Sukses

Sampai Usia Berapa Anda Boleh Minum Susu?

Susu sering dianggap penting untuk anak-anak. Namun, bagaimana dengan orang dewasa? Sampai usia berapa minum susu diperlukan, dan apa manfaatnya?

Masih ingatkah Anda dengan istilah empat sehat lima sempurna? Dalam istilah tersebut, minum susu dijadikan sebagai penyempurna. Hal itu memang benar adanya, karena susu mengandung banyak zat gizi yang kadang tidak terdapat dalam makanan.

Nah, yang jadi pertanyaan, sampai usia berapa seseorang boleh minum susu? Apakah susu hanya memberikan manfaat optimal untuk anak-anak? Atau, bagaimana?

Mengenal Kandungan Gizi pada Susu

Susu adalah sumber kalsium yang paling baik. Selain itu, si putih yang merupakan produk dari sapi ini juga mengandung ragam nutrisi sebagai berikut:

1. Karbohidrat

Sekitar 4,9% susu tersusun atas karbohirat dalam bentuk laktosa. Senyawa ini nantinya akan dipecah menjadi gula sederhana (glukosa dan galaktosa) dengan bantuan enzim laktase sehingga mudah dicerna.

Artikel lainnya: Anak Terlalu Banyak Minum Susu Bikin GTM?

Apabila proses pemecahan tersebut menyisakan jumlah glukosa yang tinggi, tubuh akan menyimpannya di organ hati untuk nantinya dijadikan sebagai cadangan energi.

2. Lemak

Kandungan lemak dalam susu mencapai 3,4%, yang mana berfungsi sebagai sumber energi. Terdapat 2 jenis lemak yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus di dapat dari sumber makanan. yaitu linoleat dan asam linoleat.

Kedua jenis asam lemak tersebut berguna untuk proses sintesis asam lemak lainnya, dan berperan penting dalam memproduksi hormon penting di dalam tubuh.

3. Protein

Kadar protein dalam susu adalah 3,3%. Seperti yang sudah diketahui, protein berperan penting bagi pembentukan otot, kulit, rambut dan komponen sel-sel tubuh lainnya.

Artikel lainnya: Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu Saat Konsumsi Obat?

Protein susu itu sendiri terbagi menjadi 2, yaitu kasein dan whey. Kadar kasein pada susu hampir 80%. sedangkan sisanya adalah whey. Kandungan kasein tersebutlah yang penting untuk dikonsumsi karena mengandung asam amino untuk tubuh.

4. Vitamin

Vitamin memegang peranan penting dalam tubuh, termasuk mengoptimalkan proses metabolisme. Dalam susu terdapat kandungan berbagai macam vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin B dan C; serta vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, K.

5. Mineral

Ada beberapa komponen mineral yang terdapat pada susu, yaitu kalsium, zat besi, kalium, dan seng.

Kalsium baik untuk menjaga kesehatan tulang, dan zat besi baik untuk mencegah anemia. Sedangkan kalium dan seng dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah

Artikel lainnya: Mengungkap Bahaya Minum Susu Mentah

6. Kandungan Lainnya

Selain kelima kandungan yang telah disebutkan, terdapat pula senyawa lain yang ada pada susu, seperti laktoferin, laktase, dan laktoperokidase.

Laktoferin merupakan salah satu jenis protein yang berperan dalam penyerapan zat besi dan peningkatan daya tahan tubuh. Sedangkan laktase adalah senyawa yang membantu memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa di saluran pencernaan.

Sementara itu, laktoperoksidase merupakan enzim yang berguna sebagai anti-mikroba pada susu.

Itu dia berbagai kandungan gizi susu. Kesemuanya benar-benar bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pertanyaannya, apakah semua zat tersebut juga bermanfaat untuk orang dewasa? Jawabannya: tentu saja!

1 dari 3 halaman

Manfaat Susu untuk Orang Dewasa

Minum susu memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, baik bagi anak maupun orang dewasa.

Beberapa manfaat susu untuk orang dewasa adalah sebagai berikut:

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Setiap orang dewasa memerlukan kurang lebih 1000 miligram kalsium per harinya. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah minum susu dan mengonsumsi produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt.

Artikel lainnya: Rutin Minum Susu Bisa Atasi Infeksi Paru, Benarkah?

  • Menunjang Kesehatan Otak

Sebuah penelitian di Universitas Kansas, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi susu memiliki kadar glutation lebih tinggi.

Glutation itu sendiri merupakan antioksidan yang baik untuk otak. Adanya senyawa tersebut dapat menghindari sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang didapat dari makanan atau polusi.

  • Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Susu mengandung potasium (kalium) yang tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Hal tersebut akan mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah saat usia bertambah, dan secara umum dapat menjaga kesehatan jantung.

  • Membangun Otot

Bagi mereka yang ingin memiliki postur tubuh optimal dengan otot yang kuat, susu dapat menjadi asupan pilihan untuk mendampingi olahraga rutin. Susu mengandung protein yang baik untuk pembentukan otot.

Artikel lainnya: Benarkah Minum Susu Bikin Orang Dewasa Mudah Gemuk?

  • Mencegah Depresi

Kandungan vitamin D pada susu dapat memicu terbentuknya serotonin dalam tubuh. Serotonin merupakan senyawa yang berperan dalam pengaturan ritme tidur, mood, bahkan nafsu makan. Kadar serotonin yang cukup akan menurunkan risiko depresi.

Manfaat susu untuk orang dewasa sangatlah beragam. Nah, yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah: sampai usia berapa boleh minum susu?

2 dari 3 halaman

Mengungkap Batas Usia Minum Susu

Bukan hanya untuk anak-anak atau ibu hamil, susu juga baik untuk dikonsumsi setiap orang. Beberapa literatur merekomendasikan agar setiap orang minum susu sampai setidaknya usia 35 tahun. Alasannya karena usia tersebut merupakan puncak pertumbuhan tulang.

Meski demikian, bukan berarti setelah usia 35 tahun Anda dilarang konsumsi susu. Anda tetap bisa minum susu, bahkan hingga usia lanjut sekalipun. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis susu yang tepat.

Artikel lainnya: Perlukah Minum Susu untuk Memperkuat Tulang?

Sebagai contoh, bagi para wanita minum susu adalah hal yang wajib untuk mencegah terjadinya osteoporosis di usia tua. Karena itu, sebaiknya para wanita terus mengonsumsi susu, terutama susu yang mengandung tinggi kalsium.

Sementara itu, bagi orang dengan penyakit diabetes, kolesterol tinggi, atau penyakit jantung, mereka wajib menghindari susu yang tinggi akan kandungan lemak dan gula.

Kesimpulannya, susu dapat dikonsumsi sampai dengan usia berapa saja. Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis susu yang tepat, agar manfaat di dalamnya benar-benar sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Setiap orang berhak dan boleh konsumsi susu. Namun, agar manfaatnya optimal, Anda mesti memilih jenis susu yang tepat. Jangan lupa juga untuk memerhatikan porsinya agar tidak berlebihan, ya. Jika Anda punya pertanyaan terkait hal ini, jangan sungkan untuk berbicara langsung dengan dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/RPA)

1 Komentar