Sukses

5 Cara Merawat Kulit untuk Ibu Bekerja

Kesehatan kulit harus dijaga secara rutin dengan melakukan perawatan. Berikut ini cara merawat kulit bagi Anda para ibu para yang bekerja.

Klikdokter.com, Jakarta Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh. Untuk menjaga kesehatan kulit, diperlukan perawatan rutin, baik dari dalam maupun luar tubuh. Sayangnya, tak sedikit orang yang merasa ‘terpaksa’ melewatkan waktu merawat kulit, dengan alasan sibuk –termasuk para ibu bekerja.

Mengabaikan perawatan kulit karena kesibukan

Tak bisa dimungkiri, bagi sebagian wanita seperti ibu bekerja, padatnya aktivitas membuat mereka kesulitan untuk menyisihkan waktu demi merawat kulit. Selain karena jadwal harian yang dipenuhi dengan tumpukan pekerjaan di kantor, para ibu bekerja juga harus meluangkan waktunya mengurus pekerjaan rumah tangga sebelum dan sepulang bekerja.

Hal-hal tersebut membuat banyak ibu bekerja yang akhirnya melupakan urusan perawatan kulit. Padahal, selain memberikan perlindungan pada tubuh dari paparan sinar ultraviolet serta bahan kimia yang berbahaya, kulit juga berfungsi sebagai antibodi yang berperan dalam pertahanan tubuh melawan benda asing atau kuman penyebab penyakit. Itulah sebabnya penting untuk selalu merawat kulit.

Jika kulit rusak, bukan tidak mungkin racun dan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan menetap di dalam kulit dan menyebabkan gangguan di organ tubuh lainnya.

Tips merawat kulit

Sesibuk apa pun aktivitas harian Anda, usakan untuk tetap meluangkan waktu agar dapat melakukan perawatan kulit. Berikut beberapa tips merawat kulit untuk Anda para ibu yang juga memiliki kesibukan sebagai wanita karier:

  1. Bersihkan secara rutin

Aktivitas yang padat setiap hari tentu membuat tubuh terpapar kotoran dari keringat atau debu saat sedang berada di luar ruangan. Untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersih, tubuh harus dibersihkan secara rutin dan teratur. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari, agar kotoran kulit tidak menumpuk dan menimbulkan gangguan kesehatan.

Lalu produk pembersih seperti apa yang tepat untuk Anda? Pilih produk yang memiliki kandungan pelembap. Jadi, selain bersih, kelembapan kulit pun tetap terjaga. Sesekali Anda bisa menggunakan sabun mandi yang mengandung scrub alami.

  1. Jangan abaikan kulit wajah

Selain membersihkan kulit tubuh, perawatan wajah juga perlu diperhatikan. Bagi wanita, pemakaian kosmetik wajah untuk menunjang penampilan memang sulit untuk dihindari. Namun, terkadang proses pembersihan wajah usai beraktivitas terlewatkan begitu saja karena ibu bekerja tak jarang sudah kelelahan.

Untuk menjaga kesehatan kulit, bersihkan wajah dua kali sehari. Lakukan khususnya setelah selesai beraktivitas dan setelah memakai kosmetik di wajah.

  1. Konsumsi makanan sehat dan cukupi kebutuhan cairan

Kandungan nutrisi, seperti vitamin dan mineral dari makanan yang sehat serta bergizi, dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kulit pun akan terlihat segar dan cerah.

Hal lain yang juga sering terlupakan oleh ibu bekerja adalah memenuhi kebutuhan cairan. Meskipun sangat sibuk, pastikan minum delapan gelas air putih per hari. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kulit akan bebas kusam dan terhindar dari masalah kekeringan.

  1. Cukup beristirahat

Kelihatannya sepele. Namun saat tubuh kurang istirahat, kulit Anda pun akan ikut terpengaruh. Saat tidur, metabolisme tubuh akan meningkat. Hal ini membantu tubuh dapat menjaga kulit tetap sehat dengan melakukan proses regenerasi sel kulit mati secara rutin. Jadi, pastikan Anda beristirahat setidaknya delapan jam sehari.

  1. Penggunaan tabir surya

Sinar matahari memang memiliki banyak manfaat. Namun sayangnya, paparan sinar matahari berlebih, justru dapat memicu terjadinya penuaan dini pada kulit. Bagi masyarakat di negara tropis seperti Indonesia, tentu hal ini sulit dihindari. Untuk meminimalkan risiko terjadinya penuaan dini, Anda bisa menggunakan tabir surya. Gunakan setiap hari, khususnya saat akan beraktivitas di luar ruangan. Hal ini akan melindungi kulit tubuh Anda dari paparan sinar matahari.

Agar bisa menjalankan fungsinya dengan optimal, jangan lupa untuk menjaga kesehatan kulit. Mulailah merawat kulit dari sekarang, meski kesibukan Anda padat khususnya bagi para ibu bekerja. Anda bisa mencoba cara sederhana di atas. Selamat mencoba!

[RH]

0 Komentar

Belum ada komentar