Sukses

Rahasia Diet Petenis Novak Djokovic, Juara Wimbledon 2018

Petenis juara Wimbledon 2018, Novak Djokovic, selalu tampil prima saat bertanding. Ternyata, diet ini yang jadi rahasianya!

Klikdokter.com, Jakarta Aksi petenis Novak Djokovic di Wimbledon 2018 menuai tanggapan positif. Ia berhasil keluar sebagai juara untuk yang keempat kalinya, setelah mengalahkan Kevin Anderson di babak final. Konon, bukan hal mudah bagi Djokovic untuk terus tampil bugar sebagai atlet tenis andalan. Ternyata kemenangan Djokovic juga ditunjang oleh pola diet yang dijalankannya.

Dilansir dari Independent.co.uk, saat Djokovic berada di Kroasia pada musim panas 2010 untuk pertandingan Piala Davis, dia sadar bahwa tubuhnya harus terus ”ditempa” agar bugar. Djokovic lantas berkonsultasi dengan seorang ahli gizi, Dr. Igor Cetojevic.

Cetojevic memberi tahu Djokovic untuk merentangkan tangan kanannya sambil meletakkan tangan kirinya di atas perut. Dokter kemudian menekan lengan kanan Djokovic dan menyuruhnya untuk menahan tekanan.

Berikutnya, Cetojevic memberi sepotong roti kepada Djokovic. Dia mengatakan kepada pemain yang bingung untuk tidak memakannya, tetapi menahannya di perut dengan tangan kirinya sambil menekan lengan kanannya yang terulur. Djokovic merasakan lengan bagian itu terasa jauh lebih lemah.

Tes kasar tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah Djokovic sensitif terhadap gluten — protein yang ditemukan dalam gandum dan biji-bijian lainnya. Itu adalah saat ketika Djokovic berada pada titik awal untuk perubahan gaya hidup yang kini membawanya menjadi pemain dunia nomor satu, hanya dalam waktu 12 bulan kemudian.

Sampai sekarang, Djokovic enggan merincikan rezim yang mengubah kehidupan dan kariernya. Namun belakangan, petenis berusia 26 tahun itu menceritakan kisahnya dalam sebuah buku yang luar biasa, Serve to Win. Buku tersebut mengungkapkan bagaimana pola makan telah membuat kesehatan dan teknik bermain tenisnya lebih baik.

1 dari 2 halaman

Rahasia diet Novak Djokovic

Menu diet Djokovic telah disusun sedemikian rupa agar bisa mendukungnya tampil fit dan bugar sebagai seorang petenis andal. Anda penasaran dengan menu diet petenis kelahiran Serbia ini? Inilah sebagian rahasia diet Djokovic yang bisa Anda ikuti:

Hari pertama

  • Djokovic selalu memulai harinya dengan minum air putih ketika bangun tidur. Ia lalu menyantap dua sendok makan madu dan muesli (campuran oat organik bebas gluten, cranberry, kismis, biji labu atau biji bunga matahari dan almon).
  • Camilan tengah hari (jika diperlukan) pilihannya adalah roti bebas gluten, atau biscuit cracker dengan topping campuran alpukat dan tuna.
  • Makan siang pilihan Djokovic adalah salad hijau, pasta primavera bebas gluten (kombinasi dari pasta nasi, labu, zucchini, asparagus, tomat kering, dan keju vegan).
  • Camilan sore hari yang disarankan adalah apel dengan selai mete (cashew butter) atau melon.
  • Makan malam bisa dengan kale caesar salad (salad daun kale, fennel, biji quinoa dan pine nut dengan saus yang ditambah anchovie atau sarden), sup, hingga fillet ikan salmon dengan tomat panggang.

Hari kedua

  • Seperti biasanya, Djokovic selalu minum air putih ketika bangun tidur. Ia lalu sarapan dengan dua sendok makan madu, pisang dengan mentega mete (cashew butter), serta buah-buahan lainnya.
  • Camilan tengah pagi berupa roti panggang bebas gluten dengan mentega almon dan madu.
  • Makan siang, yaitu salad sayuran hijau, mi soba pedas (termasuk mi soba bebas gluten, paprika merah, kacang mete dan daun basil, ditambah vinaigrette pedas).
  • Camilan siang berupa buah-buahan atau kacang.
  • Makan malam pilihannya adalah salad tuna nicoise (campuran dari kacang hijau, selada rocket, kacang cannellini, tuna, paprika merah, tomat dan kacang arab kalengan), sup tomat, tomat panggang.

Hari ketiga

  • Sarapan dengan menu yang sama seperti sebelumnya.
  • Camilan tengah harinya adalah apel atau sayuran potong seperti wortel atau lobak yang dicocol dengan hummus buatan sendiri (dicampur dengan buncis dan kecap bebas gluten).
  • Makan siangnya terdiri dari salad sayuran hijau, pasta bebas gluten dengan power pesto (campuran pasta nasi, daun basil dan .
  • Camilan sore seperti alpukat dengan biskuit bebas gluten dan buah.
  • Makan malamnya adalah salad segar dengan sayuran hijau dan alpukat yang ditambah saus buatan sendiri, sup wortel dan jahe, dan ayam panggang lemon.

Jenis makanan yang beragam dalam diet yang dijalankan Novak Djokovic berkontribusi memberikan nutrisi bagi tubuh. Aktivitasnya yang padat oleh latihan fisik memang membutuhkan asupan nutrisi yang penting.

Jadi untuk menjadi atlet andal nan sehat seperti Novak Djokovic memang membutuhkan menu makan yang variatif. Apakah Anda tertarik untuk mencoba menerapkan pola diet Juara Wimbledon 2018 tersebut? Jangan lupa untuk menyandingkannya dengan pola hidup sehat serta olahraga rutin dan teratur, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar