Sukses

Amankah Penggunaan Losion pada Bayi?

Saat baru lahir, kulit bayi masih membutuhkan perhatian esktra demi menjaga kelembapan kulitnya. Tapi amankah menggunakan losion pada kulit bayi?

Klikdokter.com, Jakarta Penggunaan berbagai produk khusus bayi adalah salah satu upaya orang tua untuk senantiasa menjaga kesehatan kulit bayi. Bicara mengenai kesehatan kulit bayi, banyak orang tua yang bertanya-tanya, apakah penggunaan losion pada bayi tergolong aman?

Dibandingkan dengan kulit orang dewasa, kulit bayi lebih tipis dan lebih mudah mengalami iritasi. Padahal, integritas kulit yang baik sangatlah penting sebagai perisai tubuh bayi dari berbagai kuman di lingkungan sekitarnya. Jika kulit bayi rusak, maka kuman akan mudah masuk melalui celah kulit yang rusak tersebut, sehingga bayi jadi lebih mudah sakit.

Penggunaan losion pada bayi

Pada awal kelahiran bayi, kelenjar rambut dan kelenjar keringatnya belum berfungsi secara sempurna, sehingga kulit bayi cenderung lebih kering. Oleh karena itu, penggunaan losion bayi adalah pilihan yang tepat untuk mencegah kulit kering sekaligus merawat kulitnya.

Menggunakan losion untuk kulit bayi pada dasarnya aman dan justru dianjurkan. Dengan catatan losion yang digunakan khusus diformulasikan untuk kulit bayi. Kenapa?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menjaga integritas kulit bayi sangatlah penting. Kulit yang kering akan mudah gatal dan terkelupas. Akibatnya, dapat muncuk kerusakan mikro pada kulit yang tidak kasatmata. Untuk mencegah kulit bayi mengalami kekeringan, rawat kulitnya dengan penggunaan losion.

Kenapa harus losion khusus untuk bayi?

Untuk bayi, Anda memang tidak boleh sembarangan memilih produk, seperti losion. Losion khusus bayi memiliki kandungan zat yang lebih ringan sehingga sesuai dengan kulit bayi yang masih tipis. Jika losion anak untuk usia yang lebih besar atau losion untuk orang dewasa dipakaikan ke bayi, kulitnya bisa mengalami iritasi.

Jika kulit bayi sampai mengalami iritasi, integritas kulit pun juga akan terganggu sehingga kuman mudah masuk melalui kulit bayi. Jangan sampai tujuan awal penggunaan losion pada bayi untuk mencegah kekeringan kulit bayi, justru malah berujung terjadinya iritasi yang dapat memperberat kerusakan kulit bayi.

Waktu yang tepat untuk memberikan losion pada bayi adalah ketika ia selesai dimandikan dua kali sehari. Ini karena air akan mengikis pelindung kulit, sehingga kulit bayi akan terasa kering.

Selain penggunaan losion, hindari memandikan bayi terlalu lama. Cukup 5–10 menit dengan temperatur air 36–37 derajat Celcius, dan pastikan tidak ada sabun atau sampo yang tertinggal di kulit bayi. Jika cuaca dingin, kering, atau bayi mengalami eksema, aplikasikan losion lebih sering.

Oleskan losion secara teratur, terutama di daerah yang cenderung kering dan sering terkena gesekan seperti lutut dan siku—apalagi jika bayi sedang belajar merangkak karena lututnya jadi lebih kering karena sering dijadikan sebagai pijakan.

Gunakan losion yang tidak terlalu berminyak secara tipis-tipis di wajah bayi ketika cuaca panas. Sedangkan ketika cuaca dingin, aplikasikan losion yang lebih berminyak untuk melindungi wajah dan telinga bayi agar terhindar dari kulit pecah-pecah.

 

1 dari 2 halaman

Tips memilih losion yang cocok untuk bayi

Kulit bayi yang halus dan lembut pasti tak hanya membuat bayi merasa nyaman, tapi juga membuat para ibu senang. Oleh karena itu, agar kulit bayi senantiasa terlindungi, pastikan untuk memilih losion khusus bayi yang tepat.

Apa saja yang harus dipertimbangkan?

  1. Prinsip less is more saat memilih produk perawatan bayi. Produk tanpa kandungan pewarna, pengawet, atau pengharum yang terlalu menyengat adalah pilihan tepat.
  2. Pilih losion untuk bayi yang sudah diformulasikan khusus, terbuat dari bahan-bahan alami, disesuaikan dengan kondisi kulit bayi, direkomendasikan oleh dokter, dan telah teruji secara klinis.
  3. Pilih losion bayi hypo-allergenic, yang berarti sudah melalui pengujian khusus pada kulit bayi. Hal ini akan meminimalkan atau menghindari terjadinya reaksi alergi pada kulit bayi akibat penggunaan produk tertentu dan aman untuk bayi berkulit sensitif.
  4. Bila perlu, pilih juga losion yang dapat melindungi bayi dari iritasi akibat gigitan nyamuk dan serangga. Coba cari losion yang mengandung bahan alami citronella oil yang dapat menghalau nyamuk, serta ekstrak chamomile yang mampu mengurangi rasa gatal. Ini juga penting dalam mencegah bayi dari gigitan nyamuk.

 

Tips lain untuk menjaga kesehatan kulit bayi

Menjaga kesehatan kulit bayi lebih dari sekadar pemilihan losion yang tepat. Agar kulit bayi sehat secara optimal, lakukan beberapa langkah ini:

  1. Jangan terlalu sering mandi

Mandi terlalu sering, apalagi dengan menggunakan sabun, dapat menyebabkan kulit bayi mudah kering. Itulah sebabnya Anda dianjurkan untuk memandikan bayi 1–2 kali sehari. Gunakan sabun bayi yang mengandung kadar pelembab yang tinggi agar kulit bayi tidak, lalu setelahnya gunakan losion pada kulit bayi untuk menjaga kelembaban kulitnya.

  1. Gunakan tabir surya saat berpergian keluar rumah

Tidak hanya kulit Anda, kulit bayi juga membutuhkan tabir surya terutama saat berpergian ke luar rumah di bawah paparan sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan juga dapat menyebabkan kulit bayi mudah rusak. Itu sebabnya penting bagi bayi untuk menggunakan tabir surya. Gunakanlah tabir surya telah diformulasikan sesuai dengan kondisi kulit bayi.

  1. Gunakan pakaian yang sesuai

Jika berpergian ke luar rumah, gunakan pakaian tertutup tapi berbahan lembut dan mudah menyerap keringat seperti katun. Menggunakan pakaian tertutup untuk bayi saat keluar rumah dapat mengurangi paparan sinar matahari dan mencegah penguapan berlebihan dari kulit bayi.

Penggunaan pakaian yang lembut dan mudah menyerap keringat juga penting agar bayi merasa nyaman sepanjang hari, dan tidak menyebabkan berkumpulnya keringat berlebih pada kulit bayi karena kondisi ini dapat menjadi media pertumbuhan kuman.

Ada banyak cara untuk merawat kulit bayi, yang salah satunya adalah penggunaan losion. Namun, jangan asal pilih! Jenis losion harus yang sesuai dengan kondisi kulit bayi. Karena struktur kulit bayi masih sangat halus dan lembut, pilihlah losion bayi yang direkomendasikan dokter, telah teruji secara klinis, berbahan lembut, dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi. Pintar dan cermat dalam memilih produk perawatan bayi yang tepat dapat membantu Anda mencegah dan mengatasi masalah kulit bayi dengan lebih baik.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar