Sukses

Tips Mudah untuk Lebih Bahagia dan Produktif di Kantor

Produktivitas adalah kunci keberhasilan di tempat kerja. Berikut ini adalah trik agar lebih bahagia dan produktif di kantor.

Klikdokter.com, Jakarta Ada kalanya pekerjaan di kantor atau tumpukan tugas dari bos dirasa terlalu membebani. Jika tidak pintar menyiasatinya, kondisi ini bisa membuat Anda jadi stres, tidak produktif dan tidak bahagia. Padahal, bagi para pekerja kantoran, kantor seakan menjadi rumah kedua. Oleh karena itu, menjadi lebih bahagia dan terus produktif di kantor adalah hal penting. Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk mencapainya?

Dilansir dari TIME, baru-baru ini sebuah penelitian dari Universitas Illinois, Amerika Serikat (AS), menemukan fakta bahwa mengambil jeda untuk bersantai dan bersosialisasi dapat meningkatkan pengaruh positif karyawan. Meski terkesan sepele, tapi pada dasarnya hal-hal seperti ini mampu meningkatkan performa kerja di kantor.

"Istirahat singkat memang tidak secara langsung menguntungkan kinerja seseorang, tetapi hal ini penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan emosi positif dari para karyawan,” kata Young Ah Park, salah satu peneliti dari Universitas Illinois.

Park bersama timnya meneliti kaitan antara istirahat singkat saat bekerja di kantor dan pengaruhnya pada kadar stres. Pada satu titik, hal sesederhana ini dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan dan menghindari berbagai konflik negatif di kantor.

Fakta tentang istirahat singkat di kantor

Menurut Young, istirahat singkat dapat diambil kapan saja. Istirahat ini bisa dilakukan di luar jam makan siang atau waktu istirahat lain yang sudah ditentukan oleh peraturan kantor. Meski demikian, Young enggan mengatakan berapa lama istirahat singkat yang optimal atau seberapa sering itu harus dilakukan karena penelitian tersebut tidak mengukur faktor-faktor ini. Namun, Young mengatakan bahwa kebanyakan karyawan tahu ketika mereka lelah atau merasa kewalahan dengan beban kerja.

Penelitian ini memperlihatkan bahwa mengambil istirahat sejenak untuk mengobrol dengan rekan kerja atau mendengarkan musik akan memberikan efek positif. Kondisi ini akan mengarah pada hasil yang lebih baik dalam manajemen stres, suasana hati, dan kinerja dibanding tetap berkutat pada beban kerja.

Ada juga penelitian lain tahun 2016 dari Universitas Baylor, AS, yang menemukan bahwa istirahat selama hari kerja mengarah pada peningkatan energi, konsentrasi, motivasi kerja, dan tingkat kepuasan yang lebih tinggi.

Orang-orang yang sering melakukan istirahat singkat juga mengalami lebih sedikit sakit kepala, ketegangan mata berkurang, serta lebih jarang mengalami nyeri punggung. Namun satu hal yang perlu dicatat, istirahat terlalu sering atau tidak tepat waktu juga merugikan kinerja karyawan. Pasalnya, ada beberapa tugas yang membutuhkan fokus mendalam dan berkelanjutan. Oleh karenanya, jika istirahat singkat terlalu sering dilakukan, maka dapat menyebabkan penurunan produktivitas hingga 50 persen.

Intinya, istirahat singkat memang dibutuhkan, tapi harus dilakukan dengan bijak. Waktu yang dialokasikan juga harus seimbang sehingga tidak justru mengorbankan konsentrasi dan produktivitas.

1 dari 2 halaman

Berbagai cara agar Anda merasa bahagia di kantor

Jika Anda sedang di kantor, coba lihat rekan kerja di sekeliling Anda atau berkaca dengan diri sendiri. Apakah sering merasa mengantuk? Lemas? Jika ya, siapa tahu ini akibat Anda kurang bergerak.

Sebuah penelitian dari Universitas Bristol, Inggris, menelaah manfaat olahraga di kantor. Para peneliti membandingkan pekerja yang rutin berolahraga dengan pekerja yang tidak melakukannya. Hasilnya, pekerja yang melakukan aktivitas fisik secara rutin cenderung lebih produktif, melakukan kerja secara efisien, dan bahagia.

“Adanya kegiatan olahraga di kantor dinilai membantu para pekerja untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan memecahkan masalah. Mereka juga terlihat lebih tenang,” ujar dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc dari KlikDokter, membenarkan.

Trik mudah bikin Anda lebih bahagia dan produktif di kantor lainnya adalah istirahat yang cukup pada malam sebelumnya, makan teratur dengan gizi seimbang, banyak minum air putih, dan kelola stres dengan baik. Sebetulnya merasa bahagia di kantor bukan hanya tanggung jawab Anda sepenuhnya karena perusahaan terkait juga harus ikut berkontribusi. Namun, tak ada salahnya melakukan berbagai trik yang disebutkan di atas agar Anda lebih bahagia dan produktif di kantor.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar