Diet dan Nutrisi

Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 20 Mar 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak sekadar kenyal dan manis, kolang-kaling juga memiliki sederet manfaat kesehatan yang tak bisa diabaikan begitu saja.

Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan

Sebagai salah satu penambah cita rasa pada kolak dan sup buah, kolang-kaling memiliki rasa yang khas yang menjadi favorit banyak orang.

Teksturnya yang kenyal juga membuatnya pas bila dicampur dengan buah-buahan manis, sehingga tak salah jika sering dijadikan sajian saat berbuka puasa.

Dikenal dengan nama buah atap, atau istilah ilmiahnya Arenga pinnata, kolang-kaling umumnya berwarna transparan dan berukuran mendekati uang logam. Selain rasanya yang khas dan segar, kolang-kaling juga dipercaya memiliki berbagai khasiat kesehatan. Apa saja manfaat kolang-kaling?

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, kolang-kaling bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Dengan begitu, terjadinya sulit buang air besar atau konstipasi dapat dihindari.

Selain itu, mengonsumsi kolang-kaling diketahui dapat membantu proses pengeluaran zat beracun dari saluran pencernaan.

2. Menunjang Metabolisme Tubuh

Kolang-kaling dipercaya memiliki kandungan berbagai mineral, di antaranya zat besi, zink, kalium, dan kalsium. Berbagai mineral tersebut bermanfaat dalam membantu proses metabolisme yang berlangsung di dalam sel-sel tubuh. 

Alhasil, tubuh akan memiliki jumlah energi serta kebugaran yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

3. Memelihara Kekuatan Tulang

Kolang-kaling merupakan sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Kalsium dapat menjaga kesehatan tulang serta memperkuatnya, sehingga membantu mencegah osteoporosis.

Osteoporosis ditandai dengan kepadatan tulang yang mengalami penurunan. Salah satu langkah pengobatannya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, yakni konsumsi asupan bergizi seimbang serta olahraga secara teratur.

4. Menghalau Dehidrasi

Kandungan air dan serat dalam kolang-kaling, ditambah dengan sederet vitamin dan mineral di dalamnya, membuat makanan ini bagus untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Dengan makan kolang-kaling yang menyegarkan, hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

5. Mencegah Anemia Akibat Kekurangan Zat Besi

Di antara berbagai mineral yang terdapat pada kolang-kaling, zat besi adalah salah satunya. Zat besi diperlukan untuk menghasilkan hemoglobin, yang penting untuk pasokan oksigen ke berbagai jaringan tubuh.

Kecukupan zat besi dalam tubuh dapat mencegah timbulnya anemia. Oleh karena itu, konsumsi kolang-kaling bermanfaat untuk anemia, asalkan disertai dengan asupan bergizi lainnya.

6. Sebagai Sumber Vitamin

Kolang-kaling mengandung banyak zat gizi, termasuk vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B7, asam folat, zat besi, kalium, zink, dan sebagainya. Maka dengan mengonsumsi kolang-kaling, Kamu membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh Kamu.

7. Menjaga Kadar Gula Darah

Teksturnya yang kenyal serta kesegarannya membuat kolang-kaling menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai pelengkap hidangan manis.

Inilah yang membuat kolang-kaling identik dengan makanan yang manis-manis, misalnya kolak. Sangat baik untuk menjaga gula darah dan digunakan untuk buka puasa.

8. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kolang-kaling memiliki efek menenangkan peradangan dan gatal pada kulit terutama saat cuaca sedang panas. Oleskan kolang-kaling yang sudah berbentuk jelly pada biang keringat, untuk membuat kulit lebih nyaman.

9. Sebagai Sumber Energi

Salah satu manfaat kolang-kaling untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan energi. Dalam 100 gram kolang-kaling mentah mengandung 21 gram karbohidrat, sehingga kolang-kaling dapat digunakan sebagai sumber energi.

Kamu pun jadi merasa lebih bertenaga dalam menjalani aktivitas sehari-hari, dan tidak mudah lemas. 

10. Mengatasi Gatal

Kamu sedang mengalami gatal-gatal? Keluhan ini memang bisa mengganggu, apalagi jika Kamu tidak tahu apa penyebabnya. Getah kolang-kaling diyakini bermanfaat sebagai obat gatal. Meski demikian, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

11. Sebagai Sumber Mineral

Kolang-kaling berkhasiat bagi kesehatan karena mengandung fosfor. Fosfor dikenal sebagai mineral yang penting untuk kekuatan tulang serta gigi. Tak hanya itu, fosfor juga bisa membantu pemulihan setelah melakukan olahraga, bahkan membuang limbah dari ginjal.

12. Sebagai Anti-Aging

Buah kolang-kaling mengandung galaktomanan, yaitu jenis polisakarida yang dipercaya dapat berfungsi sebagai anti-aging.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Pharmacognosy Research menilai kemampuan galaktomanan untuk menghambat efek tirosinase yang terjadi pada proses aging.

Itulah sederet manfaat kolang-kaling untuk kesehatan. Namun, ingatlah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebih. Apalagi kolang-kaling sering dimasukkan ke dalam kolak dan sup buah yang serba manis.

Terlalu banyak menyantap makanan manis bisa memperbesar risiko Kamu mengalami kegemukan dan obesitas. Jadi, jika Kamu ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari kolang-kaling, batasilah konsumsinya serta tak lupa untuk melakukan pola hidup sehat.

Mau punya berat badan ideal? Yuk, atur asupan kalori dan porsi makan kamu. Cek kebutuhan kalori harianmu menggunakan Kalkulator Kalori dan BMI.

Jika Kamu ada pertanyaan terkait topik ini, Kamu bisa kosultasi dengan dokter menggunakan fitur tanya dokter dan buat janji dokter dengan layanan temu dokter untuk konsultasi yang lebih praktis.

Kamu bisa mendapatkan pemeriksaan gula darah di fasilitas kesehatan terdekat, dengan cara booking di layanan medis & lab di KlikDokter!

Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter di Google Play dan App Store dan gunakan juga KALStore untuk beli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan Kamu.

[RS]

kolang kaling

Konsultasi Dokter Terkait