Sukses

Shakira Aurum Anak Denada Terkena Leukemia

Shakira Aurum, anak artis Denada Tambunan, sudah satu bulan lebih dirawat di rumah sakit akibat terkena leukemia atau kanker darah.

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa waktu belakangan ini nama artis dan penyanyi Denada Tambunan sedikit tidak terdengar. Ternyata, mantan istri fotograger Jerry Aurum ini tengah fokus menemani putri kesayangannya Shakira Aurum. Anak Denana tersebut sudah 1,5 bulan ini menjalani perawatan di Singapura karena terdeteksi mengidap kanker darah atau leukemia.

Hingga kini, Denada masih belum dapat dihubungi. Namun, produser sekaligus rekannya, Risna Ories, sempat mengunggah postingan foto Denada yang sedang menemani Shakira di rumah sakit.

Mengenai gejala awal yang dialami Shakira hingga terdeteksi kanker darah, Risna pun menjelaskan hal yang sempat diceritakan oleh Denada.

“Waktu ngobrol sama aku, Dena pernah cerita Shakira badannya lebam-lebam di beberapa bagian dan demam tinggi. Setelah dibawa ke rumah sakit di Jakarta, nggak lama Dena langsung memutuskan membawa Shakira ke Singapore,” terang Risna, dilansir dari Liputan6.com.

Diawali lebam dan demam tinggi

Berdasarkan data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, angka kasus leukemia pada anak di Rumah Sakit Dharmais semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2010 saja terdapat 31 kasus kanker darah pada anak. Dua tahun kemudian, kasus serupa meningkat menjadi 42 kasus. Kemudian, pada 2013 naik menjadi 55 kasus baru kanker darah yang terjadi pada anak.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, seseorang yang terdeteksi menderita kanker darah akan mengalami kelainan sistem kekebalan tubuh. Pada kondisi tersebut sistem kekebalan tubuh tidak berkembang karena adanya kelainan sel.

“Kanker darah atau leukemia ini memang cukup banyak terjadi pada anak usia 2-5 tahun. Bagi anak yang dititipkan di daycare, biasanya sistem imunnya lebih baik. Paparan kuman dari banyaknya orang memicu terbentuknya imunitas anak terhadap infeksi ringan berulang, sehingga memperkecil kemungkingan anak terkena kanker darah atau leukemia hingga 30-40 persen,” jelasnya.

Gejala kanker darah pun bermacam-macam seperti demam tinggi dan lebam pada tubuh seperti yang dialami anak Denada. Gejala lainnya yang bisa terjadi antara lain menurunnya berat badan, pembengkakan kelenjar getah bening, hati, atau empedu, mimisan yang berulang, hingga nyeri pada tulang.

Hingga kini penyebab kanker darah belum dapat dipastikan. Meski demikian, para peneliti menyebutkan bahwa penyebab kanker darah adalah kombinasi dari kelainan genetik dan pengaruh dari lingkungan.

1 dari 2 halaman

Anak semata wayang

Sebelum dokter menyatakan Shakira terkena Leukimia, Mei lalu gadis kecil berusia 5,5 tahun ini sempat berlibur bersama Jerry Aurum, sang ayah, ke Portugal. Terlihat dari postingan akun Instagram ayah dan ibunya, Shakira tampak sangat menikmati waktu liburan mereka.

Selama berlibur gadis kecil itu tampak ceria dan sehat, sehingga keterangan dokter pun membuat Denada sangat kaget. Ia tak pernah menyangka anak satu-satunya harus mengidap kanker darah.

Denada pun memboyong Shakira ke Singapura, agar dapat fokus menjalani perawatan. Selama dirawat di National University Hospital, Shakira juga sempat menjalani operasi pemasangan selang ke pembuluh darah utama.

Meski penuh kekhawatiran, Denada mengaku harus tetap terlihat tegar, karena anaknya membutuhkannya. Diakuinya, Shakira sempat ketakutan saat menjalani kemoterapi. Momen tersebut membuat hatinya hancur, namun sebagai ibu, Denada tetap berusaha untuk kuat.

Kanker darah atau leukemia dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak. Bila anak Anda mengalami demam tinggi dengan lebam di sekujur tubuh seperti yang dialami oleh Shakira Aurum, anak Denada, segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

[RVS]

1 Komentar

  • Wati Putra

    yang sabar ya ibundanya pasti jagain shakira aurum..tetap semangat untuk melawan penyakit nya....