Diet dan Nutrisi

Alami Kelelahan seperti SBY? Makanan Ini Solusinya

Rieke Saras, 21 Jul 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Untuk kamu yang sering kelelahan seperti SBY, mungkin makanan ini bisa membantu mengatasinya.

Alami Kelelahan seperti SBY? Makanan Ini Solusinya

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto pada hari Selasa (17/07) lalu. Penyebabnya adalah kelelahan karena padatnya aktivitas, dari reuni SMA hingga nonton final Piala Dunia. Setelah dirawat selama tiga hari, presiden RI keenam tersebut diperbolehkan pulang.

Kamu pasti pernah mengalami kelelahan yang dialami oleh SBY. Terlalu ngoyo dalam menjalani aktivitas atau kurang istirahat di sela-sela kesibukan, pada akhirnya membuatmu tumbang. Jika sedang tak beruntung, kamu bisa saja harus masuk rumah sakit seperti SBY.

Sekilas memang menyebalkan, terkapar di kasur selagi banyak pekerjaan yang mesti diselesaikan. Tapi bersyukur saja. Ini merupakan cara tubuh untuk menyentil kamu agar tahu batas dan tidak terkena gangguan kesehatan yang mungkin bisa lebih parah.

Penyebab Kelelahan

Kelelahan, atau disebut juga fatigue, adalah kondisi yang membuat kamu capek atau kehilangan energi. Berbeda dengan mengantuk, saat kelelahan kamu tidak memiliki motivasi, tenaga, dan konsentrasi untuk melakukan apa pun.

Penyebab kelelahan dapat dibagi menjadi tiga kategori umum: faktor gaya hidup (kurang berolahraga, pola makan yang buruk), kondisi kesehatan (anemia, artritis, flu), dan gangguan kesehatan mental (kecemasan, depresi, dan lain-lain).

Jika kelelahan tidak juga berlalu dengan istirahat dan pemenuhan nutrisi, atau kamu mencurigainya sebagai gangguan kesehatan lain, periksakan diri ke dokter. Begitu pula bila kamu tidak menemukan pemicu pastinya, mengalami penurunan berat badan tanpa sebab, dan sulit tidur.

 

Siasati dengan Gaya Hidup Sehat

Perubahan gaya hidup dapat membantu meringankan kelelahan. Apalagi kebanyakan kasus kelelahan dipicu oleh kebiasaan buruk. Untuk membantu meningkatkan energi dan kesehatan secara keseluruhan, salah satunya bisa dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Dilansir Healthline, berikut enam makanan yang dapat membantu memerangi kelelahan:

Makanan yang tidak diolah (unprocessed food)

Unprocessed food didefinisikan sebagai makanan yang tidak mengalami proses pengolahan terlalu banyak. Sayur dan buah adalah contoh sempurna dari unprocessed food. Sedangkan kue, permen, gula, dan soda adalah bentuk dari makanan olahan (processed food) yang biasanya banyak pengawet yang dapat memicu kelelahan.

Minuman non-kafein

Meski minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat membuat kamu merasa lebih ‘bangun’, sebenarnya tidak berguna untuk membangun energi. Jika kamu tetap ingin kopi, lebih baik pilih kopi hitam tanpa gula. Hindari soda dan energy drink karena biasanya mengandung tinggi gula dan zat-zat artifisial.

Protein rendah lemak

Secara umum, daging merah (sapi, babi, dan domba) memiliki lebih banyak lemak jenuh daripada ayam dan ikan. Pola makan yang tinggi lemak jenuh dapat melemahkan energi, selain menaikkan kadar kolesterol dan memperburuk penyakit jantung.

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari biji-bijian utuh, buah tinggi serat (apel, beri, dan pisang), dan sayuran tinggi serat (sayuran berdaun hijau, wortel). Hindari konsumsi karbohidrat sederhana seperti soda, cookies kemasan, dan jus.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan terbaik untuk menangani kelelahan dan membunuh lapar. Pilih kacang-kacangan yang sehat seperti almon, cashew, hazelnut, dan walnut.

Minum air juga penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh, termasuk mencegah kelelahan seperti yang dialami SBY. Cukupilah kebutuhan cairan kamu sesuai dengan kebutuhan. Konsumsi vitamin dan suplemen dapat dipertimbangkan jika kamu merasa tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan.

(RH)

kelelahanSBYSusilo Bambang YudhoyonoBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait