Sukses

Infeksi Jamur di Kaki, Cegah dengan Cara Ini

Siapa, sih, yang mau terkena infeksi jamur di kaki?! Untuk menghindarinya, cegah dengan cara-cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Infeksi jamur di kaki terjadi saat bakteri dan kuman penyebab kondisi tersebut hinggap di kaki Anda. Menyembuhkannya secara tuntas pun tidak mudah. Kondisi ini bisa terjadi karena banyak penyebab, salah satunya keadaan sepatu yang lembap hingga alas kaki yang kotor.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, kondisi sepatu kerap disebut sebagai penyebab utama infeksi jamur di kaki. Memakai sepatu yang sama setiap hari, terlebih sepatu yang digunakan berbentuk tertutup sepenuhnya, dapat menciptakan lingkungan kaki yang lembap. Lingkungan kaki yang lembap ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi jamur. Apalagi jika sepatu yang Anda gunakan terbuat dari bahan plastik atau tidak menggunakan kaus kaki saat memakai sepatu.

Akibat infeksi jamur pada kaki

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal “Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology”, terdapat peningkatan risiko infeksi jamur di kaki pada para pekerja kebun yang memakai sepatu bot.

Disebutkan bahwa infeksi jamur di kaki disebabkan oleh organisme dermatofita. Organisme ini mengonsumsi keratin, yaitu protein yang terdapat pada kuku dan rambut, sebagai sumber makanannya.

Infeksi jamur di kaki dapat menyebabkan perubahan warna pada kuku kaki, penebalan kuku, kuku membelah, kulit bersisik, dan kaki berbau tak sedap. Selain itu, infeksi jamur di kaki juga dapat menyebabkan iritasi dan timbulnya rasa nyeri,” kata dr. Nadia.

Penanganan infeksi jamur di kaki sering kali sulit. Pasalnya, jamur yang menginfeksi kaki sering resisten atau tidak merespons terhadap terapi yang dilakukan. Akibatnya, penanganannya membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. Oleh karena itu, mencegah terjadinya infeksi jamur di kaki sangat penting karena jika infeksi sudah mengenai kuku, penanganannya akan menjadi lebih sulit.

1 dari 2 halaman

Tips mencegah infeksi jamur di kaki

Setiap hari Anda beraktivitas dengan memakai sepatu, oleh karena itu kebersihan kaki harus sangat diperhatikan. Lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mencegah infeksi jamur di kaki.

  • Gunakan sepatu ataupun sandal yang nyaman digunakan. Usahakan untuk menggunakan kaus kaki jika menggunakan sepatu yang tertutup rapat, yang dapat menyerap keringat dengan efektif sehingga kaki Anda tidak lembap.
  • Gunakan kaus kaki berbahan katun yang tipis sehingga dapat menyerap keringat lebih efektif.
  • Jangan memakai sepatu yang sama setiap hari. Berikan waktu untuk sepatu Anda istirahat. Jemur sepatu di bawah sinar matahari hingga kering menyeluruh.
  • Saat mandi, bersihkan kaki Anda hingga ke sela jari kaki menggunakan sabun dan air yang mengalir. Setelah mandi, keringkan bagian kaki hingga sela jari kaki Anda hingga benar-benar kering.
  • Jangan menggunakan kaus kaki atau sepatu yang tertutup saat kaki masih dalam keadaan basah atau lembap.
  • Bila kaki banyak mengeluarkan keringat, gantilah kaus kaki Anda lebih sering.
  • Usahakan untuk selalu mencuci kaus kaki yang Anda gunakan setiap hari atau bila hendak digunakan kembali. Jemurlah kaus kaki yang Anda cuci di bawah sinar matahari agar kaus kaki berada dalam kondisi kering dan tidak lembap ketika akan digunakan.
  • Jangan meminjam kaus kaki ataupun sepatu milik orang lain. Ini penting untuk menghindari kemungkinan tertularnya infeksi jamur.

Jika Anda mengalami infeksi jamur di kaki atau kelainan lain di kulit, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Hal ini penting untuk menghindari penanganan yang salah dan mengakibatkan efek samping yang lebih parah pada kulit.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar