Sukses

Jauhi 4 Kebiasaan Tak Sehat Ini Saat Nonton Final Piala Dunia

Tak mau sakit karena nonton final Piala Dunia sampai larut? Mudah, hindari saja kebiasaan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Nonton final Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Prancis dan Kroasia, tentu bakal sangat seru. Setelah bergulir selama satu bulan, kini dua timnas terkuat yang bermain gemilang sejak awal tersebut akan bertanding di babak final Piala Dunia.

Pertandingan demi pertandingan yang sering ditayangkan pada malam atau dini hari, tentu membuat para peggemar sepak bola harus begadang. Tidak terkecuali babak final yang ditayangkan pada dini hari. Namun, momen menyenangkan nobar bola, jangan sampai terganggu oleh kondisi tubuh yang kurang fit.

Turunnya kondisi tubuh bisa saja diakibatkan oleh sederetan kebiasaan tidak sehat yang Anda jalankan selama ini. Lalu, apa saja kebiasaan buruk yang harus Anda jauhi saat nonton final Piala Dunia? Berikut ini beberapa di antaranya: 

  1. Begadang dan makan malam

Mengingat jam tayang Piala Dunia 2018 berlangsung hingga larut malam, maka Anda mau tak mau mesti begadang. Meskipun Anda sangat menggemari tayangan Piala Dunia, namun menontonnya setiap malam pada jam-jam tidur, tentu saja memengaruhi jam biologis Anda. Akibat kurang tidur, Anda bisa mengalami badan lemas.

Saat begadang nobar bola, biasanya orang akan lapar. Akui saja, mungkin Anda sering tidak bisa menahan diri untuk menyantap makanan berlemak. Kebiasaan inilah yang kemudian memicu kenaikan berat badan secara drastis.

Perlu diketahui bahwa metabolisme tubuh di malam hari berlangsung lebih lambat. Artinya, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat sepenuhnya dibakar menjadi energi. Sisa-sisa kalori yang belum terbakar akan mengendap menjadi timbunan lemak di dalam tubuh Anda.

  1. Ngemil tidak sehat dan minum alkohol berlebih

Nonton Piala Dunia sangat asyik bila ditemani dengan camilan, seperti keripik singkong, gorengan, atau makanan dalam kemasan. Meskipun membuat suasana menjadi lebih seru, nonton sambil ngemil dapat membuat berat badan Anda melonjak, tak lama kemudian.

Hal itu karena camilan-camilan yang Anda santap mengandung kalori dan kolesterol lemak yang tinggi. Akibatnya bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh.

Selanjutnya, minum alkohol secara berlebih juga berhubungan dengan kolesterol tinggi. Racun pada alkohol dapat memengaruhi fungsi jantung, pembuluh darah dan organ hati. Akibatnya, tubuh sulit untuk membakar kolesterol dan kadarnya menjadi tinggi di tubuh serta terakumulasi pada pembuluh darah.

  1. Kurang tidur

Kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon ghrelin di dalam tubuh. Hormon ini berfungsi untuk merangsang nafsu makan. Jadi, orang yang kurang tidur akan cenderung merasa lapar terus-menerus.

Risiko mengalami obesitas juga meningkat bila Anda kekurangan atau kelebihan waktu tidur. Sebab waktu tidur yang tidak sesuai dapat menyebabkan penurunan hormon, yang pada akhirnya bisa menimbulkan peningkatan nafsu makan.

  1. Kurang aktivitas fisik

Ketika Anda kurang melakukan aktivitas fisik, kalori yang dibakar pun menjadi lebih sedikit. Akibatnya lemak dalam tubuh Anda pun akan semakin menumpuk, dan terjadilah kelebihan berat badan. Sebaliknya, rutin berolahraga dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh.

Itulah alasan mengapa berat badan Anda bisa naik usai nonton Piala Dunia sebulan lamanya. Jika tak ingin mengalaminya, pastikan Anda selalu bergerak aktif. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap harinya.

Kebiasaan-kebiasaan tak sehat di atas memang sangat merugikan karena rentan mengakibatkan gangguan kesehatan. Jika memang sangat sibuk, Anda dapat beraktivitas ringan seperti melakukan sit-up, push-up, atau plank saat jeda iklan final Piala Dunia. Nikmati 90 menit pertandingan Prancis melawan Krosia dengan tubuh yang bugar dan fit!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar