Sukses

5 Barang yang Wajib Anda Buang dari Kamar Mandi

Waspada, lima barang di kamar mandi ini berisiko menyimpan kuman penyebab penyakit. Segera buang dari sekarang!

Klikdokter.com, Jakarta Sadarkah Anda bahwa beberapa barang di kamar mandi banyak mengandung kuman? Mulai dari wastafel, gagang flush toilet, lantai, hingga dudukan toilet. Bagian-bagian ini merupakan sarangnya kuman dan kuman tersebut dapat memencar pada barang-barang di sekitar.

Selain itu, sejumlah barang di kamar mandi juga dapat menjalarkan kuman ke mana-mana. Mereka wajib Anda buang dari sekarang, agar penyebaran kuman tidak makin banyak. Dilansir Health.com, berikut daftar barang yang harus segera Anda enyahkan dari kamar mandi:

  1. Obat antibiotik

Sebagian orang biasanya menyimpan obat antibiotik di lemari kaca. Anda perlu menyingkirkan benda ini dari dalam kamar mandi, terlebih jika sudah kedaluwarsa. Selain risiko penyebaran kuman, bisa saja kelembapan di dalam kamar mandi malah menghilangkan khasiat obat tersebut.

  1. Tampon

Ada baiknya untuk menyingkirkan tampon dari kamar mandi, apalagi jika sudah disimpan selama satu sampai dua tahun. Kebiasaan menyimpan tampon biasanya dilakukan wanita di bawah wastafel, tempat yang rentan lembap. Jika tidak disimpan di tempat yang bersih dan kering, bakteri hingga jamur siap tumbuh dan menciptakan sarang kuman penyebab penyakit.

  1. Sabun batang

Sabun batang sebenarnya bisa bertahan selama bertahun-tahun. Namun, aturan yang sama tidak berlaku begitu sudah terkena air. Jika sabun Anda mulai terasa lembek atau berubah warna, berarti itu sudah terkontaminasi dan Anda harus membuangnya. Ketahuilah bahwa menggunakan sabun batang yang sudah lembek dan berubah warna dapat menyebabkan iritasi atau infeksi.

  1. Sikat gigi

Sudah saatnya membuang sikat gigi Anda jika bulu-bulunya sudah kelihatan usang. Lagi pula, setelah tiga bulan pemakaian, sikat gigi menjadi kurang efektif dalam menghilangkan plak dari gigi dan gusi. Kuman juga bisa bersembunyi di bulu dan menyebabkan infeksi.

  1. Pisau cukur berkarat

Rentang hidup pisau silet sebenarnya sangat tergantung pada penggunaan. Tapi sebaiknya gantilah setelah tiga sampai lima kali penggunaan, atau setiap dua minggu. Selain menjadi kurang efektif, iritasi dari pisau cukur yang tumpul dan berkarat dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri.

1 dari 2 halaman

Menjaga kebersihan kamar mandi

Hal utama selain membuang barang-barang di atas adalah menjaga kebersihan kamar mandi. Menurut dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter, membersihkan kamar mandi secara efektif dapat dilakukan dengan cara-cara berikut: 

  • Gunakan cairan disinfektan

Cairan disinfektan berfungsi untuk membasmi kuman. Saat membersihkan kamar mandi, gunakan cairan ini agar benar-benar bebas kuman.

  • Tutup wadah air

Anda memiliki wadah penyimpanan air di dalam kamar mandi? Tutuplah wadah ini jika memilikinya. Wadah air yang terbuka dapat menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

  • Segera perbaiki bagian yang rusak

Lantai atau dinding kamar mandi yang sudah rusak dapat menyebabkan kuman dan jamur bermunculan di kamar mandi. Jika ada bagian yang rusak, segera perbaiki.

  • Rutin bersihkan toilet, lantai dan dinding kamar mandi

Toilet, lantai dan dinding kamar mandi merupakan bagian dengan jumlah kuman yang banyak. Sebaiknya Anda menggunakan cairan pembersih khusus yang dapat menghilangkan kotoran yang membandel.

Jadi, apa pekerjaan rumah Anda hari ini? Buanglah lima barang tersebut jika masih bercokol di kamar mandi Anda. Ciptakan kamar mandi yang lebih bersih serta jauh dari kuman penyebab penyakit!

[RS/ RVS]

1 Komentar