Sukses

5 Tips Rambut Anak Tetap Wangi Sepanjang Hari

Dengan perawatan terbaik, rambut anak akan wangi dan sehat sepanjang hari! Bu, lakukan lima hal ini untuk menjaga kesehatan rambut anak tercinta.

Klikdokter.com, Jakarta Tak hanya orang dewasa, anak pun juga membutuhkan perawatan rambut yang baik supaya rambutnya tetap wangi sepanjang hari. Kesehatan rambut sekaligus kulit kepalanya pun sangat penting dan jangan sampai diabaikan—apalagi jika anak termasuk aktif baik di rumah maupun di luar rumah.

Kesehatan rambut anak merupakan cikal bakal kesehatan rambutnya saat ia beranjak dewasa nanti. Pasalnya, jika rambut anak kurang sehat dan tak terawat, ini dapat membuat tubuhnya ikut tidak sehat. Salah satu ciri rambut anak yang sehat adalah yang wangi sepanjang hari.

Ciri-ciri rambut anak yang sehat

Aroma khas anak membuat para ibu ingin selalu membelai dan mencium kepalanya. Oleh karena itu, yuk rawat rambutnya sejak dini! Salah satu ciri rambut si Kecil yang sehat adalah aromanya yang wangi sepanjang hari. Selain wangi, pastikan juga Anda menjaga kesehatan rambut anak dengan ciri-ciri: tidak mudah rontok, lebat, dan tidak berketombe.

Rambut yang wangi sepanjang hari, tidak berbau apek, dan bebas ketombe menandakan bahwa rambut sang buah hati bersih sepanjang hari. Rambut lebat menandakan bahwa rambut si Kecil memiliki folikel-folikel rambut yang banyak dan sehat. Sedangkan rambut tidak mudah rontok menandakan rambut si Kecil kuat hingga ke akar rambut.

Lakukan ini supaya rambut si Kecil tetap wangi dan sehat sepanjang hari

Nah, bagaimana cara menjaga rambut anak tetap sehat sekaligus wangi sepanjang hari? Anda dapat melakukan tiga hal ini:

  1. Ajari anak untuk membersihkan rambut secara teratur

Khususnya anak yang berusia di atas tiga tahun, kondisi kulit kepalanya tak boleh luput dari perhatian. Ini dikarenakan si Kecil sudah mulai aktif bermain, sehingga kulit kepalanya jadi mudah berkeringat. Jika tidak dibersihkan secara teratur, keringat ini akan menumpuk menjadi sel-sel kulit mati yang dapat mengakibatkan rambut anak berbau tak sedap. Kondisi ini juga bisa menyebabkan gatal. Pastikan untuk cuci rambut anak setiap dua hari sekali.

  1. Gunakan sampo yang tepat

Sebisa mungkin pilihlah sampo yang diformulasikan khusus untuk anak-anak dengan wangi buah-buahan yang segar dan tahan lama. Pilih juga sampo khusus anak yang mengandung pro-vitamin B5 supaya rambut anak tetap halus, lembut, wangi, dan mudah diatur sepanjang hari.

Sampo anak juga memiliki kandungan yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan sampo orang dewasa, sehingga aman untuk dipakai si Kecil. Seringnya, anak-anak sulit menutup mata saat mencuci rambutnya dengan sampo.

Nah, jika sampo yang digunakan tidak khusus diformulasikan untuk anak, maka busa dapat masuk mata dan menyebabkan iritasi. Jadikan juga ini sebagai pertimbangan, yaitu memilih sampo yang berbahan lembut dan tidak mengiritasi mata.

  1. Sisir rambut anak dengan benar

Pemilihan sisir juga memengaruhi perawatan rambut anak. Gunakan sisir yang tidak tajam dan bergigi jarang agar ia tak merasa sakit saat rambutnya disisir. Hindari sisir berbahan nilon karena akan berisiko rambut anak mudah patah dan rontok.

Saat menyisir rambut anak, mulailah dari bawah terlebih dulu. Ini karena rambut bagian bawah lebih rentan kusut. Kemudian sisir perlahan bagian atas rambut, lalu pisahkan rambut yang menggumpal dan kusut dengan jari. Jika perlu, gunakan kondisioner rambut khusus anak-anak. Jangan lupa untuk membersihkan sisir paling tidak seminggu sekali untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

  1. Hindari paparan sinar matahari langsung pada kepala anak

Paparan sinar matahari langsung ke kepala si Kecil dapat membuat rambutnya apek. Selain itu, hal ini juga dapat membuat rambut anak mudah kering, berubah warna, dan mudah rontok. Namun, jangan sampai ini menjadi penghalang anak untuk beraktivitas di luar rumah. Supaya rambut anak tetap wangi dan terawat, pilihkan anak sampo yang juga dapat melindungi rambutnya dari bau matahari.

Jika berpergian ke luar rumah dan dalam jangka waktu yang relatif lama, Anda dapat menyiasatinya dengan memakaikan anak topi. Pilih topi dengan bahan yang nyaman seperti katun agar keringat dari kepala anak dapat diserap dan menguap, sehingga tidak menimbulkan bau apek dan ketombe akibat sisa keringat yang menempel di kulit kepalanya.

  1. Pastikan juga untuk merawat rambut anak dari dalam

Makanan yang kaya nutrisi juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan pertumbuhan rambut anak. Menurut hasil penelitian dari University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat, vitamin B merupakan zat penting untuk menyokong pertumbuhan rambut. Selain vitamin B, pastikan anak mengonsumsi makanan seperti:

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang merah, kacang hijau, lentil, kacang tanah, atau oat yang kaya akan vitamin B dan zat besi.
  • Telur. Rambut terdiri dari 70 persen keratin sehingga butuh asupan protein untuk memperbaiki kerusakan pada batang rambut.
  • Susu, karena kaya akan protein, vitamin A, B, fosfor, kalsium, magnesium, dan zink yang bermanfaat dalam menguatkan dan menyuburkan rambut.
  • Bayam, karena kaya akan zat besi.
  • Daging, karena merupakan sumber protein dengan kandungan vitamin B12, zink, dan zat besi tinggi. Vitamin B12 diketahui bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah yang berfungsi mengangkut nutrisi dan oksigen ke kulit kepala serta akar rambut.
  • Buah-buahan. Beri anak buah-buahan seperti alpukat karena kandungan biotin yang baik untuk rambut dan buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan kiwi untuk mendorong produksi kolagen yang dapat menjaga pertumbuhan rambut.

Nah, itulah tips mengenai cara merawat rambut si Kecil yang bisa Anda lakukan supaya rambut (dan kulit kepalanya) tetap wangi dan sehat sepanjang hari. Percayalah, dengan memberikan perawatan rambut terbaik untuk anak, Anda sekaligus membantunya untuk memiliki rambut yang sehat dan indah, sehingga membuatnya lebih percaya diri saat ia beranjak dewasa nanti.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar