Sukses

Scrub Buah Aprikot, Resep Rumahan untuk Kulit Lebih Cerah

Ingin kulit lebih cerah dengan harga yang relatif murah? Yuk, bikin scrub buah sendiri di rumah. Ini resep rahasianya.

Klikdokter.com, Jakarta Kulit yang cerah, sehat, dan wangi merupakan dambaan sebagian besar orang. Jika Anda adalah orang yang mendambakan bentuk kulit seperti itu, scrub buah bisa menjadi salah satu solusinya!

Secara umum, scrub atau disebut juga skrub, merupakan tindakan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan kulit hingga ke dalam pori. Hasil dari metode ini adalah kulit yang bersih, sehat, dan tidak kusam.

Tak sebatas itu, proses eksfoliasi menggunakan metode skrub juga bisa meningkatkan efektivitas produk kecantikan yang diaplikasikan ke kulit. Manfaat jangka panjang dari tindakan tersebut ialah meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat Anda terlihat lebih awet muda.

Resep skrub buah untuk kulit lebih cerah

Tak sedikit produk skrub kulit yang dijual di pasaran. Anda bebas memilih yang mana saja, tergantung keinginan dan kondisi kulit masing-masing. Namun, jika ingin lebih menghemat biaya, Anda bisa membuat skrub sendiri di rumah

Langkah-langkahnya cukup mudah. Skrub yang hendak Anda buat ini juga relatif aman dan ramah lingkungan, karena menggunakan bahan alami seperti buah aprikot yang mengandung pasokan vitamin untuk kulit lebih sehat.

Untuk diketahui, buah aprikot mengandung vitamin A, C, dan potasium. Buah ini juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Oleh sebab itu, skrub buah aprikot dapat digunakan untuk mempercantik kulit, karena dapat membuat kulit lebih bersih, cerah, dan menghambat tanda-tanda penuaan.

Lebih jauh, minyak yang terkandung di balik buah aprikot ini juga memiliki efek antiradang yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti dermatitis dan eksim. Anda pun tak perlu khawatir mencemari lingkungan, karena butiran-butiran yang digunakan untuk skrub langsung dari biji aprikot.

1 dari 2 halaman

Resep skrub buah aprikot

Nah, jika Anda ingin mencoba skrub buah aprikot, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuatnya:

Cara pertama:

  • Persiapkan bahan, yaitu biji aprikot, garam, dan minyak zaitun
  • Tumbuk biji aprikot hingga halus
  • Campurkan satu cangkir air garam dan minyak zaitun
  • Tambahkan bubuk biji aprikot, lalu aduk hingga merata
  • Skrub buah aprikot siap digunakan.

Cara kedua

  • Persiapkan bahan, buah aprikot, biji aprikot, madu.
  • Kupas kulit aprikot, pisahkan dengan bijinya, haluskan menjadi bentuk pure.
  • Tumbuk halus biji aprikot.
  • Siapkan mangkuk, campurkan 2 sendok makan pure aprikot dan 1 sendok makan bubuk biji aprikot.
  • Tambahkan 1/2 sendok makan madu, lalu hingga aduk rata
  • Skrub buah aprikot siap digunakan

Setelah selesai membuatnya, simpanlah skrub buah aprikot di dalam kontainer tertutup di lemari pendingin. Sebelum menggunakan skrub, ada baiknya Anda memahami jenis kulit.

Jika Anda adalah orang dengan kulit kering atau sensitif, sebaiknya lebih berhati-hati ketika mengaplikasikan skrub ke tubuh. Ini karena skrub jenis apa pun — termasuk skrub buah aprikot — dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit Anda yang pada dasarnya sudah kering.

Hal lain yang perlu diperhatikan, pastikan Anda segera menggunakan pelembap pada kulit setelah proses skrub selesai.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk membuat dan menggunakan scrub buah seperti di atas? Jika ya, pastikan Anda memperhatikan apa saja yang sudah disampaikan. Dengan begitu, skrub tersebut akan memberikan manfaat yang optimal untuk kesehatan kulit Anda.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar