni (kopi hitam) tanpa terlalu banyak tambahan gula, creamer, ataupun susu.
  • Batasi konsumsi kopi, yaitu cukup satu cangkir per hari.
  • Jika mengalami keluhan seperti berdebar-debar, pusing, sakit kepala, atau lainnya, sebaiknya kurangi konsumsi kopi dan memeriksakan diri ke dokter. 
  • Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai tekanan darah Anda sebelum konsumsi kopi, dan apakah diperbolehkan untuk minum kopi. 
  • Tetap konsumsi obat penurun tekanan darah secara rutin sesuai anjuran dokter. 

Ketahuilah bahwa hipertensi yang tidak ditangani dengan baik dapat berujung pada berbagai komplikasi, seperti penyakit jantung, stroke, hingga kematian. 

Untuk mengontrol tekanan darah bagi penderita hipertensi, menjaga asupan sehari-hari memang memiliki peran penting, seperti konsumsi makanan rendah garam.

Itulah penjelasan mengenai boleh atau tidaknya penderita darah tinggi minum kopi. Anda masih dapat menikmati secangkir kopi, asalkan tidak berlebihan dan tidak menambahkan gula dan creamer ke dalamnya. 

Perlu Anda ketahui juga bahwa efek kafein pada tekanan darah dapat berbeda-beda pada setiap orang, bergantung pada sensitivitas tubuh masing-masing.

Baca artikel kesehatan lainnya hanya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

kopiHipertensi

Konsultasi Dokter Terkait