Sukses

Tak Ingin Asam Lambung Naik? Hindari Makanan dan Minuman Ini!

Asam lambung naik bisa terjadi akibat makanan dan minuman tertentu. Agar lebih aman, hindari konsumsi berbagai menu berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Saat asam lambung naik, tentunya badan akan terasa lemas, sehingga dapat mengganggu aktivitas yang tengah dilakukan. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi dapat menyebabkan kematian.

Banyak sekali makanan dan minuman yang dapat memperparah asam lambung. Naiknya asam lambung bisa menyebabkan lemahnya katup yang memisahkan kerongkongan dari lambung. Hal ini diperparah jika Anda mengonsumsi beberapa menu tertentu yang dapat menyebabkan lambung memproduksi asam lambung dalam jumlah berlebih.

“Beberapa makanan dapat menyebabkan lambung memproduksi terlalu banyak asam lambung. Kondisi ini membuat asam lambung yang berlebih kembali naik ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn, sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan,” kata dr. Mega Putri dari KlikDokter.

Bagi Anda yang kerap mengalami asam lambung naik, berhati-hatilah dalam memilih makanan dan minuman. Anda disarankan untuk menghindari berbagai asupan berikut ini:

1. Tomat

Tomat memiliki kandungan sitrat dan asam malat. Tomat dan produk lain yang mengandung tomat, seperti saus, sup, jus, dan lainnya dapat membuat lambung menghasilkan terlalu banyak zat asam.

Ketika volumenya terlalu tinggi, maka asam lambung dapat dipaksa mengalir ke esophagus (kerongkongan). Walau dimasak, tomat tetap tidak akan mengurangi keasamannya dan mencegah refluks asam tersebut terjadi.

2. Jeruk

Membatasi asupan asam dapat meredakan gejala refluks asam seperti batuk dan suara serak. Menghindari konsumsi buah jeruk adalah salah satu cara yang bisa Anda coba untuk menghindari asam lambung naik.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Minuman berkarbonasi

Konsumsi minuman berkarbonasi dapat meningkatkan tekanan pada lambung akibat gas yang dilepaskan oleh minuman tersebut. Pada dasarnya, gelembung gas akan mendorong lambung, sehingga lambung mengalami peregangan, dan memaksa sfingter esophagus (cincin serat otot pada saluran) untuk terbuka. Sehingga, gas dan soda tersebut dapat memicu terjadinya gejala refluks asam.

4. Alkohol

Konsumsi alkohol dapat membuat Lower Esophageal Spinchter (LES) menjadi rileks. Keadaan ini memungkinkan asam lambung untuk terdorong ke atas dan naik ke kerongkongan hingga menyebabkan gejala heartburn.

5. Makanan pedas

Makanan pedas dapat meningkatkan gejala refluks asam. Jadi, bila Anda memiliki penyakit mag, sebaiknya hindari makanan yang pedas.

6. Makanan berlemak

Lemak menghabiskan lebih banyak waktu di dalam lambung karena dicerna secara perlahan. Kondisi ini memberikan kesempatan asam lambung untuk naik ke kerongkongan.

Selain itu, makanan yang tinggi lemak juga rendah akan nutrisi sehingga bisa memicu kenaikan berat badan. Obesitas dapat menyebabkan disfungsi esophagus yang akan berhubungan dengan refluks asam.

Sesaat sebelum tidur, sebaiknya hindari konsumsi makanan berlemak, karena dapat menyebabkan sendawa hingga heartburn.

7. Minuman mengandung kafein

Konsumsi minuman berkafein dapat mengganggu fungsi dari sistem pencernaan, dan menyebabkan peningkatan produksi asam lambung yang dapat menyebabkan sakit mag dan refluks asam atau heartburn.

2 dari 3 halaman

Mengatasi asam lambung naik

Kebalikannya dengan makanan dan minuman di atas, menu berikut ini justru mampu menyelamatkan Anda dari permasalahan asam lambung:

1. Kentang

Menyantap bubur kentang atau jus kentang yang bersifat basa di pagi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain.

2. Pisang

Kalium yang dikandung dalam pisang bermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang, sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.

3. Brokoli

Merupakan sumber kalium dan sulfur yang baik. Sulfur tersebut mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung.

Brokoli juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh. Makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih.

4. Bubur ayam

Bagi penderita sakit mag akut, bubur ayam sangat berguna untuk mencegah dan meringankan rasa sakit akibat asam lambung naik. Hindari sate jeroan yang sulit dicerna, namun Anda masih boleh menambahkan telur rebus, kecap dan sedikit kerupuk.

5. Lidah buaya

Bermanfaat meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka, kandungan saponin pada lidah buaya mempunyai kemampuan antiseptic. Sedangkan kandungan mukopolisakaridanya juga berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.

6. Kol

Menurut Dr. Michael T. Murray, ahli naturopati dari Bellevue Washington, kol mengandung asam amino glutamin yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu melindungi lapisan perut, dan mengobati luka pada saluran pencernaan, termasuk asam lambung.

Bagi Anda yang aktif dengan berbagai aktivitas, asam lambung naik bisa sangat mengganggu. Jika tidak ingin mengalaminya, hindari berbagai makanan dan minuman pemicu asam lambung di atas. Bila kondisi lambung tak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar