HomeInfo SehatPencernaanKenapa Rasa Gugup Bikin Sakit Perut?
Pencernaan

Kenapa Rasa Gugup Bikin Sakit Perut?

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 02 Sep 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Saat sedang dihadapkan dengan kondisi yang buat Anda gugup, terkadang sakit perut datang mengganggu. Mengapa bisa terjadi?

Kenapa Rasa Gugup Bikin Sakit Perut?

Pernah mengalami rasa gugup yang bikin sakit perut saat harus berbicara di depan banyak orang? Atau mungkin saat akan menghadapi ujian akhir? Hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya.

Gugup adalah perasaan khawatir atau ragu terhadap ketidakmampuan diri, baik di hadapan umum maupun antarindividu. Efek gugup dapat ditunjukkan lewat gejala fisik, seperti produksi keringat berlebih, buang air besar, dan sakit perut. Bagaimana ini bisa terjadi?

Sakit Perut Saat Gugup, Ini Penyebabnya

Gugup yang bikin sakit perut bisa terjadi akibat kondisi stres. Nah, stres ini dapat memengaruhi berbagai sistem organ pada tubuh. Salah satu yang terpengaruh oleh rasa gugup adalah sistem pencernaan.

Akibatnya, muncul gangguan saluran cerna seperti timbulnya rasa nyeri atau tidak nyaman di perut, mual, muntah, buang air besar cair, buang gas berlebih, penurunan nafsu makan, rasa begah, serta beberapa keluhan lainnya.

Menurut artikel yang dilansir dari Harvard Health, otak manusia dapat berinteraksi dengan bagian tubuh lainnya melalui sistem saraf tubuh, yang terbagi menjadi beberapa komponen utama. Salah satu komponen tersebut adalah sistem saraf enterik yang meregulasi proses pencernaan.

Pada saat tubuh manusia terekspos penyebab stres tertentu, misalnya ketika harus berbicara di depan umum, menghadapi argumentasi, mengemudi di kemacetan, dan berbagai hal lain yang meningkatkan emosi, aktivitas proses pencernaan dapat mengalami gangguan.

Keadaan tersebut yang kemudian dapat menyebabkan nyeri perut beserta beberapa keluhan saluran cerna lainnya.

Artikel Lainnya: Tips Mengatasi Serangan Panik Saat Gugup

Cara Mengatasi Nyeri Perut Akibat Rasa Gugup

Sakit perut akibat kondisi stres dapat diatasi dengan melakukan tips berikut ini:

1. Cognitive Behavioral Therapy (CBT)

Ada intervensi psikologis yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi rasa gugup disertai sakit perut.

Terapi yang disarankan adalah cognitive behavioral therapy (CBT) atau terapi perilaku kognitif. CBT dapat membantu seorang individu untuk mengenali pola pikir yang dapat menginduksi stres dan mengubahnya.

2. Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi dapat membantu menenangkan saat Anda gugup, misalnya dengan menerapkan pernapasan dalam yang teratur atau meditasi.

Olahraga mental juga dapat membantu seseorang untuk fokus terhadap pernapasannya. Dengan begitu, efek gugup yang dapat menyebabkan keluhan saluran cerna dapat diatasi.

3. Hindari Minum Kopi

Kandungan kafein di dalam kopi dapat memicu rasa cemas dan gugup semakin parah. Selain itu, minum kopi juga dapat merangsang kerja usus dan lambung sehingga menimbulkan sakit perut.

Jadi, agar tidak mengalami gugup yang bikin sakit perut, cobalah minuman lain yang tidak merangsang lambung, misalnya air putih dingin, jus, atau susu.

Artikel Lainnya: Glossophobia, Ketika Takut Berbicara di Depan Umum

4. Gunakan Wewangian Aromaterapi

Mencium wewangian aromaterapi dikenal dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga dapat membantu Anda terhindar dari efek gugup. Gunakan produk dengan wewangian aromaterapi yang seperti lavender, mawar, chamomile, atau kayu manis.

5. Perbanyak Minum Putih

Air putih memiliki banyak manfaat sehat bagi tubuh, salah satunya menetralisir kelebihan asam lambung yang disebabkan oleh gugup.

Minumlah satu hingga dua gelas air hangat jika Anda merasakan nyeri perut saat gugup. Air hangat juga dapat mengurangi ketegangan saluran cerna sehingga dapat membuat perut Anda lebih nyaman.

Selain itu, kompres air hangat pada perut juga bisa dilakukan untuk membantu mengurangi nyeri perut saat gugup.

6. Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Karena aliran darah ke saluran cerna berkurang saat Anda gugup, kemampuan kerja saluran cerna dalam menghancurkan makanan juga berkurang. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mudah dicerna seperti bubur, roti gandum, oat, protein, buah, dan sayur agar nyeri perut berkurang.

Sebaliknya, hindari makanan yang sulit dicerna, misalnya makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi, makanan bergas, dan makanan pedas. Jenis makanan tersebut justru dapat memperparah sakit perut yang Anda alami.

Artikel Lainnya: Kenapa Ada Orang Tertawa Saat Gugup?

7. Temukan Waktu untuk Menenangkan Diri

Anda dapat mencoba untuk menyendiri dan mencari tempat untuk menjernihkan pikiran dan mengendalikan rasa gugup. Cobalah untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau orang yang dicintai untuk mengatasi rasa cemas Anda.

8. Mengatur Pola Makan  

Sebagai tambahan, gugup yang bikin sakit perut dapat dihindari dengan menerapkan pola makan sehat. Pastikan bahwa makanan dikonsumsi pada waktu yang seharusnya guna menghindari terjadinya produksi asam lambung yang berlebih. Jika tidak, perut dapat terasa begah, kembung, atau nyeri.

9. Konsumsi Obat-obatan

Bila dengan cara-cara di atas nyeri perut Anda belum berkurang, cobalah minum obat-obatan penekan produksi asam lambung untuk meredakan nyeri perut. Namun sebelumnya, konsultasikan dengan dokter mengenai pilihan obat yang tepat untuk Anda.

10. Olahraga

Olahraga memiliki peran yang sangat penting dalam membantu meredakan rasa gugup dan ansietas (kondisi emosional yang tidak menyenangkan). Olahraga juga memicu hormon endorfin yang dapat meningkatkan rasa senang dan perasaan nyaman.

Aktivitas fisik penting dilakukan secara rutin, dengan frekuensi setidaknya lima kali seminggu dengan durasi 30-60 menit setiap sesinya.

Sakit perut dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah rasa gugup. Meski rasa gugup yang bikin sakit perut kadang tak bisa dihindari, Anda tetap bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa kiat yang disebutkan di atas.

Jika Anda mengalami nyeri yang teramat sangat, tak kunjung reda, atau hilang-timbul, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. Tanyakan pula seputar topik terkait kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

Sakit Perut

Konsultasi Dokter Terkait